Cara Membuat Daftar Pinjaman Anggota Koperasi Dengan Excel

Saat ini, memperoleh pinjaman untuk kebutuhan pribadi atau bisnis sudah menjadi hal yang lumrah. Banyak perusahaan atau lembaga keuangan yang menyediakan fasilitas pinjaman untuk membantu masyarakat dalam mengatasi masalah keuangan. Namun, sebelum mengajukan pinjaman, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu mengenai jenis-jenis pinjaman yang ada dan bagaimana cara membuat penghitungan angsuran yang benar. Berikut ini adalah beberapa artikel pilar yang dapat membantu Anda memahami hal tersebut.

Pinjaman Mei 2015 RT 17

Cara Membuat Daftar Pinjaman Anggota Koperasi Dengan Excel

Artikel pertama yang kami rekomendasikan adalah tentang daftar pinjaman Mei 2015 RT 17. Pinjaman ini diberikan oleh Lembaga Keuangan Mikro (LKM) dengan tingkat bunga yang relatif rendah dan persyaratan yang mudah. Pinjaman ini juga diberikan kepada warga yang tinggal di daerah perkotaan dan pedesaan.

Keuntungan dari pinjaman ini adalah proses persetujuannya yang cepat, dokumen yang diperlukan relatif mudah, dan pinjaman dapat dicairkan dalam waktu singkat. Jumlah pinjaman yang diberikan pun sangat variatif, mulai dari jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Cara Membuat Pembukuan Jualan Online

Cara Membuat Pembukuan Jualan Online

Bagi yang memiliki usaha jual-beli online, maka penting untuk menjaga agar pembukuan tetap tercatat dengan baik. Sebab, pembukuan yang baik bisa membantu dalam mengelola keuangan, melakukan pengawasan terhadap keuangan, serta memudahkan pembuatan laporan keuangan.

Artikel kedua ini membahas mengenai cara membuat pembukuan jualan online dengan menggunakan Excel. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti pembuatan tabel, pengisian data ke dalam tabel, dan penghitungan keuntungan dan kerugian.

Baca Juga :  CARA MENGETIK DATA DI EXCEL

Cara Membuat Tabel Angsuran Pinjaman di Excel 2019

Cara Membuat Tabel Angsuran Pinjaman di Excel 2019

Setelah memahami cara membuat pembukuan jualan online, maka saatnya untuk memahami cara membuat tabel angsuran pinjaman di Excel 2019. Hal ini sangat berguna terutama bagi yang sedang berencana untuk mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan tertentu. Selain itu, dengan tabel tersebut, Anda bisa memperhitungkan besarnya angsuran yang harus dibayarkan setiap bulan.

Artikel ini mencakup langkah-langkah dalam membuat tabel angsuran pinjaman, mulai dari membuat judul tabel, menambahkan daftar pelanggan, hingga mengisi data pada tabel tersebut. Tidak perlu khawatir jika Anda belum pernah menggunakan Excel sebelumnya, karena panduan dalam artikel ini sangat mudah dipahami.

Borang Permohonan Pembiayaan ASBi-KOP

Borang Permohonan Pembiayaan ASBi-KOP

Artikel selanjutnya adalah tentang borang permohonan pembiayaan ASBi-KOP. ASBi-KOP adalah layanan pinjaman yang diberikan oleh perusahaan koperasi, dan pembiayaan yang diberikan meliputi tujuan-tujuan pribadi seperti pendidikan, kesehatan, perumahan, maupun tujuan bisnis.

Artikel ini memberikan informasi mengenai persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan pembiayaan, cara mengisi borang permohonan dengan benar, dan dokumen-dokumen apa saja yang harus dilampirkan saat mengajukan permohonan pembiayaan. Dalam artikel ini juga dibahas mengenai batas waktu pengajuan permohonan, sehingga bagi yang ingin mengajukan pinjaman tidak akan ketinggalan informasi penting mengenai persyaratan pengajuan tersebut.

Cara Membuat Laporan Penjualan Bulanan di Excel

Cara Membuat Laporan Penjualan Bulanan di Excel

Terakhir, artikel ini membahas mengenai cara membuat laporan penjualan bulanan di Excel dengan menggunakan tombol atau button pada lembar kerja Excel. Laporan penjualan ini dapat membantu Anda memonitor kinerja usaha Anda, seperti seberapa besar jumlah penjualan, aspek-aspek yang perlu ditingkatkan, dan angka-angka lain yang membantu Anda untuk memperbaiki usaha Anda ke depannya.

Artikel ini dijelaskan dengan menyajikan gambar-gambar yang cukup detail dan cara membuat laporan yang mudah diikuti. Dijamin, dengan mengikuti panduan dalam artikel ini, membuat laporan keuangan bulanan akan menjadi jauh lebih mudah dan efektif.

Baca Juga :  CARA MEMASUKKAN DATA EXCEL KE AUTOCAD

FAQ

1. Bagaimana cara menghitung angsuran dari pinjaman yang saya ajukan?

Angsuran pinjaman dapat dihitung menggunakan formula angsuran rumus Excel, yaitu:

=PPMT(rate,nper,pv,[fv],[type])

Dimana:
– Rate: tingkat bunga per bulan
– Nper: jumlah bulan angsuran
– Pv: present value atau selalu diisi -1 kali jumlah pinjaman
– Fv: future value atau selalu diisi 0
– Type: selalu diisi 0

Setelah mengetahui formula tersebut, Anda bisa mengisi nilai-nilai pada formula tersebut menggunakan data yang sudah ada.

2. Apa saja persyaratan untuk mengajukan pinjaman ke perusahaan koperasi?

Persyaratan yang perlu dipenuhi biasanya berbeda-beda tergantung dengan lembaga keuangannya. Namun, beberapa persyaratan umumnya meliputi:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemohon dan penjamin
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK) pemohon dan penjamin
  • Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang diusulkan
  • Bukti Kepemilikan Tempat Tinggal atau SIUP/ TDP/ SITU/ Surat Keterangan Lain mengenai tempat usaha, tergantung jenis pinjaman yang diajukan
  • Berbagai macam dokumen lain yang dibutuhkan berdasarkan jenis pinjaman yang diajukan

Video Youtube

Berikut ini adalah video Youtube yang dapat memberikan tambahan informasi seputar cara mengajukan pinjaman di bank:

Video tersebut mengulas dengan detail mengenai hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengajukan pinjaman, persyaratan yang perlu dipenuhi, dan tips yang berguna bagi mereka yang memerlukan pinjaman di masa depan.

Demikianlah artikel pilar mengenai pinjaman dan cara membuat penghitungan angsuran yang benar. Semoga artikel ini dapat memberikan banyak manfaat bagi Anda yang ingin memperoleh pinjaman. Jangan lupa, untuk selalu berhati-hati dalam memilih lembaga keuangan yang akan memberikan pinjaman dan pastikan untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan dari pinjaman yang ditawarkan sebelum mengajukannya.