CARA MEMBUAT DUA BARIS KETIKAN DALAM SATU SEL MS EXCEL

Excel merupakan salah satu program yang dapat membantu Anda dalam mengelola data dengan lebih mudah dan efektif. Selain itu, Excel juga dapat digunakan untuk membuat tabel, grafik, hingga membuat formula matematika. Namun, terkadang ada beberapa tugas yang cukup sulit untuk dilakukan jika hanya menggunakan Excel secara umum, salah satunya adalah membuat dua baris dalam satu kolom.

Cara Membuat Dua Baris Dalam Satu Kolom di Excel

Sebelum melakukan langkah-langkah cara membuat dua baris dalam satu kolom, pertama-tama Anda harus menyusun data yang akan dimasukkan ke dalam tabel. Setelah itu, baru bisa dilakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Masukkan Data di Kolom A

Pertama-tama, Anda harus masukkan data yang akan dipecah menjadi dua baris pada kolom A. Contohnya seperti gambar di bawah ini:

CARA MEMBUAT DUA BARIS KETIKAN DALAM SATU SEL MS EXCEL

Dalam gambar tersebut, Anda dapat melihat contoh sederhana bagaimana membuat dua baris dalam satu kolom di Excel. Data yang dipecah pada kolom A adalah tanggal, nama, dan alamat. Perhatikan bahwa data tersebut dipisahkan menggunakan tanda koma (,).

2. Masukkan Rumus untuk Pecah Kolom A

Setelah memasukkan data pada kolom A, langkah selanjutnya adalah melakukan pemecahan kolom A menjadi dua baris menggunakan rumus. Berikut adalah rumus yang dapat Anda gunakan:

=MID(A1,FIND(",",A1,1)+1,LEN(A1)-FIND(",",A1,1)-FIND(",",A1,1,1))
=LEFT(A1,FIND(",",A1,1)-1)

Untuk menggunakannya, Anda harus memasukkannya pada kolom B dan C. Rumus tersebut berfungsi untuk memecah data yang ada pada kolom A menjadi dua bagian. Perhatikan bahwa tanda koma (,) digunakan sebagai pemisah data di kolom A. Setelah memasukkan rumus tersebut, hasilnya akan seperti gambar di bawah ini:

Baca Juga :  Membuat Kuadran Di Excel

Gambar cara membuat dua baris ketikan dalam satu sel Ms Excel

Dalam gambar tersebut, Anda dapat melihat hasil pemecahan kolom A menjadi dua baris pada kolom B dan C. Data pada kolom B berisi nama dan alamat, sedangkan pada kolom C berisi keterangan tambahan.

3. Satukan Data pada Kolom E dan F

Jika sudah memisahkan data di Kolom A, B, dan C, langkah selanjutnya adalah menggabungkan data tersebut pada kolom E dan F. Caranya adalah:

  1. Pada kolom E, ketikkan rumus: =B1&CHAR(10)&C1
  2. Copy rumus pada kolom E ke kolom F
  3. Pilih kolom E dan F lalu klik kanan → Format Cells
  4. Pilih Alignment dan centang “Wrap text”, kemudian klik OK

Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut, hasilnya akan seperti gambar di bawah ini:

Gambar cara membuat tulisan Excel turun ke bawah

Dalam gambar tersebut, Anda dapat melihat bahwa data pada kolom E dan F sudah digabungkan dan dipisahkan dengan menggunakan tanda “Enter”.

FAQ

1. Apakah langkah-langkah di atas berlaku untuk semua versi Microsoft Excel?

Secara umum, langkah-langkah di atas dapat dilakukan pada semua versi Microsoft Excel. Akan tetapi, letak fitur yang dijadikan referensi pada langkah-langkah di atas dapat berbeda-beda pada setiap versi Excel. Oleh karena itu, Anda harus mencari fitur yang sesuai dengan versi Excel yang digunakan.

2. Apakah cara di atas dapat digunakan untuk memecah kolom yang lebih dari dua baris?

Tentu saja. Rumus yang digunakan untuk memecah kolom pada langkah kedua dapat digunakan berulang kali untuk memecah data pada kolom yang lebih dari dua baris.