CARA MEMBUAT BARCODE DI MICROSOFT EXCEL TANPA SOFTWARE

Membuat barcode pada aplikasi Microsoft Excel dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Barcode adalah gambar berupa pola garis vertikal yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu produk dengan mudah. Barcode seringkali digunakan pada produk barang seperti makanan, minuman, buku, dan lain-lain. Dalam artikel ini, akan dibahas cara membuat barcode pada aplikasi Microsoft Excel dengan mudah.

Gambar Barcode

CARA MEMBUAT BARCODE DI MICROSOFT EXCEL TANPA SOFTWARE

Cara membuat barcode pada aplikasi Microsoft Excel sangatlah mudah. Pertama, buka program Microsoft Excel pada komputer Anda. Selanjutnya, buat kolom dengan nama produk, harga, dan barcode. Di dalam kolom barcode, ketikan fungsi =CODE128(produk). Fungsi ini akan menghasilkan barcode pada kolom tersebut. Barcode pada aplikasi Microsoft Excel hanya dapat dibaca dengan menggunakan barcode scanner. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki alat tersebut sebelum mencoba membuat barcode pada aplikasi Microsoft Excel. Berikut adalah langkah-langkah lengkapnya:

Langkah-Langkah Membuat Barcode

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel pada komputer Anda.
  2. Buat kolom dengan nama produk, harga, dan barcode. Kolom barcode akan digunakan untuk membuat barcode pada aplikasi ini.
  3. Ketikkan fungsi =CODE128(produk) pada kolom barcode. Fungsi ini akan menghasilkan barcode pada kolom tersebut.
  4. Selanjutnya, pilih baris yang berisi barcode dan klik kanan untuk membuka pilihan menu.
  5. Pilih opsi “Format Cells” pada menu tersebut.
  6. Pada tab “Number”, pilih “Custom”.
  7. Setelah itu, ketikan “0000000000000” pada kotak format.
  8. Klik “OK” dan barcode pada kolom tersebut akan tampil.

Gambar Barcode pada MS Excel

Dalam membuat kode barcode, Anda dapat memilih kode yang diinginkan seperti Code 128, Code 39, dan lain-lain. Anda juga dapat mengatur ukuran barcode pada aplikasi Microsoft Excel dengan cara menyesuaikan lebar kolom sesuai dengan keinginan. Setelah itu, Anda dapat mencetak barcode dan menempelkannya pada produk yang sedang dipasarkan.

Cara Membuat Barcode pada Word

Barcode pada Word

Selain pada aplikasi Microsoft Excel, barcode juga dapat dibuat pada Microsoft Word. Hal ini sangat berguna bagi Anda yang ingin membuat label harga atau stiker produk dengan barcode. Microsoft Word menyediakan add-in bernama “Barcode Add-in for Word and Excel”, yang dapat Anda download secara gratis dari situs resmi Microsoft. Setelah di-install, add-in ini akan menambahkan fitur untuk membuat barcode pada Microsoft Word. Berikut adalah langkah-langkah membuat barcode pada Microsoft Word:

  1. Buka aplikasi Microsoft Word pada komputer Anda.
  2. Buat dokumen baru dan pilih opsi “Developer” pada menu utama.
  3. Pada opsi “Controls”, pilih opsi “Legacy Tools”.
  4. Selanjutnya, pilih opsi “More Controls” untuk membuka jendela dialog.
  5. Pilih “ActiveBarcode” dari daftar kontrol yang tersedia.
  6. Klik “OK” dan kursor pada dokumen akan berubah menjadi bentuk kotak.
  7. Gambar sebuah kotak pada dokumen dengan ukuran yang diinginkan.
  8. Klik kanan pada kotak dan pilih opsi “ActiveBarcode” pada menu.
  9. Masukkan kode produk pada kotak dialog yang muncul dan klik “OK”.
  10. Kode barcode akan langsung muncul pada kotak yang telah Anda buat.

FAQ

Apakah barcode memiliki ukuran yang tetap?

Tidak, ukuran barcode dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, pastikan ukuran barcode yang dihasilkan masih dapat dibaca oleh scanner untuk menghindari kesalahan pada saat scanning barcode.

Apakah kode barcode harus unik?

Ya, setiap produk harus memiliki kode barcode yang unik. Hal ini akan sangat membantu pada saat manajemen stok dan menghindari kesalahan pencatatan.

Baca Juga :  cara membuat kop pada microsoft excel Surat kop kertas mengatur

Video Tutorial Cara Membuat Barcode pada Excel dan Word

Dalam video ini, Anda akan belajar cara membuat barcode pada Microsoft Excel dan Microsoft Word dengan mudah. Tutorial ini akan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang cara membuat barcode pada kedua aplikasi tersebut. Ikuti video tutorial ini dengan seksama dan pastikan Anda telah mengikuti langkah-langkah yang disajikan dengan benar untuk menghindari kesalahan dalam membuat kode barcode.

Demikianlah pembahasan tentang cara membuat barcode pada aplikasi Microsoft Excel dan Microsoft Word. Dengan membuat barcode, Anda akan lebih mudah dalam melakukan manajemen stok dan mempermudah pengambilan data pada saat inventarisasi stok. Selain itu, penggunaan barcode akan memberikan kesan profesional dan meningkatkan kualitas brand Anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan bisnis Anda.