Cara Membuat Database Sederhana Dengan Excel

Cara membuat database dengan menggunakan Microsoft Excel merupakan salah satu fitur yang bisa dimaksimalkan oleh pengguna. Dalam hal ini, banyak orang yang masih bingung dan belum mengetahui langkah-langkah untuk membuat database menggunakan Excel. Padahal, dalam operasional penunjang bisnis, Excel menjadi salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk membuat database. Jadi, dalam artikel ini akan membahas langkah-langkah dan penjelasan terkait cara membuat database dengan Microsoft Excel.

Cara Membuat Database Menggunakan Microsoft Excel

Sebelum membahas tentang penggunaan Excel untuk membuat database, ada baiknya kita mengetahui apa itu database. Database adalah kumpulan data yang disimpan secara elektronik, sehingga data tersebut dapat diakses, dimanipulasi, dan diorganisir dengan mudah. Data tersebut dapat digunakan sebagai dasar dalam pembuatan laporan, analisis data, dan pengambilan keputusan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat database menggunakan Microsoft Excel:

1. Membuat Database Header

Langkah pertama yang harus diperhatikan saat membuat database menggunakan Excel adalah membuat header atau nama kolom. Nama kolom digunakan untuk memberikan identitas pada setiap data yang akan diinputkan ke dalam database. Pemberian nama yang jelas dan mudah dipahami akan memudahkan pengguna untuk melakukan pencarian dan pengelompokkan data.

Untuk membuat header, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel.
  2. Buatlah lembar kerja baru.
  3. Selanjutnya, kami akan memasukkan masing-masing judul item pada baris pertama. Waktu masuk ke kolom A1, mis. Nama, kemudian Description, Harga, dll.
  4. Setelah selesai, blokir item header pada bagian atas (A1: G1) lalu berikan format yang sesuai.
  5. Header sekarang dalam format yang disesuaikan dan siap untuk digunakan.
Baca Juga :  CARA HILANGKAN SPASI DI DATA EXCEL FILE

2. Menginputkan Data

Selanjutnya memasukkan data ke dalam database. Data yang dimaksud adalah informasi berkaitan dengan header yang telah dibuat, seperti nama, deskripsi, harga, jumlah, dan lain sebagainya.

Untuk menginputkan data, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Isilah data pada kolom yang sudah disediakan.
  2. Pastikan setiap data yang dimasukkan sesuai dengan kategori pada header.
  3. Untuk memasukkan data baru pada baris berikutnya, klik pada baris yang kosong pada tabel.

3. Mengurutkan Data

Setelah seluruh data telah diinputkan pada database, pengguna dapat mengurutkan data tersebut sesuai dengan kriteria tertentu. Dengan mengurutkan data, pengguna dapat dengan mudah menemukan data yang diinginkan.

Untuk mengurutkan data, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih salah satu sel pada tabel.
  2. Lalu, klik pada menu Data → Urutkan Besar Kecil→ Urutkan.
  3. Setelah itu, kita bisa memilih header yang ingin diurutkan dan memilih urutan data, mulai dari A–Z atau Z–A.
  4. Tekan tombol OK untuk mengonfirmasi pengurutan data.

4. Membuat Tabel

Setelah data diurutkan, pengguna dapat membuat tabel untuk menampilkan informasi secara ringkas dan terlihat lebih rapi. Dalam membuat tabel, pengguna dapat membuat tabel sederhana atau menggunakan fitur PivotTable untuk membuat tabel yang lebih kompleks.

Untuk membuat tabel, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih salah satu sel pada tabel.
  2. Lalu, klik pada menu Insert → Tabel atau gunakan shortcut Ctrl + T.
  3. Setelah itu, kita bisa memilih range sel pada tabel yang ingin dibuat menjadi tabel.
  4. Setelah itu, pilih tombol OK untuk mengonfirmasi pembuatan tabel
  5. Tabel sekarang sudah terbuat dan siap untuk digunakan.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Bagaimana cara menghapus data pada database?

Untuk menghapus data pada database yang sudah dibuat, pengguna perlu melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Pilih sel yang ingin dihapus pada baris data.
  2. Kemudian, klik kanan pada sel yang dipilih.
  3. Pilih hapus atau tahan tombol Delete pada keyboard untuk menghapus sel.
Baca Juga :  Cara Menghitung Kuesioner Dengan Excel Jumlah Sampel 152

2. Bagaimana cara menambahkan data pada database?

Untuk menambahkan data baru pada database yang sudah dibuat, pengguna perlu melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Pilih baris yang kosong pada data.
  2. Isi sel dengan data yang ingin dimasukkan.
  3. Pastikan data sesuai dengan kategori pada header.

Video Tutorial

Berikut adalah video tutorial singkat tentang cara membuat database dengan menggunakan Microsoft Excel: