Cara Membuat Chat Server Dengan Openfire Windows

Perkembangan teknologi informasi telah membawa beberapa kemajuan, termasuk di dalam dunia komunikasi. Saat ini, penggunaan aplikasi chat sangat populer dan dianggap sebagai sarana komunikasi yang mudah dan efektif. Namun, di dalam kantor, sistem chat yang umum digunakan adalah chat server.

Cara Membuat Chat Server Dengan Openfire Windows Cara Membuat Chat Server dengan Open Fire di Debian

Openfire adalah software server chat yang dapat digunakan pada sistem operasi Windows, Linux, dan MacOS. Openfire juga sudah support dengan protokol XMPP (eXtensible Messaging and Presence Protocol) dan dapat diinstall pada platform yang berbeda seperti Windows, Ubuntu, Debian, dan OpenSUSE.

Tahap untuk membuat chat server dengan Openfire adalah sebagai berikut:

  1. Mendownload dan Menginstall Openfire
  2. Menjalankan Openfire
  3. Setting Openfire
  4. Membuat User dan Group
  5. Mengimplementasikan Openfire Plugin
  6. Menyediakan Akses Klien ke Server Chat

Untuk menjalankan Openfire, kita membutuhkan Java Runtime Environment minimal versi 1.7, dan editor teks seperti Notepad++ atau Sublime Text. Selain itu, kita perlu mempersiapkan server yang dapat digunakan untuk mengoperasikan Openfire.

Cara install Openfire XMPP di Ubuntu (membuat server chat) Cara Install Openfire XMPP di Ubuntu

Untuk menginstall Openfire XMPP di Ubuntu, anda dapat menggunakan beberapa langkah yang sudah disediakan melalui panduan dibawah ini:

  1. Mendownload package Openfire dari situs resmi Openfire
  2. Menginstall Dependencies yang diperlukan untuk Openfire
  3. Menjalankan Installasi Openfire
  4. Menjalankan dan Accessing Openfire

Pandutama: Membangun Chat Server Dengan OpenFire Membangun Chat Server dengan OpenFire

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Openfire merupakan platform yang perlu diunduh terlebih dahulu dari situs resmi Openfire. Anda dapat mengunduh package untuk sistem operasi yang anda gunakan.

Dalam menginstall Openfire, pertama-tama anda harus menentukan tipe server yang akan digunakan. Ada dua tipe server yang bisa anda pilih, yaitu Internal Database Server atau External Database Server. Pada External Database Server, anda harus menentukan database yang akan digunakan untuk server Opefire.

Jika anda menginstal Openfire dengan Internal Database Server, maka anda tidak perlu melakukan setting untuk database server karena sudah tersedia secara default. Namun, jika anda memutuskan untuk menggunakan External Database Server, maka anda harus mempersiapkan dan melakukan setting untuk database server tersebut terlebih dahulu.

Setelah melakukan setting untuk database server, anda dapat menjalankan proses installasi Openfire. Dalam proses ini, anda akan diminta untuk memberikan informasi seperti domain yang diperuntukkan untuk chat server anda serta password admin yang digunakan untuk mengelola chat server.

Cara membuat user di Openfire XMPP server Cara Membuat User di Openfire XMPP Server

Setelah anda berhasil melakukan instalasi Openfire dan mengaktifkan chat server, anda dapat mulai membuat user. Anda dapat membuat user dengan cara sebagai berikut:

  1. Masuk ke panel admin Openfire dengan menggunakan username dan password yang sudah dibuat ketika melakukan instalasi Openfire
  2. Pilih menu User/Group untuk masuk ke setting user.
  3. Pilih tab User dan tekan tombol “Create new user”
  4. Isi kolom “Username” dan “Password”.
  5. Setelah itu klik “Create User” untuk membuat user baru di Openfire

Anda juga dapat mengaktifkan beberapa fitur tambahan pada Openfire seperti monitoring user chat dan juga membuat chat room tertentu untuk pengguna yang memenuhi syarat.

Baca Juga :  CARA INSTAL WINDOWS 8.1 PRO DENGAN FLASHDISK

How to Install OpenFire Chat Server on Ubuntu 20 19 18 LTS > BENISNOUS FAQ

1. Apa itu Openfire?

Openfire adalah sebuah aplikasi server chat yang mendukung protocol XMPP (Extensible Messaging and Presence Protocol) pada sistem operasi Windows, Linux, dan MacOS.

2. Apa keuntungan menggunakan Openfire?

Dalam dunia bisnis, Openfire memberikan keuntungan sebagai sarana chat server yang mudah dioperasikan dan dapat dihubungkan dengan aplikasi lainnya. Selain itu, Openfire juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan monitoring terhadap pengguna chat serta melakukan pengaturan atau pembatasan.