Cara Membuat Data Nomor Biner Di Excel

Memiliki nomor urut otomatis dalam file Excel sangatlah berguna, terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas pekerjaan atau bisnis yang cukup padat. Namun, mungkin ada sebagian orang yang merasa sulit dalam membuat nomor urut otomatis pada Excel. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan cara mudah dalam membuat nomor urut otomatis di Excel, baik itu pada versi lama atau terbaru. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Cara Membuat Nomor Urut Otomatis di Excel

Cara Membuat Data Nomor Biner Di Excel

Pertama, buka file Excel yang ingin diisi dengan nomor urut otomatis. Lalu, pilih sel pada kolom yang akan diberi nomor urut otomatis. Setelah itu, masukkan nomor urut pertama pada sel tersebut.

Selanjutnya, pilih sel yang sudah diisi nomor urut pertama tadi, dan arahkan kursor ke pojok kanan bawah sel tersebut, hingga menjadi tanda tambah. Kemudian, klik dan tahan tombol kiri mouse, lalu geser ke bawah sel-sel yang ingin diisi dengan nomor urut otomatis. Setelah itu, lepaskan tombol mouse.

Baca Juga :  CARA MAIL MERGE EXCEL KE WORD

Dengan begitu, sel-sel pada kolom tersebut akan diisi dengan nomor urut otomatis secara otomatis sesuai dengan jumlah sel yang dipilih.

Cara Membuat Nomor Urut Otomatis di Excel dengan Fungsi ROW atau ROWS

Langkah Membuat Nomor Urut Otomatis di Excel dengan Fungsi ROW

Selain cara manual seperti di atas, kita juga bisa membuat nomor urut otomatis di Excel dengan menggunakan fungsi ROW atau ROWS. Nah, di bawah ini akan dijelaskan cara menggunakan fungsi tersebut:

  1. Pertama, buka file Excel seperti biasa, lalu pilih sel pada kolom yang ingin diisi nomor urut otomatis.
  2. Selanjutnya, ketikkan formula ROW() atau ROWS(), lalu ikuti dengan tanda kurung. Setelah itu, tekan tombol Enter.
  3. Apabila di langkah kedua menggunakan fungsi ROW(), maka nomor urut otomatis akan muncul secara vertikal pada sel yang dipilih. Namun, apabila menggunakan fungsi ROWS(), maka nomor urut otomatis akan muncul secara horizontal.
  4. Nah, jika ingin memperbanyak nomor otomatis, tinggal copy sel tersebut, kemudian paste pada sel yang diinginkan.

FAQ

1. Apa manfaat dari membuat nomor urut otomatis di Excel?

Membuat nomor urut otomatis di Excel dapat memudahkan pekerjaan atau bisnis seseorang terutama dalam pengolahan angka. Dengan adanya nomor urut otomatis, maka pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan efektif.

2. Apakah nomor urut otomatis pada Excel bisa diubah?

Tentu saja bisa. Anda tinggal menyesuaikan sel yang mengandung nomor urut tersebut dan mengubahnya sesuai dengan yang diinginkan. Caranya yaitu dengan mengklik sel yang ingin diubah, kemudian masukkan nomor atau angka baru sesuai dengan keinginan.

Video Tutorial Excel: Cara Membuat Nomor Urut Otomatis dengan Mudah

Bagi yang lebih memahami dengan cara visual, kami sertakan video tutorial tentang cara membuat nomor urut otomatis di Excel berikut ini:

Baca Juga :  BAGAIMANA CARA PRINT FILE EXCEL AGAR TIDAK TERPOTONG


Sudah merasa lebih paham kan tentang cara membuat nomor urut otomatis di Excel? Dengan adanya nomor urut otomatis, pekerjaan yang sebelumnya memerlukan banyak waktu dan energi dapat diselesaikan dengan lebih mudah dan efisien.

Cara Membuat Nomor Urut Otomatis di Excel

Cara membuat nomor urut otomatis pada Excel

Untuk mempermudah pekerjaan dan waktu, Anda bisa mencoba cara membuat nomor urut otomatis pada Excel dengan langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, tentukan sel atau area sel yang akan diberi nomor urut.
  2. Kemudian, klik kanan pada sel atau area sel yang telah dipilih, lalu pilih Format Cell.
  3. Setelah itu akan muncul jendela dialog. Pilihlah tab Number yang ada pada jendela tersebut.
  4. Di dalam tab tersebut, klik General, lalu pada kategori Tipe di bawahnya, pilihlah nomor.
  5. Setelah itu, klik OK.
  6. Langkah berikutnya, masukkan angka awal pada sel yang diinginkan, lalu tekan Enter.
  7. Kemudian, pilih sel tersebut, dan arahkan kursor mouse ke sudut kanan bawah sel tersebut sampai muncul tanda silang atau tambah di ujung kiri bawah. Lalu, klik dan tahan tombol tersebut hingga sel-sel terisi nomor otomatis. Jika ingin mengisi dengan jumlah yang ditentukan, tinggal geser tanda tersebut ke bawah atau rata kanan, lalu letakkan pada sel terakhir yang ingin diisi,dan lepaskan.

FAQ

1. Apakah cara membuat nomor urut otomatis pada Excel hanya bisa dilakukan pada satu kolom saja?

Tidak. Cara membuat nomor urut otomatis pada Excel dapat dilakukan pada sel, baris, maupun kolom. Bahkan, jika ingin pompa nomor otomatis dari kolom ke kolom lain dengan menggunakan fungsi OFFSET().

2. Apakah kita bisa membuat format nomor urut otomatis yang spesifik, seperti tambahan huruf atau angka di depan?

Tentu saja bisa. Pada saat kita membuat nomor urut otomatis, kita bisa menambahkan karakter apapun di depan atau belakang, sesuai dengan keinginan kita. Caranya yaitu dengan mengetikkan karakter tersebut pada sel ke 2, dan menambahkan formula CONCATENATE() atau ampersan (&) di depan formula ROW() atau ROWS().

Baca Juga :  CARA MENGURUTKAN TANGGAL LAHIR DI EXCEL

Video Tutorial Excel: Cara Membuat Nomor Urut Otomatis dengan Format Tertentu

Jangan khawatir jika Anda masih bingung tentang cara membuat nomor urut otomatis pada Excel. Karena untuk lebih memudahkan pemahaman, kami sertakan video tutorial tentang cara membuat nomor urut otomatis dengan format tertentu berikut ini: