Cara Membuat Diagram Batang Bukan Ganda Di Microsoft Excel 2007

Membuat diagram batang sangat penting dalam kegiatan pengolahan data. Diagram batang pas untuk digunakan pada saat menunjukan tingkat penjualan atau pendapatan perusahaan selama beberapa waktu tertentu. Diagram batang juga digunakan ketika ingin membandingkan data di antara beberapa kategori, seperti perbandingan jumlah peserta dalam suatu event pada tahun lalu dan tahun ini. Pada artikel ini, kami akan membahas cara membuat diagram batang pada Microsoft Word dan Excel beserta contoh-contohnya.

Cara Membuat Diagram Batang di Microsoft Word

Pertama-tama kunjungi Microsoft Word dan buka dokumen yang ingin Anda buat. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Pilih Kategori dan Data

Untuk membuat diagram batang horizontal, pilih opsi “Insert” pada toolbar dan klik “Chart”. Setelah itu, pilih tipe grafik batang yang Anda inginkan. Pilihan Anda bisa antara batang vertikal atau horizontal, sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah memilih tipe grafik batang, semua kategori dan data harus dimasukkan pada tabel Excel yang akan muncul pada lembar kerja.

Langkah 2: Masukan Judul dan Label pada Diagram

Setelah memasukkan semua kategori dan data ke dalam tabel Excel, Anda perlu menambahkan label pada diagram. Ini akan membantu untuk menjelaskan informasi yang ditampilkan pada diagram kepada pembaca. Pilih tab “Chart Elements” pada tabel Excel, kemudian tambahkan label pada diagram, seperti judul grafik, label sumbu x, dan label sumbu y.

Langkah 3: Sesuaikan Tampilan Diagram

Anda juga bisa mengubah tampilan dari grafik batang, seperti warna, tebal garis, dan jenis font yang digunakan. Pilih tab “Chart Styles” pada tabel Excel dan tambahkan tampilan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah Anda merasa puas dengan tampilan diagram, Anda bisa menyimpan dokumen Microsoft Word Anda dan berbagi dengan orang lain.

Cara Membuat Diagram Batang di Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan platform yang ideal untuk membuat diagram batang karena akan mempermudah Anda saat mengelola data, tabel, dan grafik di satu lembar kerja. Berikut adalah cara membuat diagram batang di Microsoft Excel:

Langkah 1: Pilih Kategori dan Data

Pertama-tama, buka Microsoft Excel dan masukan kategori dan data pada kolom yang diinginkan. Setelah itu, pilih data tersebut dan klik opsi “Insert” pada toolbar. Kemudian, klik “Column Chart” dan pilih tipe grafik batang yang Anda inginkan.

Langkah 2: Masukan Judul dan Label pada Diagram

Sama seperti pada Microsoft Word, Anda perlu menambahkan label pada diagram agar lebih mudah dipahami oleh pembaca. Pilih grafik batang yang baru saja Anda buat dan tambahkan teks yang sesuai, seperti judul grafik, label sumbu x, dan label sumbu y.

Langkah 3: Sesuaikan Tampilan Diagram

Setelah menambahkan judul dan label pada diagram, Anda juga bisa menentukan tampilan yang sesuai. Pilih grafik batang tersebut dan pilih tab “Chart Styles”. Kemudian, pilih tampilan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah Anda merasa puas dengan tampilan diagram, Anda bisa menambahkan lembar kerja baru pada Microsoft Excel dan menyimpan datanya.

Contoh Diagram Batang Horizontal

Berikut ini adalah contoh-contoh diagram batang horizontal yang Anda bisa buat dengan Microsoft Word atau Excel:

Baca Juga :  CARA AGAR DATA DI EXCEL TETAP KELIHATAN WALAUPUN DI SCROLL

Contoh 1: Penjualan Produk

Penjualan Produk

Cara Membuat Diagram Batang Bukan Ganda Di Microsoft Excel 2007

Grafik batang horizontal ini menunjukkan penjualan tiga jenis produk pada tahun 2016 dan 2017. Dapat dilihat bahwa penjualan produk A mengalami peningkatan pada tahun 2017, sedangkan penjualan produk B dan C menurun. Peningkatan penjualan produk A pada tahun 2017 adalah yang tertinggi dibanding dua produk lainnya.

Contoh 2: Jumlah Pelanggan Baru

Jumlah Pelanggan Baru

Contoh Diagram Batang Horizontal

Grafik batang horizontal ini menunjukkan jumlah pelanggan baru setiap bulan pada tahun 2016 dan 2017. Dapat dilihat bahwa jumlah pelanggan baru tertinggi terjadi pada bulan Januari 2016 dan bertahan hingga April 2016. Namun pada tahun 2017, jumlah pelanggan baru menurun setiap bulannya.

FAQ

1. Apa perbedaan antara grafik batang dan grafik garis?

Grafik batang digunakan untuk menunjukkan perbandingan atau perubahan antara satu kategori dengan kategori yang lainnya. Pada dasarnya, grafik batang menunjukkan data kuantitatif, seperti tingkat penjualan atau pendapatan perusahaan pada waktu tertentu. Sementara grafik garis merupakan bagian dari diagram garis, yang menunjukkan perubahan data kuantitatif pada waktu tertentu.

2. Apa saja jenis grafik batang?

Jenis grafik batang yang umum antara lain adalah vertikal dan horisontal. Grafik batang vertikal menunjukkan kategori pada sumbu x dan data pada sumbu y. Grafik batang horisontal menunjukkan kategori pada sumbu y dan data pada sumbu x. Grafik batang lainnya yang populer antara lain stacked bar chart, grouped bar chart, dan 100% stacked bar chart.

Video Tutorial: Cara Membuat Diagram Batang di Microsoft Excel

Dalam video tutorial ini, Anda akan belajar cara membuat diagram batang di Microsoft Excel. Tutorial ini akan membahas cara membuat grafik batang, menambahkan judul dan label, serta menentukan tampilan yang sesuai. Video tutorial ini cocok untuk pelajar, mahasiswa, dan siapa saja yang ingin mempelajari Microsoft Excel secara lebih dalam.