Mungkin banyak di antara Anda yang masih asing dengan istilah Custom Ribbon ketika menggunakan Microsoft Excel. Custom Ribbon adalah fitur Microsoft Excel yang memungkinkan kita membuat menu sendiri untuk menyimpan tombol yang sering digunakan. Fitur ini sangat berguna untuk memudahkan dalam melakukan tugas yang sama berulang-ulang pada Excel.
Contoh Custom Ribbon pada Excel
Untuk membuat custom ribbon pada Excel, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan. Berikut cara membuat custom ribbon pada Excel:
- Klik File > Options
- Pilih Customize Ribbon
- Klik New Tab untuk membuat menu baru
- Rename Tab dengan nama yang diinginkan
- Pilih berbagai perintah yang ingin ditambahkan dan klik Add
Mengapa Custom Ribbon Penting?
Custom Ribbon adalah salah satu fitur Microsoft Excel yang sangat praktis untuk menghemat waktu dalam melakukan tugas spreadsheet yang berulang-ulang. Anda tidak perlu lagi mencari tombol-tombol favorit Anda di sekitar menu, karena semua tombol-tombol tersebut dapat dipindahkan ke menu kustom Anda sendiri. Anda bahkan dapat mengatur tombol-tombol tersebut ke dalam grup yang relevan, untuk membantu menjaga menu Anda tetap terorganisir.
Cara Membuat Custom Ribbon pada Microsoft Excel dengan Notepad
Step 1
Buka Microsoft Excel dan dalam menu Developer, pilih Macro Security untuk mengaktifkan Macros. Pilih Enable All Macros sebagai pilihan keamanan. And agree dan OK.
Step 2
Kemudian, pergi ke menu File dan buka Excel Options. Pilih Customize Ribbon dan klik pada New Tab untuk menambahkan sebuah tab baru ke custom ribbon Anda.
Step 3
Setelah tombol tab baru ditambahkan, beri nama pada tab baru tersebut kemudian klik pada New Group untuk menambahkan sebuah group baru pada tab yang baru saja ditambahkan.
Step 4
Pada langkah ini, kita akan menambahkan sebuah tombol ke dalam group baru tersebut mencari tombol Favorit anda lalu klik Add.
Step 5
Ketik script dibawah pada notepad kemudian simpan dengan nama ShortCut_Ribbon.xml dan copy ke folder %APPDATA%\Microsoft\Excel\ XLSTART\ .
“`
“`
Step 6
Jalankan kembali Excel, dan cek Custom Ribbon sudah muncul pada Excel.
FAQ
Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai Custom Ribbon pada Microsoft Excel.
1. Apa itu Custom Ribbon pada Microsoft Excel?
Custom Ribbon adalah fitur pada Microsoft Excel yang memungkinkan pengguna membuat menu sendiri untuk menyimpan tombol yang sering digunakan pada Ribbon Excel.
2. Apa kegunaan dari Custom Ribbon pada Microsoft Excel?
Custom Ribbon pada Microsoft Excel sangat berguna untuk memudahkan dalam melakukan tugas yang sama berulang-ulang pada Excel, sehingga Anda tidak lagi perlu mencari tombol-tombol favorit Anda di sekitar menu karena semua tombol-tombol tersebut dapat dipindahkan ke menu kustom Anda sendiri.
Include Video Tutorial
Berikut adalah video tutorial tentang cara membuat Custom Ribbon pada Microsoft Excel:
Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam memahami Custom Ribbon pada Microsoft Excel.