Sebagai pengguna Microsoft Excel, pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur membuat tabel. Namun, terkadang terdapat beberapa kebutuhan yang memerlukan kemampuan yang lebih dalam pengolahan data sehingga kita harus belajar lebih banyak tentang Excel dan salah satu caranya adalah dengan mengetahui cara membuat tulisan dalam satu kolom di Excel.
Membuat Tulisan Dalam Satu Kolom Di Excel
Sebelum masuk ke tutorial, sebaiknya kita membuat dulu sebuah tabel sederhana di Excel dengan beberapa kolom dan baris seperti gambar di bawah ini.
[image h2=”Contoh Tabel Excel” alt=”Contoh Tabel Excel” src=”https://i2.wp.com/i.ytimg.com/vi/oZOMYzqmQWc/maxresdefault.jpg”]Untuk membuat tulisan dalam satu kolom di Excel, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa digunakan. Berikut adalah beberapa diantaranya:
1. Menggunakan Fitur Merge Cells
Fitur Merge Cells ini berfungsi untuk menggabungkan beberapa sel di dalam Excel agar menjadi satu sel besar. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
– Pilih sel yang ingin digabungkan.
– Klik kanan pilih Merge Cells.
– Hasilnya sel-sel tersebut akan menjadi satu dan tulisan di dalamnya pun akan menjadi satu kolom.
2. Menggunakan Alt + Enter
Cara ini mungkin sudah banyak diketahui oleh pengguna Excel. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
– Pilih sel yang ingin diisi dengan tulisan kolom.
– Taip tulisan yang diinginkan.
– Jika ingin membuat satu baris lagi, tekan tombol Alt + Enter.
Contoh Kasus Menggunakan Cara Pertama dan Kedua
Misalkan kita ingin membuat sebuah tabel dengan kolom Home Address dalam satu kolom. Pertama-tama kita harus membuat dahulu sebuah tabel sederhana seperti gambar di bawah ini.
[image h2=”Contoh Tabel Excel” alt=”Contoh Tabel Excel” src=”https://i2.wp.com/1.bp.blogspot.com/-4aDcYfn8-ZE/WiaxoAyRsfI/AAAAAAAAAC8/jF5Uf3gioR0xPBpO_OWZr4w2mCmmGuEoQCLcBGAs/s1600/02-Cara-membuat-dua-baris-dalam-satu-sel-di-excel.jpg”]Setelah membuat tabel tersebut, kita bisa melakukan merge cells pada sel Home Address atau bisa juga dengan cara menambahkan baris baru pada sel tersebut dengan menekan tombol Alt + Enter.
Frequently Asked Questions (FAQ)
1. Apa itu Microsoft Excel?
Microsoft Excel adalah software aplikasi lembar kerja yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Excel sangat bermanfaat untuk mengolah angka secara lebih mudah dan cepat.
2. Apa saja kegunaan dari Excel?
Excel banyak digunakan untuk melakukan penghitungan data dan membuat laporan keuangan di perusahaan. Selain itu, Excel juga bermanfaat untuk membuat jadwal, grafik, dan diagram.
Video Tutorial Cara Membuat Tulisan Dalam Satu Kolom Di Excel
Berikut adalah video tutorial cara membuat tulisan dalam satu kolom di Excel yang bisa menjadi referensi Anda.