Cara Membuat Contoh Excel Pengeluaran Uang Di Kantor

Laporan keuangan adalah salah satu aspek penting dalam manajemen keuangan. Tanpa laporan keuangan yang baik, sulit bagi perusahaan atau individu untuk memastikan keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran. Membuat laporan keuangan sederhana di Excel dapat membantu mempermudah kegiatan manajemen keuangan. Berikut ini adalah beberapa tutorial untuk membuat laporan keuangan sederhana di Excel.

Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana di Excel

Cara Membuat Contoh Excel Pengeluaran Uang Di Kantor

Pertama, buka aplikasi Excel dan buat lembar kerja dengan menekan tombol “Ctrl + N”. Selanjutnya, buatlah kolom-kolom dengan judul-judul yang sesuai, seperti “Tanggal”, “Keterangan”, “Pemasukan”, dan “Pengeluaran”. Jangan lupa untuk menyimpan lembar kerja dengan nama yang mudah diingat.

Gambar tutorial membuat laporan keuangan sederhana di Excel 2

Setelah membuat kolom-kolom, masukkan data ke dalam tabel tersebut. Isi tanggal sesuai dengan tanggal transaksi, keterangan berisi deskripsi transaksi, pemasukan berisi jumlah pemasukan, dan pengeluaran berisi jumlah pengeluaran.

Gambar tutorial membuat laporan keuangan sederhana di Excel 3

Setelah memasukkan data, hitunglah saldo akhir pada kolom “Saldo” dengan menggunakan formula Excel. Untuk melakukan hal tersebut, buatlah formula seperti: “=SUM(C2:C10)-SUM(D2:D10)” pada sel “E10”. Dalam formula tersebut, “C2:C10” adalah rentang sel dari kolom pemasukan dan “D2:D10” adalah rentang sel dari kolom pengeluaran. Fungsi “SUM” berarti menjumlahkan sel-sel dalam rentang yang ditentukan. Kemudian, saldo akhir akan muncul pada sel “E10”.

FAQ

Pertanyaan 1: Apakah laporan keuangan sederhana di Excel hanya bisa digunakan oleh perusahaan besar?

Jawaban: Tidak, laporan keuangan sederhana di Excel bisa digunakan oleh siapapun, baik perusahaan besar maupun individu. Membuat laporan keuangan sederhana di Excel dapat membantu memantau pemasukan dan pengeluaran.

Pertanyaan 2: Apakah ada tutorial membuat laporan keuangan sederhana di Excel yang lebih detail?

Jawaban: Ya, ada banyak tutorial di internet mengenai cara membuat laporan keuangan sederhana di Excel yang lebih detail. Salah satunya adalah tutorial dari Youtube dengan judul “Membuat Laporan Keuangan Sederhana di Excel – Part 1” yang dapat diakses melalui link berikut:
https://www.youtube.com/watch?v=lbWWdFU9sXc.

Gambar tutorial membuat laporan keuangan sederhana di Excel 4

Secara keseluruhan, membuat laporan keuangan sederhana di Excel merupakan hal yang mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun. Selain itu, kemampuan membuat laporan keuangan sederhana dapat membantu kita dalam mengelola keuangan secara lebih efektif dan efisien.

Baca Juga :  CARA MEMBERIKAN LABEL FILE EXCEL