Cara Membuat Combo Box Tanggal Di Excel

Combo box atau kotak kombinasi adalah salah satu fitur dalam Microsoft Excel yang memungkinkan pengguna untuk memilih satu opsi dari beberapa pilihan yang disediakan dalam kotak yang sama. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat kotak kombinasi di Excel beserta contoh penggunaannya. Kami juga akan memberikan FAQ dan video tutorial untuk membantu Anda memahami cara menggunakan kotak kombinasi ini.

Membuat Kotak Kombinasi di Excel

Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk membuat kotak kombinasi di Excel:

  1. Pertama-tama, buka program Excel dan buat lembar kerja baru.
  2. Pilih sel atau kisaran sel tempat Anda ingin menambahkan kotak kombinasi.
  3. Klik tab Data di menu utama dan pilih Kotak Kombinasi dari opsi Data Tools. Kotak dialog Kotak Kombinasi akan muncul.
  4. Tambahkan naskah atau entri ke dalam kotak Combo Input Range. Gunakan koma untuk memisahkan nilai jika Anda memiliki lebih dari satu item.
  5. Pilih sel di mana Anda ingin menampilkan nilai dari pilihan yang dipilih. Ini disebut sebagai kotak yang dipilih. Kemudian, masukkan sel tersebut ke dalam kotak Combo Output Range.
  6. Klik OK untuk menyelesaikan proses.

Menggunakan Kotak Kombinasi di Excel

Setelah Anda membuat kotak kombinasi, Anda dapat menggunakan fitur ini dengan mudah. Ketika pengguna mengklik panah kecil di sebelah kanan kotak kombinasi, kotak menampilkan daftar nilai atau entri yang ditambahkan ke dalam kotak. Semua yang perlu Anda lakukan adalah memilih opsi yang sesuai, kemudian nilai akan muncul di kotak yang dipilih.

Menggunakan kotak kombinasi bukanlah satu-satunya cara untuk memilih nilai atau entri tertentu di Excel. Anda juga dapat menggunakan tombol grup opsional, tombol pilihan, kotak centang, dan tombol tombol kita pada tab Formulir Kontrol di kotak dialog Kotak Kombinasi.

Contoh Penggunaan Kotak Kombinasi di Excel

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana kotak kombinasi dapat digunakan dalam Excel, di sini kami akan memberikan beberapa contoh penggunaannya.

Contoh 1: Membuat Tabel Berdasarkan Pilihan

Misalnya Anda ingin membuat tabel yang menunjukkan penjualan produk berdasarkan kategori yang dipilih. Anda memiliki daftar kategori produk di sel A1 hingga A4, dan produk dari setiap kategori di sel B1 hingga B4 dan seterusnya.

Untuk membuat tabel yang didasarkan pada pilihan pengguna, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buat kotak kombinasi di sel E1 di mana user dapat memilih kategori produk.
  2. Tambahkan rumus =IFERROR(INDEX($A$2:$A$5, MATCH(E1,$A$2:$A$5,0),0),””) ke dalam sel F1. Rumus ini akan memanggil nilai kategori dari kotak kombinasi, dan memberikan output berupa nilai kategori tersebut.
  3. Tambahkan rumus =IFERROR(INDEX($B$2:$B$5, MATCH(F1,$A$2:$A$5,0),0),””) ke dalam sel G1.
  4. Salin rumus F1 dan G1 ke sel F2 dan G2, dan ke sel-sel lain di seluruh kolom F dan G.

Sekarang, ketika pengguna memilih kategori produk tertentu di kotak kombinasi, tabel akan menampilkan produk yang sesuai untuk kategori tersebut.

Contoh 2: Membuat Grafik Berdasarkan Pilihan

Anda juga dapat membuat grafik yang didasarkan pada pilihan pengguna di kotak kombinasi. Misalkan Anda memiliki daftar penjualan per bulan di sel A1 hingga A12, dan Anda ingin membuat grafik yang menunjukkan penjualan untuk bulan yang dipilih pengguna di kotak kombinasi.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat grafik berdasarkan pilihan pengguna:

  1. Buat kotak kombinasi di sel C1 yang berisi daftar bulan.
  2. Buat grafik dasar pada lembar kerja Excel Anda, tetapi buat grafik tanpa data apa pun.
  3. Pilih grafik dan klik kanan untuk membuka menu Konteks. Pilih Data Range dari menu ini.
  4. Pilih sel L5 untuk kisaran nilai Grafik – Series Y di kotak Combo Input Range di kotak dialog Data Range.
  5. Klik pada panah kecil pada kotak combo Excel sel C1 dan pilih bulan tertentu. Hanya data dari bulan ini yang akan muncul di grafik Anda.
Baca Juga :  Cara Menambahkan Data Di Depan Pada Excel

Sekarang, ketika pengguna memilih bulan tertentu di kotak kombinasi, grafik akan menampilkan data untuk bulan tersebut.

FAQ

1. Apa perbedaan antara kotak kombinasi dan tombol grup opsional di Excel?

Tombol grup opsional dan kotak kombinasi memiliki fungsi yang mirip, tetapi cara mereka menampilkan pilihan yang berbeda. Tombol grup opsional menampilkan pilihan dalam kotak yang diklik oleh pengguna. Ketika ini terjadi, pilihan lain akan hilang. Dalam kotak kombinasi, tombol kecil di sebelah kanan kotak dipilih, dan kotak menampilkan semua opsi yang tersedia dalam daftar. Pengguna kemudian memilih opsi yang diinginkan dari daftar tersebut.

2. Dapatkah saya menambahkan kotak kombinasi ke dalam lembar kerja Excel saya yang sudah ada?

Ya, Anda dapat menambahkan kotak kombinasi ke dalam lembar kerja Excel yang sudah ada. Kemudian, cukup arahkan kotak kombinasi ke sel-sel yang ingin Anda gunakan untuk membuat pilihan.

Video Tutorial

Tutorial ini adalah video singkat yang memberikan panduan visual untuk membuat kotak kombinasi di Excel. Dalam tutorial ini, Anda akan belajar cara membuat kotak kombinasi, menambahkan nilai, dan menampilkan hasil pilihan pengguna dalam sel.

Dengan menggunakan kotak kombinasi di Excel, Anda dapat dengan mudah memilih nilai atau entri tertentu dari beberapa pilihan yang tersedia. Ini adalah fitur yang berguna untuk membuat tabel, grafik, atau formulir yang didasarkan pada pilihan pengguna. Jangan ragu untuk mencoba sendiri fitur ini di Excel Anda.