Cara Membuat Excel Tidak Bisa Di Print

Jika Anda sering menggunakan Excel dalam pekerjaan sehari-hari, pasti Anda pernah mengalami beberapa masalah saat menggunakan program ini. Beberapa masalah yang umum terjadi di Excel meliputi kesulitan saat mencetak lembar kerja ke dalam ukuran yang diinginkan, file Excel yang tidak dapat disimpan, hingga kesulitan dalam membuat diagram. Berikut ini adalah beberapa solusi untuk membantu Anda mengatasi masalah-masalah tersebut.

Cara Print File di Excel Agar Tidak Terpotong Dan Sesuai Dengan Kertas

Cara Membuat Excel Tidak Bisa Di Print

Salah satu masalah yang umum terjadi saat menggunakan Excel adalah saat mencetak lembar kerja. Walaupun tampilan di layar terlihat sesuai dengan yang diinginkan, pada kenyataannya saat dicetak, lembar kerja terpotong dan tidak sesuai dengan ukuran kertas yang diinginkan. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah ini:

1. Mengatur Ukuran dan Orientasi Lembar Kerja

Pertama-tama, pastikan bahwa Anda telah mengatur ukuran dan orientasi lembar kerja dengan benar. Untuk mengatur ukuran dan orientasi lembar kerja, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pilih tab Page Layout di ribbon Excel
  • Pilih opsi Size dan pilih ukuran kertas yang diinginkan
  • Pilih opsi Orientation dan pilih orientasi kertas yang diinginkan (portrait atau landscape)

Pastikan bahwa ukuran dan orientasi lembar kerja yang Anda pilih sesuai dengan kertas yang akan digunakan dalam mencetak lembar kerja.

2. Adjusting Margins

Cara Mengatasi Excel Tidak Bisa di Save

Selanjutnya, pastikan margin pada lembar kerja telah diatur dengan benar sehingga tidak terpotong saat dicetak. Margin pada lembar kerja dapat diatur melalui langkah-langkah berikut:

  • Pilih tab Page Layout di ribbon Excel
  • Pilih opsi Margins dan pilih margin yang diinginkan (normal, narrow, wide, atau custom)
  • Jika margin yang tersedia tidak mencukupi, Anda dapat menyesuaikan margin secara manual melalui opsi Custom Margins pada jendela Margin Options

Pastikan bahwa margin yang Anda atur mencukupi untuk lembar kerja yang akan dicetak.

Cara Mengatasi Excel Tidak Bisa Print

Cara Mengatasi Excel Tidak Bisa Print

Masalah lain yang sering terjadi ketika menggunakan Excel adalah ketika tidak dapat mencetak lembar kerja terlepas dari segala usaha yang sudah dilakukan. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah ini:

1. Memeriksa Koneksi Printer

Pastikan bahwa koneksi printer Anda berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah dengan kabel atau jaringan printer. Jika menggunakan printer nirkabel, pastikan bahwa koneksi ke jaringan stabil.

2. Memeriksa Printer Default

Pastikan bahwa printer default yang diatur dalam Excel adalah printer yang ingin Anda gunakan untuk mencetak. Untuk memeriksa dan mengatur printer default, ikuti langkah berikut:

  • Pilih tab File di ribbon Excel
  • Pilih opsi Print
  • Pilih printer default yang ingin digunakan dari daftar Printer
  • Pilih opsi Print untuk mencetak lembar kerja

Cara Membuat Diagram di Excel (LENGKAP)

Cara Membuat Diagram di Excel (LENGKAP)

Membuat diagram di Excel adalah cara yang sangat efektif untuk memvisualisasikan data Anda dengan cara yang mudah dipahami dan menarik. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat diagram di Excel:

1. Memilih Data Untuk Diagram

Pertama-tama, pilih data yang ingin Anda tampilkan dalam diagram. Data ini dapat berupa angka, persentase, atau angka dengan judul yang sesuai.

2. Memilih Jenis Diagram

Setelah memilih data, pilihlah jenis diagram yang ingin Anda buat. Excel menawarkan berbagai jenis diagram seperti grafik batang, grafik garis, grafik lingkaran, dan sebagainya. Anda dapat memilih jenis diagram yang paling sesuai dengan data yang ingin Anda tampilkan.

Baca Juga :  Cara Memunculkan Data Analisys Pada Excel

3. Memformat Diagram

Setelah memilih jenis diagram, atur tampilan diagram tersebut agar sesuai dengan keinginan Anda. And a dapat menyesuaikan judul, label sumbu, label data, warna, dan sebagainya.

FAQ

1. Bagaimana cara membuat grafik di Excel?

Untuk membuat grafik di Excel, ikuti langkah berikut:

  • Pilih lembar kerja yang ingin Anda gunakan
  • Pilih data yang ingin dimasukkan ke dalam grafik
  • Pilih tab Insert di ribbon Excel
  • Pilih jenis grafik yang ingin Anda buat dari daftar grafik yang tersedia (misalnya, grafik batang atau grafik garis)
  • Klik tombol OK untuk membuat grafik

2. Kenapa saya tidak bisa mengedit file Excel?

Terkadang file Excel dapat terkunci sehingga tidak dapat diedit. Anda harus memeriksa apakah file tersebut telah terkunci atau jika ada izin akses yang membatasi pengeditan. Anda juga perlu memeriksa apakah Anda memiliki aplikasi yang tepat untuk membuka file Excel tersebut.

Berikut adalah video tutorial mengenai cara mengatasi masalah-masalah di Excel secara lengkap: