Cara Membuat Data Diri Raport Dengan Rumus Excel

Kita sering kali membutuhkan sebuah data diri untuk berbagai keperluan, baik itu dalam membuat laporan, raport, atau database. Salah satu aplikasi yang sangat membantu dalam hal ini adalah Microsoft Excel.

Cara Membuat Data Diri Raport Dengan Rumus ExcelCara Membuat Formulir Input Data Entry Form di Excel

Cara yang paling umum dilakukan untuk membuat data diri adalah dengan menggunakan formulir di Excel. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka file baru di Excel, dan buat tabel kosong dengan kolom-kolom yang diperlukan. Pada contoh kali ini, kita akan membuat tabel dengan kolom nomor urut, nama, alamat, dan nomor telepon.
  2. Pilihlah salah satu kolom, kemudian klik kiri pada bari atas. Pilih ‘Data’, kemudian klik ‘Formulir’.
  3. Muncul jendela baru yang berisi formulir kosong.
  4. Isikan formulir tersebut dengan data yang ingin Anda masukan. Pastikan untuk menekan tombol ‘Tambahkan’ setelah setiap data yang dimasukkan.
  5. Data diri Anda sudah berhasil di masukkan.

Langkah-langkah di atas cukup mudah dan sangat membantu untuk mengurangi waktu dalam memasukan data satu per satu. Pembuatan form ini memudahkan jika data yang dimasukkan relatif banyak, seperti dalam pengisian data pegawai atau data pelanggan. Anda hanya perlu mengisi data pada form tersebut dan tidak perlu repot menginput data satu per satu.

Cara Membuat Database dengan ExcelCara Membuat Database dengan Excel

Selain menggunakan formulir, Excel juga berfungsi sebagai pengelola data. Anda dapat membuat database pada Excel dengan sangat mudah. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk membuat database pada Excel, yaitu:

  1. Buat file baru pada Excel, dan kemudian klik pada tab ‘Data’ pada ribbon atas.
  2. Pilihlah ‘Dari Tabel’, maka secara otomatis Excel akan menandai seluruh data pada lembar kerja.
  3. Pilihlah tombol ‘OK’, maka jendela formulir akan muncul.
  4. Periksa dan pastikan bahwa data yang Anda miliki sesuai dengan format data Excel atau tidak. Misalnya, data pada kolom tanggal dalam format yang benar (hari/bulan/tahun).
  5. Klik pada tombol ‘Selesai’ setelah data yang dimasukkan sesuai dengan format Excel.

Langkah-langkah di atas merupakan tahapan mudah yang harus ditempuh untuk membuat database pada Excel. Setelah database selesai dibuat, Anda dapat melakukan berbagai operasi matematis atau statistik pada data tersebut.

Membuat Data DiriCara Membuat Data Diri

Cara ini sedikit berbeda dari membuat formulir atau membuat database. Anda hanya perlu melakukan pengisian data satu per satu, kemudian menyimpannya dalam bentuk lembaran terpisah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka file baru pada Excel, buat tabel kosong dengan kolom yang diperlukan.
  2. Masukan data diri satu per satu, di antaranya kolom nomor urut, nama, alamat, dan nomor telepon.
  3. Simpan file pada format Excel atau PDF, sekaligusmemastikan konsistensi data yang dimasukkan.

Langkah-langkah di atas cukup mudah, hanya membutuhkan sedikit waktu lebih lama untuk mengetikkan setiap data satu per satu. Namun, cara ini masih bisa menjadi solusi terakhir jika Anda tidak bisa menemukan cara lain untuk membuat data diri.

FAQ

1. Apakah Excel hanya bisa digunakan untuk data angka saja?

Tidak, Excel tidak hanya digunakan untuk data angka saja. Anda dapat memasukan data apapun ke dalam Excel, termasuk teks, simbol, dan bahkan gambar. Bahkan, Excel memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk menyisipkan gambar ke dalam lembar kerja Excel.

Baca Juga :  Cara Membuat Data Diskriminan Di Excel Menggunakan Format Csv

2. Apakah Excel sulit digunakan?

Terkadang, Excel memang terlihat sulit bagi orang yang baru pertama kali menggunakannya. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan pengalaman, pengguna akan semakin terbiasa dengan struktur Excel dan fitur-fiturnya. Anda juga dapat menemukan banyak tutorial Excel yang tersedia di internet untuk membantu Anda mempelajari bagaimana menggunakan Excel dengan efektif.

Video

Berikut adalah video tutorial membuat formulir input data entry form di Excel yang bisa Anda tonton: