Cara Membuat Bagian Tertentu Untuk Dicetak Pad Excel

Memiliki kemampuan menggunakan Microsoft Excel dapat sangat membantu dalam menyelesaikan tugas sehari-hari yang berkaitan dengan pengolahan data. Sebagai pengguna Excel, tentu saja Anda ingin mendapatkan hasil cetakan yang baik ketika mencetak data yang telah Anda masukkan ke dalam software tersebut. Namun, tampilan hasil cetakan kadang tidak begitu sesuai dengan apa yang Anda inginkan, misalnya terpotong atau tidak berada di area yang diinginkan. Nah, pada artikel ini akan dibahas mengenai cara mencetak bagian tertentu sebuah dokumen pada Excel dan cara mencetak Excel dengan sempurna dan tidak terpotong.

Cara Mencetak Bagian Tertentu Sebuah Dokumen pada Excel

Jika Anda ingin mencetak bagian tertentu dalam file Excel, misalnya tabel atau grafik, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Berikut ini adalah cara mencetak bagian tertentu sebuah dokumen pada Excel:

1. Menggunakan Set Print Area

Set Print Area digunakan untuk memutuskan area yang akan dicetak dalam worksheet Excel Anda. Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakannya:

  1. Buka dokumen Excel yang akan dicetak
  2. Pilih area yang ingin dicetak dengan menyorot cell atau area tertentu
  3. Masuk dalam menu Page Layout dan klik Set Print Area pada bagian Page Setup di grup Page Setup
  4. Anda juga dapat menggunakan menu pintasan dengan menekan tombol Ctrl + P atau menggunakan pilihan Print Area pada menu File
  5. Setelah itu, Excel akan memblokir area yang tidak dipilih dan hanya area yang telah Anda tetapkan akan dicetak. Jika ingin mencetak area lain, cukup uncheck Set Print Area pada dialog Page Setup atau tekan tombol Ctrl + P dan pilih pilihan Print Area
  6. Jika ingin menghapus Set Print Area, Anda dapat mengklik Clear Print Area pada menu Page Layout di grup Page Setup
Baca Juga :  CARA AGAR JUDUL KOLOM EXCEL TIDAK BERGERAK

2. Menentukan Print Range

Print Range digunakan untuk menetapkan area yang akan dicetak dalam Excel Anda. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menetapkannya:

  1. Buka dokumen Excel yang akan dicetak
  2. Pilih area yang ingin dicetak dengan menyorot cell atau area tertentu
  3. Masuk di menu option Print pada menu File
  4. Pilih Print Range
  5. Pilih Custom Print dan masukkan range yang ingin dicetak

Cara Print Excel dengan Sempurna dan Tidak Terpotong

Saat mencetak dokumen pada Excel, hasil cetakan mungkin saja tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Salah satu masalah paling umum adalah hasil cetakannya terpotong pada bagian pinggir halaman. Nah, pada artikel ini akan dijelaskan tentang cara mencetak Excel dengan sempurna dan tidak terpotong.

1. Mengatur Margins dan Scaling

Anda dapat mengatur margins dan scaling untuk memastikan hasil cetakan pada Excel tidak terpotong. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka dokumen Excel yang akan dicetak
  2. Periksa dan atur margins pada bagian Page Layout
  3. Pilih margins sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya Wide atau Normal
  4. Atur Scaling pada bagian Page Layout
  5. Pilih Scaling dan pilih angka yang lebih kecil agar hasil cetakan dapat direduksi dan sesuai pada halaman yang diinginkan
  6. Jika perlu, Anda juga dapat menggunakan Custom Scaling Options untuk mengatur sendiri skala yang Anda butuhkan

2. Menjaga Lebar Kolom Tetap

Menjaga lebar kolom tetap juga dapat membantu mencegah hasil cetakan terpotong pada Excel Anda. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka dokumen Excel yang akan dicetak
  2. Pilih kolom-kolom yang ingin dicetak
  3. Klik kanan pada kolom-kolom tersebut dan pilih Column Width
  4. Anda dapat mengatur lebar kolom secara manual atau menggunakan AutoFit Selection untuk menyesuaikan lebar kolom dengan isi dalam kolom tersebut
  5. Dalam menu Page Layout, pastikan scaling pada bagian Width/Height memiliki opsi Adjust To, bukan Fill
Baca Juga :  Cara Mebuat Report Yang Bagus Di Excel

FAQ

1. Apa perbedaan antara Set Print Area dan Print Range pada Excel?

Set Print Area digunakan untuk memutuskan area yang akan dicetak dalam worksheet Excel Anda sementara Print Range digunakan untuk menetapkan area yang akan dicetak dalam Excel Anda.

2. Bagaimana cara menyimpan data hasil cetakan pada Excel?

Anda dapat menyimpan data hasil cetakan pada Excel dengan menekan tombol Ctrl + P kemudian memilih Print to PDF sebagai printer, sehingga Anda dapat menyimpan file PDF dari hasil cetakan tersebut. Selain itu, Anda juga dapat menyimpan hasil cetakan tersebut dalam format PDF dengan cara memilih Save as PDF pada menu Print.

Video Tutorial: Cara Mencetak Bagian Tertentu Sebuah Dokumen pada Excel dan Cara Print Excel dengan Sempurna dan Tidak Terpotong

Berikut ini adalah video tutorial yang menjelaskan cara mencetak bagian tertentu sebuah dokumen pada Excel dan cara mencetak Excel dengan sempurna dan tidak terpotong:

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, hasil cetakan pada file Excel akan tampak lebih rapi dan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Semoga artikel ini bermanfaat!