Cara Membuat Excel Telink

Siapa yang tidak kenal dengan Microsoft Excel? Sebagian besar pekerja kantoran pasti sudah tidak asing lagi dengan nama software ini. Microsoft Excel digunakan untuk membangun kerangka organisasi, mengelola data, serta menghasilkan grafik dan tabel dalam rangkaian data yang dikelolah. Semua orang dapat menggunakan Microsoft Excel, baik dalam berbagai platform OS, sehingga membuatnya menjadi software universal yang sering digunakan oleh orang di seluruh dunia.

Cara Membuat Tabel di Excel Berwarna Otomatis

Cara Membuat Excel Telink

Saat membuat tabel di Microsoft Excel mungkin terkadang kita merasa bosan dengan tampilannya yang monoton dan itu-itu saja. Namun, jangan khawatir, sebab Microsoft telah menyediakan solusi untuk itu. Caranya adalah dengan memberikan pewarnaan pada setiap sel tabel. Berikut ini adalah cara membuat tabel di Excel berwarna otomatis:

  1. Langkah pertama adalah kita harus membuat tabel di Excel. Klik pada sel pertama kemudian drag atau blok pada sel lainnya untuk membuat tabel yang diinginkan.
  2. Setelah tabel selesai dibuat, klik pada Design Tab.
  3. Pada ribbon Design, pilih table style yang Anda inginkan. Format yang berbeda akan menampilkan warna yang berbeda pula. Anda dapat memilih salah satu dari banyak pilihan template yang sudah disediakan.
  4. Setelah Anda memilih satu template, Excel akan secara otomatis menerapkan warna berbeda pada setiap sel tabel.

Sangat mudah bukan? Sekarang Anda dapat membuat tabel Anda lebih menarik, dan mudah dipahami oleh orang lain.

Baca Juga :  Membuat Folder Dari Excel

Cara Membuat Daftar Pilihan Bertingkat di Excel

daftar pilihan excel

Selain tabel, Microsoft Excel juga menyediakan fitur daftar pilihan bertingkat. Cara membuatnya sangatlah mudah dan akan sangat berguna untuk keperluan setiap orang yang membutuhkan daftar pilihan yang terorganisir.

  1. Pertama, Anda perlu membuat sebuah tabel di Excel. Buatlah kolom, misalnya ‘pilihan 1’ dan ‘pilihan 2’.
  2. Isilah kolom pertama Anda dengan berbagai pilihan yang akan menjadi pilihan Anda. Contohnya, pilihan 1 Anda adalah buah, dan pilihan 2 Anda adalah apel, pepaya, dan mangga.
  3. Selanjutnya, klik pada sel di kolom ‘pilihan 2’ lalu klik pada data validation pada tab Data.
  4. Pilih ‘List’ sebagai opsi validation, lalu pada source masukkan rentang di mana pilihan Anda berada. Contoh: =$A$2:$A$4, ini akan membuat list dropdown dari sel A2 ke A4.
  5. Namun, ini hanya disable dropdown pada sel pilihan ke-2 saja. Untuk membuat daftar pilihan bertingkat, klik pada salah satu pilihan pada kolom ‘pilihan 1’, kemudian klik pada tab Data, lalu pilih ‘Data Validation’ lagi.
  6. Selanjutnya, pilih ‘List’ pada validation, lalu masukkan formulanya berikut: =INDIRECT($A$2). Pada formula ini, $A$2 adalah rentang pada kolom pilihan pertama dan daftar dropdown berubah berdasarkan pilihan pertama yang dipilih.
  7. Anda dapat mengulangi langkah ini untuk membuat daftar pilihan bertingkat lebih banyak.

Dari cara di atas, maka akan muncul sebuah dropdown dengan pilihan-pilihan yang ada untuk pilihan 2, dengan dropdown ini memberikan kemudahan dan efisiensi bagi pengguna.

Mudahnya Cara Membuat Grafik di Excel

grafik excel

Microsoft Excel juga sangat berguna dalam membuat grafik, seperti grafik garis, kolom, pie atau batang. Berikut adalah cara untuk membuat grafik di Excel:

  1. Pertama, buatlah tabel untuk data yang akan digunakan sebagai sumber grafik.
  2. Setelah itu, blok sel pada data tersebut yang ingin dijadikan sumber data dalam grafik.
  3. Pada tab Insert, pilih jenis grafik yang diinginkan.
  4. Grafik akan secara otomatis tampil pada worksheet, yang bisa dikustomisasi menyesuaikan dengan kebutuhan.
  5. Anda dapat mengubah style grafik, warna, serta jenis garis atau batang pada grafik.
Baca Juga :  Cara Membuat Kolom Sama Besar Di Excel

Dengan Microsoft Excel, Anda dapat membuat grafik yang lebih menarik, sehingga presentasi Anda menjadi lebih menarik, dan mudah dipahami oleh audiens.

FAQ

Bagaimana cara mem-format tabel di Excel?

Untuk memformat tabel di Microsoft Excel, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih sel tabel di mana Anda ingin menambahkan efek format.
  2. Pada tab Design, pada grup Tools, klik pada opsi Styles.
  3. Pilih theme untuk tabel Anda. Microsoft Excel memiliki banyak theme yang dapat digunakan pada tabel, dan style ini bekerja pada tabel seperti gaya pada Microsoft Word pada teks.
  4. Pilih pengaturan yang diinginkan pada grup Table Styles Options, untuk memformat tabel Anda.

Apakah Excel memiliki fitur untuk membuat dashboard reporting?

Tentu saja! Microsoft Excel memiliki fitur yang sangat berguna untuk membuat dashboard for reporting. Dengan fitur ini, kita dapat menganalisa data dengan mudah dan menghasilkan laporan yang jelas dan ringkas. Berikut adalah cara untuk membuat dashboard reporting di Excel:

  1. Atur data yang diperlukan.
  2. Pilih bagian pada data yang ingin ditampilkan pada dashboard.
  3. Buatlah grafik dan tabel yang akan digunakan pada dashboard.
  4. Setelah elemen dasar dibuat, aturlah lokasi dan ukuran dashboard. Anda dapat mengubah ukuran dashboard, dan menyusun elemen dasar tersebut ke dalam layout yang diinginkan.
  5. Sesuaikan elemen dashboard tersebut dengan gaya yang diinginkan. Anda dapat mengubah size font, warna pada tabel, serta pada grafik yang ada.
  6. Save dan simpan dashboard tersebut sebagai workbook.

Dalam hal membuat laporan, dashboard for reporting memang sangat berguna, cara kerjanya sangat mudah dan cepat, sehingga dapat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan secara efektif dan efisien.

Video

Ini adalah video tutorial yang dapat membantu Anda untuk membuat daftar pilihan pada Microsoft Excel. Tema tutorial pada video ini adalah membuat daftar dropdown bertingkat. Tutorial ini sangat mudah dipahami dan diikuti, sehingga sangat berguna untuk Anda yang baru mulai belajar menggunakan fitur-fitur pada Microsoft Excel.

Baca Juga :  CARA GABUNG 3 DATA CELL DI EXCEL

Kesimpulan

Microsoft Excel adalah software yang sangat berguna dan membantu kita dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk kepentingan pekerjaan kantor atau kegiatan akademik. Pekerjaan yang memerlukan data acapkali memakan waktu jika dilakukan secara manual mungkin bisa diselesaikan lebih cepat dengan menggunakan Microsoft Excel. Setiap orang, harus mengenal dan menggunakan Microsoft Excel.