CARA MEMBUAT DROPDOWN TANGGAL DI EXCEL

Cara Membuat Dropdown Tanggal Di Excel

Excel merupakan salah satu program aplikasi dari Microsoft yang sering digunakan oleh banyak orang untuk pengolahan data baik itu untuk kebutuhan rumah tangga maupun profesional. Tetapi seringkali, kita merasa kesulitan ketika ingin mengolah data dalam bentuk dropdown, apalagi jika menggunakan tanggal sebagai referensi datanya. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas cara membuat dropdown tanggal di Excel.

Sebelumnya, kita perlu mengerti apa itu dropdown dan data dalam bentuk dropdown. Dropdown merupakan sebuah field input dalam bentuk list tertentu yang dapat dipilih oleh user. Data dalam bentuk dropdown sendiri biasanya digunakan sebagai referensi untuk mempermudah memasukkan suatu data. Jadi, misalnya kita memiliki sebuah tabel gaji karyawan, dan kita ingin memasukkan data karyawan tersebut ke tabel tersebut, kita dapat membuat dropdown dengan menggunakan data nama-nama karyawan yang sudah kita masukkan sebelumnya.

Sekarang mari kita mulai tutorial cara membuat dropdown Excel dengan menggunakan referensi tanggal.

1. Siapkan data tanggal yang ingin digunakan sebagai referensi dropdown di sheet Excel yang ingin digunakan. Misalnya kita ingin menggunakan tanggal pada bulan Ini, maka kita dapat menuliskan tanggal 1 hingga tanggal terakhir bulan ini dalam satu kolom.

2. Buatlah satu sheet baru dan beri nama “Tanggal” pada sheet tersebut.

3. Pada sheet Tanggal, ketikkan tanggal 1 pada cell A1.

4. Kemudian pada cell A2 ketikkan formula =A1+1, kemudian tekan enter atau klik centang pada layar. Seperti gambar berikut:

5. Setelah itu, drag formula dari cell A2 sampai ke cell yang ingin ditampilkan, dan Excel secara otomatis akan menampilkan urutan tanggal sesuai dengan formula yang sudah diinputkan.

6. Setelah selesai membuat urutan tanggal, maka kita perlu menamai range yang sudah dibuat tersebut agar dapat digunakan sebagai referensi pada dropdown. Pada contoh ini, kita akan menamai range tersebut dengan nama “Date_List”. Caranya, pilih range yang ingin dijadikan referensi, yaitu dari cell A1 hingga cell terakhir yang berisi tanggal. Kemudian, klik pada Name Box yang terletak di pojok kiri atas sheet Excel dan ketikkan nama “Date_List”. Tekan enter atau klik centang pada layar.

7. Sekarang kita sudah memiliki range yang siap untuk digunakan sebagai referensi dropdown pada sheet Excel lain.

8. Kembali ke sheet Excel dimana Anda ingin menampilkan dropdown untuk tanggal. Pada contoh ini, kita akan menampilkan dropdown pada cell B2 hingga B5.

9. Klik pada cell B2, kemudian klik menu Data dan pilih Validation.

10. Pilih Allow: List, dan pada Source ketikkan =Date_List. Tekan enter atau klik OK pada layar.

11. Sekarang, pada cell B2 akan muncul dropdown list yang telah kita buat dengan referensi dari range tanggal yang sudah ditetapkan sebelumnya.

12. Lakukan langkah yang sama pada setiap cell yang ingin diberi dropdown referensi tanggal.

13. Selesai. Kini kita telah berhasil membuat dropdown tanggal di Excel dan mempercepat proses input data.

Jangan merasa bahwa tutorial ini hanya berguna untuk pemula Excel yang ingin belajar cara membuat dropdown tanggal, karena banyak profesional yang belum memanfaatkan fitur dropdown ini. Ketika menggunakan formula Excel yang kompleks atau Search and Filter, dropdown dapat menjadi solusi cerdas yang mempercepat proses input data dan mempermudah pengolahan data.

FAQ:
Q: Apakah tutorial ini hanya untuk tanggal bulan ini saja, atau dapat digunakan pada tanggal-tanggal lain di Excel?
A: Tentu saja tidak hanya untuk bulan ini saja. Kita dapat membuat range urutan tanggal pada bulan lain atau bahkan pada tahun sekalipun, asalkan melakukan langkah-langkah yang sama.

Baca Juga :  Cara Membuat Rangking Di Excel

Q: Dapatkah kita membuat dropdown dengan range referensi yang tidak teratur, misalnya rentang abjad yang terpilih?
A: Ya, kita dapat membuat dropdown dengan range referensi yang tidak teratur, misalnya rentang abjad terpilih. Caranya adalah dengan menamai range tersebut pada Name Box, kemudian mengisi range tersebut pada Source pada menu Validation.

Sekian tutorial tentang cara membuat Dropdown Tanggal di Excel. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mempercepat proses input data dan pengolahan data. Jangan ragu untuk mengembangkan kreativitas Anda dengan menggunakan fitur dropdown ini untuk berbagai kebutuhan data lainnya di Excel.