Cara Membuat Bagan Di Excel 2013

Pernahkah kamu mengalami kesulitan dalam membuat bagan di Microsoft Word atau Excel? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini akan dijelaskan cara membuat bagan di kedua program tersebut dengan mudah dan sederhana.

Membuat Bagan di Microsoft Word
Microsoft Word merupakan program pengolah kata yang sangat familiar bagi kita semua. Selain untuk mengetik dokumen, Word juga memiliki fitur untuk membuat berbagai macam bagan, seperti bagan hierarki, bagan alur, dan bagan perbandingan. Berikut adalah cara membuat bagan di Microsoft Word:

1. Pilih jenis bagan yang diinginkan
Klik tab “Insert” di menu bar, lalu pilih “SmartArt”. Akan muncul panel “Choose a SmartArt Graphic”. Pilih jenis bagan yang diinginkan, seperti “Hierarchy”, “Process”, atau “Cycle”.

2. Tambahkan teks ke dalam bagan
Setelah memilih jenis bagan, tambahkan teks ke dalam bentuk kotak-kotak yang tersedia di dalam bagan. Untuk menambahkan kotak baru, klik kotak yang ingin ditambahkan di dalam bagan, lalu pilih “Add Shape” pada panel “SmartArt Tools”. Kamu juga bisa menambahkan teks pada kotak-kotak tersebut dengan mengkliknya dan mengetik teks yang diinginkan.

3. Ubah tata letak dan warna bagan
Pilih bagan yang telah dibuat, lalu pilih “Change Colors” pada panel “SmartArt Tools” untuk mengubah warna bagan. Kamu juga bisa mengubah tata letak bagan dengan memilih “Layouts” pada panel “SmartArt Tools”.

4. Buat tautan hyperlink pada bagan
Kamu juga bisa membuat tautan hyperlink pada bagan untuk menghubungkan satu kotak dengan kotak lainnya. Pilih kotak yang ingin dihubungkan, lalu pilih “Hyperlink” pada panel “SmartArt Tools”. Masukkan alamat URL atau pilih dokumen yang ingin dihubungkan dengan kotak tersebut.

5. Simpan dan selesai
Setelah semua tahap selesai, kamu bisa menyimpan bagan tersebut dengan cara menjadikannya sebagai gambar atau copy-paste ke dalam dokumen yang sedang di-edit.

Membuat Bagan di Microsoft Excel
Selain di Word, kamu juga bisa membuat bagan di Microsoft Excel untuk menampilkan data dalam bentuk visual yang lebih menarik. Berikut adalah cara membuat bagan di Excel:

1. Pilih data yang ingin ditampilkan
Pilih data yang ingin ditampilkan dalam bagan. Data tersebut bisa berupa angka, tanggal, atau persentase.

2. Pilih jenis bagan yang diinginkan
Kamu bisa memilih jenis bagan yang diinginkan di dalam menu “Charts” pada ribbon “Insert”. Excel memiliki berbagai jenis bagan, seperti grafik batang, grafik garis, dan pie chart.

3. Sesuaikan tampilan bagan
Setelah memilih jenis bagan, kamu bisa mengubah tampilan bagan dengan mengklik bagian-bagian di dalamnya. Misalnya, kamu bisa mengubah warna dan bentuk garis, menambahkan judul bagan, dan mengubah posisi label pada sumbu x dan y.

4. Tambahkan elemen bagan
Kamu juga bisa menambahkan elemen tambahan pada bagan, seperti legend, sumbu tambahan, atau trendline. Caranya bisa dilakukan dengan mengklik bagian-bagian di dalam bagan dan memilih opsi yang diinginkan di menu “Chart Elements”.

5. Simpan dan selesai
Setelah semua tahap selesai, kamu bisa menyimpan bagan tersebut dengan cara copy-paste ke dalam dokumen atau menyimpannya sebagai gambar.

FAQ
1. Apa beda antara bagan hierarki dan bagan alur di Microsoft Word?
Bagan hierarki menampilkan hubungan antara elemen-elemen yang berbeda dalam sebuah organisasi atau struktur. Sedangkan bagan alur menunjukkan urutan proses atau langkah-langkah yang diperlukan dalam sebuah tugas atau aktivitas.

Baca Juga :  CARA IMPORT DATA DARI EXCEL IPOS 4

2. Apa saja jenis grafik yang bisa dibuat di Microsoft Excel?
Microsoft Excel memiliki berbagai jenis grafik, seperti grafik batang, garis, area, lingkaran, batang stacked, stacked area, dan stacked 100% chart.

Video Tutorial: Membuat Bagan di Microsoft Word dan Excel

Berikut adalah video tutorial singkat tentang cara membuat bagan di Microsoft Word dan Excel:

[Video Tutorial: Membuat Bagan di Microsoft Word dan Excel]

Dalam video tersebut, akan dijelaskan secara detail langkah-langkah untuk membuat bagan di kedua program tersebut. Semoga tutorial ini bermanfaat dan membantu kamu dalam membuat bagan untuk keperluan kerja atau tugas kuliah.