Cara Membuat Dan Memberi Nama Tabel Di Excel

Mungkin beberapa dari kita sering menggunakan Microsoft Excel untuk kegiatan sehari-hari, seperti mengelola data, membuat grafik, hingga membuat tabel. Namun, apakah Anda sudah tahu cara membuat tabel di Excel berwarna otomatis? Jangan khawatir, pada artikel kali ini saya akan membahasnya secara lengkap. Simak terus ya!

Cara Membuat Tabel di Excel Berwarna Otomatis

Sebelumnya, pastikan anda telah melakukan instalasi software Microsoft Office, khususnya Microsoft Excel. Jika belum, silakan instal terlebih dahulu untuk dapat menggunakan fitur-fitur yang terdapat di dalamnya.

Berikut langkah-langkah dalam membuat tabel di Excel berwarna otomatis:

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel di komputer Anda.
  2. Pilih menu Insert lalu klik Table.
  3. Setelah muncul dialog box Create Table pilih range data yang ingin Anda jadikan tabel. Pastikan range data sudah benar sesuai dengan data yang ingin dijadikan tabel.
  4. Centang opsi My table has headers jika pada range data yang dipilih sudah terdapat judul kolom. Jika tidak, tidak perlu dicentang.
  5. Pada Table Design, pilih salah satu desain tabel yang tersedia. Jika ingin membuat tabel dengan warna yang otomatis, pilih Table Style Options, cari opsi warna pada bagian First Column Stripe dan Second Column Stripe, kemudian checklist pilihan Banded rows jika ingin setiap baris memiliki warna yang berbeda.
  6. Jika seluruh pengaturan sudah sesuai, klik tombol OK. Tabel pun berhasil dibuat.

Itulah langkah-langkah mudah dalam membuat tabel di Excel berwarna otomatis. Dengan menggunakan fitur ini, dapat membantu memudahkan pengguna dalam mengelola data atau membuat laporan dengan lebih menarik.

FAQ

1. Bagaimana cara menambahkan kolom baru pada tabel yang sudah dibuat?

Jawaban: Untuk menambahkan kolom baru pada tabel yang sudah dibuat, kita perlu melakukan beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Pilih salah satu sel pada tabel.
  2. Klik kanan pada mouse, lalu pilih opsi Insert.
  3. Pilih opsi Insert Table Columns to the Left/Right, sesuai dengan tempat kita ingin menambahkan kolom baru.
  4. Tabel akan bertambah 1 kolom.

2. Bagaimana cara menghapus tabel yang sudah dibuat?

Jawaban: Untuk menghapus tabel yang sudah dibuat, kita perlu melakukan beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Pilih salah satu sel pada tabel.
  2. Pilih menu Table Design pada ribbon Excel.
  3. Klik tombol Convert to Range.
  4. Dialog box akan muncul, pilih opsi Yes.
  5. Tabel pun berhasil dihapus dan data akan berubah menjadi range biasa.

Contoh Tabel Berwarna Otomatis

Untuk membantu memperjelas tentang cara membuat tabel di Excel berwarna otomatis, berikut contoh tabel sederhana dengan pengaplikasian fitur tersebut:

Kode
Nama Barang
Harga
Stok
001
Pakaian Anak
50.000
10
002
Pakaian Dewasa
100.000
20
003
Tas Wanita
150.000
5
004
Tas Pria
200.000
2

Tabel di atas merupakan contoh sederhana dari pengaplikasian fitur membuat tabel di Excel berwarna otomatis. Dapat dilihat bahwa setiap baris pada tabel memiliki warna yang berbeda.

Include Video Youtube

Untuk memperkaya pengetahuan Anda dalam pengoperasian Microsoft Excel, berikut saya sertakan video tutorial dari channel Youtube yang dapat Anda tonton:

Baca Juga :  CARA MEMPERBAIKI FILE EXCELL YANG CORRUPT

Video di atas merupakan tutorial lengkap tentang cara membuat tabel di Excel beserta pengaplikasian berbagai fitur yang terdapat di dalamnya.

Demikianlah artikel mengenai cara membuat tabel di Excel berwarna otomatis beserta video tutorial dan FAQ. Dengan pengetahuan tersebut, semoga dapat membantu memudahkan pengguna dalam pengoperasian Microsoft Excel.