Cara Membuat Diagram Dinamis Dengan Pivot Table Di Excel

Penggunaan Pivot Table pada Excel adalah suatu cara yang efektif dan efisien dalam menganalisis dan merangkum data. Untuk memulai penggunaan Pivot Table, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui terlebih dahulu. Berikut adalah penjelasan, cara membuat, dan menggunakan Pivot Table di Excel beserta contohnya.

Pengertian Pivot Table

Pivot Table adalah sebuah fitur dalam Microsoft Excel yang berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam membuat laporan dari berbagai data yang tidak teratur. Pivot Table akan secara otomatis melakukan pengelompokan data yang sesuai dengan kriteria tertentu yang telah ditentukan.

Cara Membuat Pivot Table

Untuk membuat Pivot Table, Anda perlu menyediakan data dalam bentuk tabel. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat Pivot Table di Excel:

  1. Buka file Excel yang sudah memiliki data yang ingin dibuatkan Pivot Table.
  2. Pilih seluruh data yang ingin dimasukkan ke Pivot Table.
  3. Pilih menu Insert > PivotTable.
  4. Akan muncul jendela Create PivotTable, klik OK.
  5. Tentukan range data yang ingin digunakan (pastikan semua data terpilih), lalu klik OK.
  6. Pilih lokasi sheet untuk menempatkan Pivot Table.
  7. Pada bagian kanan Excel, akan muncul jendela PivotTable Fields, yang berisi daftar semua field yang ada di dalam data.
  8. Pilih angka atau data yang ingin dihitung contohnya, berapa banyak customer, pendapatan, dll. Drag dan drop field ini ke bagian Values.
  9. Pilih field yang ingin digunakan sebagai kategori dan drag ke bagian Rows. Contohnya, customer, area geografis, produk, periode waktu, dll.
  10. Pilih field yang ingin ditampilkan di kategori horizontal, drag dan drop ke bagian Columns.
  11. Pilih opsi untuk menambahkan field baru atau mengganti field yang sudah dipilih.
  12. Atur tampilan Pivot Table dengan berbagai opsi customization yang tersedia, seperti mengubah format angka, warna, layout, dll.
Baca Juga :  cara membuat kondisi checked di excel Cara membuat kondisi checked di excel – dehaliyah

Cara Menggunakan Pivot Table

Setelah Pivot Table berhasil dibuat, langkah selanjutnya adalah melakukan analisa data dengan menggunakan Pivot Table. Berikut adalah langkah-langkah cara menggunakan Pivot Table:

  1. Pilih data yang ingin dianalisa, lalu klik pada field atau bari untuk mengubah view dari Pivot Table.
  2. Menambahkan filter untuk mengatur data yang ingin ditampilkan.
  3. Merubah urutan data untuk menjadikan data lebih mudah dibaca dan dipahami.
  4. Menambahkan angka total untuk angka yang telah dihitung pada Pivot Table.
  5. Menambahkan angka persentase untuk membantu mengidentifikasi tren dan perbandingan antara angka yang berbeda.
  6. Membuat chart atau grafik dari Pivot Table, seperti column chart atau bar chart untuk memvisualisasikan data.

Contoh Penggunaan Pivot Table

Berikut ini adalah contoh penggunaan Pivot Table pada Excel untuk menganalisis data produk dan pendapatan suatu perusahaan :

Contoh Pivot Table Excel

Dari gambar di atas, kita dapat melihat perhitungan sederhana yang dilakukan oleh Pivot Table. Kita dapat dengan mudah melihat secara keseluruhan hasil penjualan dan pendapatan dari setiap kategori (Customer Name, Product, dan Order Date). Dengan menekan tombol dropdown pada baris Value, kita juga dapat memilih berbagai perhitungan, seperti Jumlah, Rata-rata, dan Persentase Total.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Pertanyaan 1 : Bagaimana cara menambahkan field baru ke dalam Pivot Table?

Jawaban : Untuk menambahkan field baru ke dalam Pivot Table, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut :

  1. Klik kanan pada bagian Pivot Table, pilih menu PivotTable Options.
  2. Akan muncul jendela Options, pilih menu Data.
  3. Klik tombol Change Data Source, untuk merubah data sumber dari Pivot Table.
  4. Untuk menambahkan field baru, klik tombol Add, dan pilih range data yang ingin ditambahkan.
  5. Setelah selesai, klik OK.
Baca Juga :  Membuat Jadwal Mengajar Dengan Excel

Pertanyaan 2 : Bagaimana cara menghapus field yang tidak diperlukan dari Pivot Table?

Jawaban : Untuk menghapus field yang tidak diperlukan pada Pivot Table, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut :

  1. Klik kanan pada field yang ingin dihapus.
  2. Pilih opsi Remove Field.

Video Tutorial Cara Membuat dan Menggunakan Pivot Table di Excel

Berikut ini adalah video tutorial cara membuat dan menggunakan Pivot Table di Excel :

Dalam video ini, Anda akan dijelaskan secara langsung cara membuat dan menggunakan Pivot Table di Excel dengan langkah-langkah yang mudah dipahami.