Cara Membuat Data Buku Tabungan Dengan Excel Youtube

Tabungan Siswa hadir sebagai solusi untuk mengajarkan anak-anak kita bagaimana menyimpan dan mengelola keuangan sejak dini. Dengan memegang prinsip bahwa belajar memang harus diniati sejak dini, maka tabungan siswa hadir dengan sejumlah perangkat yang bisa mempermudah prosesnya. Salah satunya yaitu melalui aplikasi database tabungan siswa Excel.

Cara Membuat Data Buku Tabungan dengan Excel

Sebelum memulai proses pembuatan data buku tabungan, ada baiknya untuk mencatat terlebih dahulu kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk aplikasi tersebut. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan antara lain:

  • Software Microsoft Excel yang terinstal di komputer
  • Data nama murid dan tanggal transaksi
  • Dana pribadi untuk menyetor awal
  • Perhitungan poin untuk tiap transaksi
  • Rumus excel untuk menampilkan data transaksi dalam bentuk grafis

Setelah semua persiapan di atas telah dilakukan, lakukan langkah-langkah berikut untuk membuat data buku tabungan:

  1. Buka Microsoft Excel dan buatlah tabel dengan kolom-kolom sesuai kebutuhan. Kolom-kolom yang perlu di buat antara lain Nama Murid, Tanggal Transaksi, Nominal Setoran, dan Total Saldo.
  2. Isi semua kolom yang telah dibuat dengan data yang diperlukan. Untuk kolom Total Saldo, bisa dihitung menggunakan rumus excel dengan operasi penjumlahan untuk semua nilai dari kolom Nominal Setoran.
  3. Lakukan proses pengisian data setiap kali ada transaksi yang terjadi. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengisi data tersebut secara manual atau menggunakan fitur excel seperti Auto Fill untuk mempermudah proses input data.
  4. Akses rumus excel untuk menampilkan data transaksi dalam bentuk grafis. Hal ini dapat membantu pengelola untuk bisa memahami bagaimana sebenarnya arus keuangan di dalam tabungan siswa.

Cara Membuat Aplikasi Database Tabungan Siswa Excel

Aplikasi database tabungan siswa Excel adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengelola atau mentransfer uang antara orang tua dan anak mereka. Dalam hal ini, kamu bisa mengakses fitur dan fungsi Excel untuk membuat sebuah tabel yang memuat data transaksi siswa sejak awal disimpaningga saldo terbaru.

Berikut adalah beberapa tahapannya:

  1. Buka Microsoft Excel dan buatlah tabel dengan kolom-kolom untuk: Nama Siswa, Nama Orang Tua, Nominal Setoran Awal, Tanggal, Saldo Terbaru dan Keterangan.
  2. Setelah tabel dibuat, kini giliran kamu untuk mengisi data pada kolom-kolom yang kamu buat sebelumnya. Hal ini bisa dilakukan dengan menginput data secara manual. Sedangkan untuk kolom saldo terbaru, kamu bisa menggunakan rumus excel untuk menghitungnya.
  3. Agar lebih mudah melihat data secara visual, tabungan siswa pun bisa dibuatkan grafik data secara otomatis. Caranya, pilih data yang ingin digunakan untuk membuat grafik, klik “Insert”, lalu pilih jenis grafik yang kamu inginkan.
  4. Setelah itu, klik “Design” untuk mengatur tampilan grafik yang kamu buat. Di sini, kamu bisa menambahkan judul, mengubah warna, serta melakukan pengaturan lainnya untuk membuat tampilan grafik jadi lebih rapi dan menarik.

Cara Membuat Buku Tabungan dengan Microsoft Word

Buku tabungan yang dibuat dengan Microsoft Word adalah cara yang paling mudah digunakan untuk merekam hasil transaksi dari tabungan siswa. Caranya sangat sederhana dan mudah diikuti. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Microsoft Word, kemudian klik “File” dan pilih “New”.
  2. Pilih jenis template yang ingin kamu gunakan, biasanya di Microsoft Word sudah disediakan berbagai jenis template untuk keperluan ini.
  3. Jangan lupa untuk atur kolom pada tabel dengan catatan Nama siswa, Nama Orang Tua, Tanggal, Nominal Setoran, dan Saldo Terbaru. Pastikan template tabungan siswa yang kamu gunakan sudah memiliki kolom-kolom tersebut.
  4. Kamu bisa mulai mengisi data untuk setiap kolom pada tabel tersebut secara manual. Setelah data diisi, maka kamu bisa mengatur seluruh data yang kamu masukkan agar menyesuaikan dengan layout buku tabungan.
  5. Setelah itu, kamu bisa menambahkan latar belakang, gambar anak-anak, atau pernak-pernik lainnya untuk menambah keindahan buku tabungan siswa.
Baca Juga :  Cara Membuat Rumus Mod256 Di Excel 2007

FAQ

1. Apa manfaatnya membuat buku tabungan siswa?

Buku tabungan siswa adalah cara paling mudah bagi orang tua untuk membantu mengajarkan anak-anak mereka tentang bagaimana cara mengelola uang. Dalam prosesnya, anak-anak bisa belajar bagaimana menabung, memprioritaskan aspek keuangan, dan juga memantau pengeluaran mereka secara mudah dan terstruktur.

2. Apa keuntungan menggunakan aplikasi Excel dalam mengelola keuangan anak-anak?

Keuntungan menggunakan aplikasi Excel dalam mengelola keuangan anak-anak adalah kamu bisa memantau pengeluaran anak secara lebih efektif. Selain itu, excel akan otomatis menghitung saldo terbaru, jadi Anda tidak perlu repot-repot menghitung kembali berapa total uang anak Anda.

Video Tutorial

Berikut adalah video tutorial yang bisa membantu kamu dalam proses membuat buku tabungan siswa menggunakan Microsoft Word:

Dari beberapa metode pembuatan buku tabungan siswa yang telah disebutkan di atas, bisa disimpulkan bahwa untuk berhasil mencapai tujuan kamu memang harus dengan cara yang kreatif. Harus diketahui bahwa proses belajar mengambil keputusan finansial seharusnya diawali dengan pengalaman yang terukur. Dalam hal ini, pengalaman itu bisa didapatkan dengan membuat buku tabungan siswa sejak dini.