CARA MEMBUAT COMMENT DI EXCEL

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi pengolah data elektronik terkemuka di dunia. Excel sangat populer dan digunakan secara luas di seluruh dunia sebagai alat pengumpul, penyajian, dan analisis data. Aplikasi ini sangat berguna dalam mengelola data serta memberikan kemudahan dalam pengolahan dan analisa data, seperti membuat laporan, membuat grafik, membuat tabel, dan lain-lain. Berikut adalah beberapa tutorial cara memanfaatkan Microsoft Excel dengan lebih efektif dan efisien.

Cara Membuat Daftar Pilihan Bertingkat di Excel

Daftar pilihan bertingkat sangat membantu bagi banyak orang yang ingin membuat survey atau melakukan pemilihan secara online. Oleh karena itu, saat ini banyak orang mencari cara untuk membuat daftar pilihan bertingkat di Excel.

Berikut ini adalah cara mudah untuk membuat daftar pilihan bertingkat di Excel:

  1. Buatlah daftar pilihan pertama di kolom pertama dan pilihan kedua di kolom kedua.
  2. Pilihlah sel atau kolom kedua, kemudian klik tombol Data Validation pada kategori Data Ribbon.
  3. Pilih bagian List pada Allow, dan ketikkan formula untuk menampilkan pilihan kedua di Source. Contoh: =IF($A$2=”Pilihan Pertama”,”Pilihan Kedua 1″,”Pilihan Kedua 2″,”Pilihan Kedua 3″,).
  4. Tekan OK, maka daftar pilihan kedua sudah muncul di sel atau kolom kedua.
  5. Buatlah daftar pilihan ketiga di kolom ketiga, kemudian pilihlah sel atau kolom ketiga, klik tombol Data Validation pada kategori Data Ribbon.
  6. Pilih bagian List pada Allow, dan ketikkan formula untuk menampilkan pilihan ketiga di Source. Contoh: =IF($B$2=”Pilihan Kedua 1″,”Pilihan Ketiga 1.1″,”Pilihan Ketiga 1.2″,”Pilihan Ketiga 1.3″,).
  7. Tekan OK, maka daftar pilihan ketiga sudah muncul di sel atau kolom ketiga.
Baca Juga :  CARA EKSPOR DATA DARI EXCEL KE SPSS

Cara Menghilangkan Garis di Microsoft Excel

Jika kamu menggunakan Microsoft Excel dan melihat garis bantu atau border di sekitar sel, itu mungkin bukan yang kamu inginkan. Garis bantu atau border di sekitar sel memang membantu membedakan setiap sel. Namun, terkadang kamu perlu menghapus garis bantu atau border tersebut.

Berikut ini adalah cara mudah untuk menghilangkan garis bantu atau border di Microsoft Excel:

  1. Pilihlah sel atau seluruh kolom atau baris yang ingin dihapus garis bantunya.
  2. Klik kanan pada sel atau seluruh kolom atau baris, lalu pilih Format Cells.
  3. Pada kategori Border, pilih None, kemudian klik OK.

Cara Membuat Ranking Di Excel 2013 Cara Menentukan Nilai Siswa

Jika kamu merupakan seorang guru, maka tentu kamu memerlukan cara untuk memberikan nilai kepada siswa, bukan? Oleh karena itu, kamu bisa membuat ranking di Excel 2013 dan menentukan nilai siswa dengan mudah.

Berikut ini adalah cara mudah untuk membuat ranking di Excel 2013 dan menentukan nilai siswa:

  1. Isi kolom A dengan daftar nama siswa.
  2. Isi kolom B dengan nilai siswa.
  3. Klik sel di kolom C1, dan ketikkan formula =RANK(B1,$B$1:$B$20,0).
  4. Salin formula tersebut ke sel C2 sampai C20.

Cara Mudah Membuat Titik Dua Sejajar di Ms Excel

Jika kamu sering membuat laporan menggunakan Microsoft Excel, maka kamu pasti pernah mengalami masalah membuat titik dua sejajar dalam sel tertentu. Memang terlihat sepele, tetapi tampilan yang rapi dan nyaman akan lebih memudahkan dalam membaca dan mereview laporan tersebut.

Berikut ini adalah cara mudah untuk membuat titik dua sejajar di Ms Excel:

  1. Pilih sel atau baris atau kolom yang ingin diberi titik dua sejajar.
  2. Tealh klik kanan dan pilih Format Cells.
  3. Pada kategori Alignment, centang box Wrap text pada Text control, kemudian pada Horizontal, pilih Justify pada Text alignment.
  4. Isikan 2 titik pada sel yang ingin diberi titik dua.
  5. Untuk sel atau baris atau kolom selanjutnya, cukup salin format dari sel yang telah dibuat tadi.
Baca Juga :  Cara Membuat Standar Error Di Excel

FAQ + Include Video Youtube

Pertanyaan 1: Bagaimana cara membuat grafik di Excel?

Jawaban: Untuk membuat grafik di Excel, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

  1. Pertama-tama, buatlah tabel atau daftar data yang akan dijadikan grafik.
  2. Pilih seluruh data atau tabel yang ingin dibuatkan grafik.
  3. Pilih tombol Chart pada kategori Insert Ribbon.
  4. Pilih jenis grafik yang ingin kamu buat pada tab Chart Types.
  5. Tentukan letak grafik pada workbook pada tab Location.
  6. Kamu juga bisa mengatur format grafik sesuai keinginan pada tab Design Ribbon.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara menghitung persentase di Excel?

Jawaban: Untuk menghitung persentase di Excel, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

  1. Tentukan nilai yang akan dikonversi ke persentase.
  2. Ketikkan formula =nilai/100 pada sel yang ingin dihitung persentasenya.
  3. Format sel tersebut sebagai persentase pada kategori Number pada Ribbon.