Cara Membuat Dan Menghilangkan Tanda Kurung Di Excel

Ketika bekerja dengan Microsoft Excel, seringkali kita memerlukan berbagai macam fungsi dan rumus untuk menyelesaikan pekerjaan kita. Termasuk ketika kita ingin menampilkan angka negatif dalam format yang lebih mudah untuk dibaca dan dipahami. Salah satu cara yang umum digunakan adalah dengan mengubah tanda minus (-) menjadi tanda kurung (), sehingga angka negatif akan lebih mudah dikenali. Berikut adalah cara membuat tanda kurung di Excel dan mengubah angka negatif menjadi tanda kurung:

Membuat Tanda Kurung di Excel

Langkah pertama yang harus kita lakukan untuk membuat tanda kurung di Excel adalah dengan memilih sel atau area yang ingin kita ubah. Setelah itu, kita dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik kanan pada sel atau area yang ingin kita ubah
  2. Pilih “Format Cell” atau “Format Cells”
  3. Pada tab “Number” atau “Angka”, pilih kategori “Custom” atau “Kustom” di bagian bawah
  4. Pada kolom “Type” atau “Jenis”, masukkan format yang kita inginkan. Untuk membuat tanda kurung, kita bisa menggunakan format berikut: 0_);(0). Format ini akan menampilkan angka positif tanpa tanda apa pun, dan angka negatif dalam tanda kurung. Kita juga bisa menyesuaikan format ini sesuai dengan kebutuhan kita.
  5. Klik “OK” untuk menyimpan perubahan format

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat membuat tanda kurung di Excel dengan mudah dan cepat.

Mengubah Negatif Menjadi Tanda Kurung

Selain membuat tanda kurung, kita juga sering memerlukan cara untuk mengubah angka negatif menjadi tanda kurung. Untuk melakukan hal ini, kita dapat menggunakan fungsi “IF” dan “ABS” di Excel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buat kolom baru di sebelah kolom yang ingin kita ubah tanda minusnya. Kolom baru ini akan berisi nilai absolut dari kolom asli
  2. Gunakan rumus =ABS(cell) pada kolom baru tersebut, di mana “cell” merupakan referensi ke sel yang berisi nilai asli
  3. Gunakan fungsi “IF” pada sel di mana kita ingin menampilkan nilai absolut atau tanda kurung. Kita dapat menggunakan rumus =IF(cell, di mana "cell" merupakan referensi ke sel yang berisi nilai asli. Fungsi "IF" ini akan mengecek apakah nilai asli negatif atau tidak. Jika negatif, maka akan menampilkan nilai absolut dari kolom baru yang kita buat sebelumnya. Jika tidak, maka akan menampilkan nilai asli dengan tanda kurung di sekelilingnya.
  4. Salin rumus tersebut ke sel lain di kolom yang kita inginkan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat mengubah angka negatif menjadi tanda kurung dengan mudah dan cepat.

FAQ

1. Apakah cara membuat tanda kurung di Excel hanya berlaku untuk angka negatif?

Tidak. Kita dapat membuat tanda kurung di Excel untuk format angka positif, negatif, atau nol. Bahkan kita dapat membuat format kustom sendiri untuk menampilkan angka dalam format yang kita inginkan.

2. Bagaimana cara membuat format kustom di Excel?

Untuk membuat format kustom di Excel, kita dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih sel atau area yang ingin kita ubah formatnya
  2. Klik kanan dan pilih "Format Cells" atau "Format Cell"
  3. Pada tab "Number" atau "Angka", pilih kategori "Custom" atau "Kustom" di bagian bawah
  4. Masukkan kode format yang kita inginkan pada kolom "Type" atau "Jenis". Kita dapat menggunakan simbol-simbol tertentu untuk memformat angka seperti yang kita inginkan. Contohnya, kita dapat menggunakan simbol titik (.) sebagai pemisah ribuan, atau simbol dolar ($) sebagai tanda mata uang
  5. Klik "OK" untuk menyimpan format kustom tersebut
Baca Juga :  CARA PRINT SEMUA SHEET DI EXCEL

Setelah kita membuat format kustom, kita dapat menggunakannya pada sel atau area lain dengan cara yang sama seperti membuat format lainnya.

Demikianlah informasi mengenai cara membuat tanda kurung di Excel dan mengubah angka negatif menjadi tanda kurung. Semoga informasi ini dapat membantu kita dalam melakukan pekerjaan di Excel agar lebih mudah, efektif, dan efisien.