CARA MEMBUAT DAFTAR NAMA SESUAI ABJAD DI EXCEL

Apakah Anda pernah kesulitan mengatur daftar nama di Microsoft Excel? Jangan khawatir, karena kami akan memberikan cara mudah untuk membuat daftar nama yang sesuai abjad di Excel. Baca artikel ini sampai selesai dan Anda akan menjadi lebih ahli dalam menggunakan Excel.

Cara Membuat Daftar Nama Sesuai Abjad di Excel

Langkah-langkah berikut akan membantu Anda dalam membuat daftar nama sesuai abjad di Excel:

  1. Buka dokumen Excel Anda
  2. Pilih sel atau range sel yang ingin Anda gunakan untuk menuliskan daftar nama
  3. Ketikkan daftar nama yang ingin Anda masukkan ke dalam sel Excel
  4. Pilih kolom di sebelah kanan sel yang Anda gunakan untuk menuliskan daftar nama
  5. Ketikkan formula =INDEX($A$1:$A$10,MATCH(SMALL($A$1:$A$10,ROW()-ROW($A$1)+1),$A$1:$A$10,0)) pada sel di kolom sebelah kanan
  6. Anda harus mengubah range sel A1:A10 pada formula dengan range daftar nama Anda
  7. Kemudian, gunakan autofill pada sel dan kolom yang Anda gunakan untuk menuliskan daftar nama dan formula
  8. Selesai!

Saat daftar nama sudah disusun sesuai abjad, maka Anda dapat dengan mudah menemukan nama-nama tertentu saat Anda memerlukannya. Selain itu, dengan cara ini, data yang Anda masukkan bisa lebih terstruktur dan teratur.

FAQ

1. Apakah saya bisa membuat urutan daftar nama dalam urutan terbalik?

Tentu saja! Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang sama seperti di atas, namun jangan lupa untuk mengganti formula pada langkah ke-5 dengan =INDEX($A$1:$A$10,MATCH(LARGE($A$1:$A$10,ROW()-ROW($A$1)+1),$A$1:$A$10,0)). Dengan kata lain, hanya perlu mengganti fungsi SMALL dengan fungsi LARGE.

2. Bagaimana jika daftar nama saya terdiri dari data yang berbeda-beda, seperti nama depan, nama tengah, dan nama belakang?

Jika daftar nama Anda terdiri dari data yang berbeda-beda, maka bisa menggunakan formula =INDEX($A$1:$A$10,MATCH(SMALL($A$1:$A$10,ROW()-ROW($A$1)+1)&” “&SMALL($B$1:$B$10,ROW()-ROW($A$1)+1),$A$1:$A$10&” “&$B$1:$B$10,0)).

Video Tutorial Cara Membuat Daftar Nama Sesuai Abjad di Excel

Cara Membuat Daftar Nama Sesuai Abjad di Word

Jika Anda lebih sering menggunakan Microsoft Word sebagai alat untuk membuat daftar nama, berikut adalah cara mudah untuk membuat daftar nama sesuai abjad di Word:

  1. Buka dokumen Word Anda
  2. Masukkan daftar nama yang ingin Anda susun dalam urutan abjad
  3. Pilih daftar nama tersebut
  4. Klik tombol “Home”, lalu pilih “A-Z” pada bagian “Paragraph” pada toolbar
  5. Selesai!

Dengan cara ini, daftar nama Anda akan terurut sesuai abjad secara otomatis.

FAQ

1. Apakah saya harus memasukkan daftar nama satu per satu?

Tidak perlu! Anda bisa meng-klik “Insert Table” pada toolbar lalu memasukkan semua daftar nama Anda ke dalam sebuah table. Setelah selesai memasukkan data Anda, Anda bisa mengikuti langkah-langkah dari cara di atas.

2. Bagaimana jika saya ingin menambahkan kolom pada table namun tidak ingin mengubah urutan daftar nama?

Jika Anda ingin menambahkan kolom ke table namun tidak ingin mengubah urutan daftar nama, Anda bisa memilih table Anda, kemudian klik “Table Tools”. Dari situ, pilih “Layout” dan pilih “Insert Above” atau “Insert Below” untuk menambahkan kolom baru. Urutan daftar nama dirangkai berdasarkan kolom pertama jadi asalkan Anda tidak mengubah kolom pertama, urutan daftar nama tidak akan berubah.

Baca Juga :  Cara Membuat Customui Di Excel

Video Tutorial Cara Membuat Daftar Nama Sesuai Abjad di Word

Sekarang Anda sudah mengetahui cara mudah untuk membuat dan mengatur daftar nama Anda dalam urutan abjad di Microsoft Excel dan Word. Dengan cara ini, Anda bisa lebih terstruktur dan teratur dalam memasukkan data yang diperlukan. Jangan lupa selalu memperbarui daftar nama Anda agar data yang Anda masukkan selalu up-to-date dan sesuai dengan kebutuhan Anda.