CARA MEMBUAT DATA PEMBAYARAN DI EXCEL

Cara Membuat Berbagai Jenis Aplikasi dengan Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah salah satu program yang sering digunakan untuk mengolah data dan membuat tabel. Namun, ternyata, Excel juga bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis aplikasi. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai cara membuat aplikasi dengan menggunakan Microsoft Excel.

Membuat Aplikasi Pembayaran Uang Sekolah

Aplikasi pembayaran uang sekolah adalah salah satu jenis aplikasi yang paling sering dibuat dengan menggunakan Excel. Untuk membuat aplikasi ini, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buatlah tabel yang akan menjadi basis data. Tabel ini harus mencakup informasi tentang nama siswa, kelas, jenis pembayaran, jumlah yang harus dibayar, dan jumlah yang sudah dibayarkan.

2. Buatlah tampilan aplikasi. Tampilan ini harus bisa menampilkan daftar siswa dan informasi tentang pembayaran mereka.

3. Buatlah formula untuk menghitung jumlah yang harus dibayar dan jumlah yang sudah dibayarkan. Formula ini harus mengambil informasi dari tabel basis data.

4. Buatlah formula untuk menampilkan jumlah yang masih harus dibayar. Formula ini bisa dihitung dengan mengurangi jumlah yang sudah dibayarkan dari jumlah yang harus dibayar.

5. Tambahkan tombol untuk menambahkan siswa baru dan memperbarui informasi tentang pembayaran mereka.

6. Simpan aplikasi anda sebagai file Excel dan buka file tersebut setiap kali anda perlu mengakses data tentang pembayaran uang sekolah.

Membuat Aplikasi Penghitung Zakat

Zakat adalah salah satu kewajiban bagi umat muslim yang sudah memenuhi syarat tertentu. Untuk memudahkan menghitung jumlah zakat yang harus dikeluarkan, anda bisa membuat aplikasi penghitung zakat dengan menggunakan Excel. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Buatlah tabel yang berisi informasi tentang harta yang dimiliki dan jumlah zakat yang harus dibayarkan atas harta tersebut.

2. Buatlah formula untuk menghitung jumlah harta yang harus dikeluarkan zakatnya. Formula ini bisa dihitung dengan mengalikan nilai harta dengan persentase zakat yang berlaku.

3. Buatlah formula untuk menghitung jumlah zakat yang harus dibayarkan. Formula ini bisa dihitung dengan mengalikan jumlah harta yang harus dikeluarkan zakatnya dengan persentase zakat.

4. Berikan tombol untuk menambahkan harta baru dan memperbarui informasi tentang zakat yang harus dibayarkan.

5. Simpan aplikasi anda sebagai file Excel dan buka file tersebut setiap kali anda perlu menghitung jumlah zakat yang harus dibayarkan.

Membuat Aplikasi Penjualan

Aplikasi penjualan adalah salah satu jenis aplikasi yang paling sering dibuat oleh perusahaan-perusahaan kecil dan menengah untuk membantu mengelola penjualan mereka. Untuk membuat aplikasi penjualan dengan menggunakan Excel, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buatlah tabel yang berisi informasi tentang produk yang dijual, harga produk, jumlah produk yang tersedia, jumlah produk yang terjual, dan jumlah produk yang masih tersedia.

2. Buatlah tampilan aplikasi untuk menampilkan daftar produk dan informasi tentang penjualannya.

3. Buatlah formula untuk menghitung total penjualan dan jumlah produk yang masih tersedia.

4. Berikan tombol untuk menambahkan produk baru dan memperbarui informasi tentang stok produk dan penjualan.

5. Simpan aplikasi anda sebagai file Excel dan buka file tersebut setiap kali anda perlu memeriksa informasi tentang penjualan dan stok produk.

Membuat Aplikasi Soal dengan Excel

Aplikasi soal adalah jenis aplikasi yang sering digunakan oleh sekolah-sekolah untuk membuat soal ulangan. Dengan menggunakan Excel, anda bisa membuat aplikasi soal dengan mudah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Buatlah tabel yang berisi informasi tentang soal dan jawabannya.

2. Buatlah tampilan aplikasi untuk menampilkan daftar soal dan jawabannya.

3. Berikan tombol untuk menambahkan soal baru dan memperbarui informasi tentang jawaban.

4. Simpan aplikasi anda sebagai file Excel dan buka file tersebut setiap kali anda perlu membuat soal ulangan.

Baca Juga :  Cara Membuat Rumus Nama Yang Sering Muncul Di Excel

Membuat Aplikasi Data Penduduk

Excel juga bisa digunakan untuk membuat aplikasi data penduduk. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda bisa mengelola informasi tentang penduduk, seperti nama, alamat, umur, dan jenis kelamin. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat aplikasi data penduduk dengan menggunakan Excel:

1. Buatlah tabel yang berisi informasi tentang penduduk.

2. Buatlah tampilan aplikasi untuk menampilkan daftar penduduk dan informasi tentang mereka.

3. Berikan tombol untuk menambahkan penduduk baru dan memperbarui informasi tentang penduduk.

4. Simpan aplikasi anda sebagai file Excel dan buka file tersebut setiap kali anda perlu mengakses informasi tentang penduduk.

FAQ

1. Apakah sulit membuat aplikasi dengan menggunakan Excel?

Tidak sulit. Sebenarnya, Excel adalah program yang sangat mudah digunakan dan banyak tutor atau panduan dalam membuat aplikasi.

2. Untuk apa Microsoft Excel sering digunakan?

Selain untuk olah data dan membuat tabel, Microsoft Excel sering digunakan untuk membuat aplikasi, penghitungan keuangan, pengolahan angka, diagram, hingga membuat laporan.

Video Tutorial: Membuat Aplikasi Penjualan Sederhana Dengan Excel

https://www.youtube.com/watch?v=_xkKLaAeBMQ

Dalam video tutorial ini, anda akan diajarkan cara membuat aplikasi penjualan sederhana dengan menggunakan Microsoft Excel. Tutorial ini sangat cocok bagi anda yang ingin belajar membuat aplikasi penjualan untuk perusahaan kecil atau menengah. Anda akan belajar cara membuat tabel basis data, tampilan aplikasi, formula, dan tombol untuk menambahkan produk baru dan memperbarui informasi tentang penjualan. Tutorial ini disajikan dalam bahasa Indonesia untuk memudahkan pemahaman anda.