Cara Membuat Bagan Pertandingan Di Microsoft Excel Sistem Ketemu

Cara Membuat Bagan Pertandingan Di Excel – kabarmedia.github.io.

Jangan Lagi Bingung Membuat Bagan Pertandingan!

Cara Membuat Bagan Pertandingan Di Microsoft Excel Sistem Ketemu

Sudah pernah bingung saat membuat bagan pertandingan? Jangan khawatir, karena kami akan memberikan panduan lengkap untuk membuat bagan pertandingan dengan mudah dan cepat menggunakan Microsoft Excel. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini.

Langkah Pertama: Buka Excel dan Buat Tabel

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka program Microsoft Excel dan membuat tabel seperti berikut ini:

Cara Membuat Bagan Pertandingan Di Microsoft Excel Sistem Ketemu

Tabel tersebut terdiri dari lima kolom. Kolom pertama diisi dengan nomor pertandingan, kolom kedua dan ketiga diisi dengan nama tim, kolom keempat berisi tanggal pertandingan, dan kolom kelima berisi waktu pertandingan.

Langkah Kedua: Tulis Rumus Berulang dan Atur Format

Setelah membuat tabel, kita harus menulis rumus berulang dan mengatur format yang sesuai agar tabel menjadi lebih rapi dan mudah dibaca. Pertama, tulis rumus berikut ini di sel A2:

=if(MOD(A2,2)=0,A2+1,A2-1)

Rumus ini berguna untuk mengatur nomor pertandingan agar selalu genap dan ganjil. Dengan cara ini, kita tidak perlu lagi repot-repot mengatur nomor pertandingan secara manual.

Selanjutnya, kita bisa mengatur format dari tabel tersebut dengan cara mengklik tombol “Format” di bagian atas program Excel. Pilih opsi “Table Style” dan pilihlah warna dan gaya yang diinginkan.

Cara Membuat Bagan Pertandingan Di Microsoft Excel Sistem Ketemu

Langkah Ketiga: Atur Jadwal Pertandingan

Setelah membuat tabel dan mengatur format, sekarang saatnya untuk mengisi jadwal pertandingan. Kita bisa mengisi tanggal dan waktu pertandingan secara manual atau dengan menggunakan rumus berikut ini di sel D2 dan E2:

=IF(DAY(A2)

=TEXT(A2,”hh:mm”)

Dengan cara ini, kita tidak perlu lagi repot-repot mengisi tanggal dan waktu pertandingan secara manual. Selanjutnya, kita bisa mengisi nama tim pada kolom kedua dan ketiga sesuai dengan keinginan.

Langkah Keempat: Buat Grafik untuk Tampilan yang Lebih Menarik

Setelah semua data diisi dengan benar, kita bisa membuat grafik yang menarik untuk bagan pertandingan tersebut. Caranya cukup mudah, yaitu dengan cara mengklik tombol “Insert” di bagian atas program Excel dan memilih opsi “Grafik”. Pilih jenis grafik yang diinginkan dan atur format sesuai dengan keinginan.

Cara Membuat Bagan Pertandingan Di Microsoft Excel Sistem Ketemu

Dengan cara ini, bagan pertandingan kita akan terlihat lebih menarik dan mudah dibaca.

F.A.Q.

Berikut adalah dua pertanyaan umum yang sering ditanyakan seputar pembuatan bagan pertandingan:

1. Apakah bisa membuat bagan pertandingan dengan program Microsoft Word?

Jawabannya adalah bisa, tetapi lebih sulit dibandingkan dengan menggunakan Microsoft Excel. Program Word memang tidak dirancang untuk membuat tabel yang kompleks atau rumus matematika yang rumit seperti di Excel. Sebaiknya gunakan Excel untuk pembuatan bagan pertandingan yang lebih mudah dan cepat.

2. Apakah ada template atau contoh bagan pertandingan yang bisa diunduh secara gratis?

Tentu saja! Anda bisa mencari template atau contoh bagan pertandingan secara gratis di internet. Cukup ketik kata kunci “template bagan pertandingan Excel” atau “contoh bagan pertandingan Excel” di mesin pencari Google atau Bing, dan banyak sekali pilihan template atau contoh yang bisa Anda unduh dan gunakan secara gratis.

Baca Juga :  Cara Membuat Kolom Excel Berhenti

Kesimpulan

Membuat bagan pertandingan tidak perlu sulit dan rumit jika kita menggunakan program Microsoft Excel. Dengan panduan lengkap di atas, kita bisa membuat bagan pertandingan dengan mudah dan cepat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!