CARA MEMBUAT APLIKASI PENJUALAN DENGAN MACRO EXCEL

Pada era digital ini, penggunaan Microsoft Excel tidak hanya sebatas membuat data atau tabel yang sederhana. Fungsinya sudah semakin berkembang, termasuk membantu bisnis maupun kegiatan sehari-hari seperti membuat aplikasi kasir, aplikasi penjualan bahkan aplikasi keuangan. Namun, untuk membuat aplikasi tersebut belum tentu semua orang bisa, butuh pemrograman yang cukup rumit. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana membuat aplikasi tersebut menggunakan VBA di Microsoft Excel.

Apa itu Aplikasi Kasir dan Aplikasi Penjualan?

Aplikasi kasir dan aplikasi penjualan merupakan program atau aplikasi yang berguna untuk membantu transaksi di sebuah toko atau usaha yang bergerak di bidang penjualan. Aplikasi kasir sendiri sangat membantu para pelaku usaha, pasalnya aplikasi tersebut dapat memudahkan penghitungan transaksi, mencatat stok barang, dan dapat menghasilkan laporan keuangan secara otomatis. Sedangkan aplikasi penjualan, adalah aplikasi yang digunakan untuk mencatat penjualan produk dan layanan yang dipasarkan. Aplikasi ini biasanya digunakan oleh para pemilik bisnis untuk memantau penjualan mereka sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas perusahaan secara keseluruhan. Dalam artikel ini, akan dijelaskan langkah-langkah untuk membuat aplikasi kasir dan aplikasi penjualan menggunakan VBA di Microsoft Excel.

Langkah Pertama: Memahami Struktur Aplikasi

Langkah pertama sebelum membuat aplikasi kasir atau aplikasi penjualan adalah pemahaman terhadap struktur aplikasi yang akan dibuat. Struktur aplikasi biasanya terdiri dari beberapa komponen seperti tabel-tabel untuk menyimpan data, form untuk input data, dan button-button untuk mengatur fungsi yang ada di dalam aplikasi. Dalam mengembangkan aplikasi, kita akan menggunakan bahasa pemrograman VBA (Visual Basic for Applications) yang tersedia pada Microsoft Excel.

Langkah Kedua: Membuat Tabel-Tabel untuk Menyimpan Data

Langkah kedua adalah membuat tabel-tabel yang akan digunakan sebagai database atau pengumpul data dalam aplikasi. Untuk aplikasi kasir, kita perlu membuat tabel yang terdiri dari beberapa kolom seperti kode barang, nama barang, harga, jumlah, total harga, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk aplikasi penjualan, tabel yang dibuat akan lebih kompleks yang terdiri dari kolom-kolom seperti id penjualan, tgl penjualan, id barang, nama barang, harga, jumlah, total harga, dan masih banyak lagi. Setelah membuat tabel, kita perlu memasukkan data secara manual atau dengan menggunakan import data. Data yang akan dimasukkan adalah data yang terkait dengan bisnis atau usaha yang kita jalankan.

Langkah Ketiga: Membuat Form untuk Input Data

Langkah selanjutnya adalah membuat form untuk input data yang akan digunakan untuk memasukkan data dari pelanggan atau konsumen. Form dibuat dengan menggunakan interface designer yang sudah tersedia di Microsoft Excel. Form ini berguna untuk memudahkan dalam memasukkan data, seperti kode barang, nama barang, jumlah beli, dan lainnya yang dibutuhkan. Selain itu, form juga akan menghemat waktu, karena tidak perlu lagi mengetik data satu per satu ke dalam tabel.

Langkah Keempat: Mengatur Button untuk Control Aplikasi

Langkah yang selanjutnya adalah mengatur button-button yang terdapat pada aplikasi agar dapat mengontrol alur data yang masuk atau keluar. Dalam aplikasi kasir, biasanya terdapat button untuk menambahkan, menghapus, atau mengedit data. Sedangkan pada aplikasi penjualan, button biasanya digunakan untuk mengatur data yang telah dipilih oleh pengguna dan melakukan transaksi jual beli. Untuk membuat button, dapat dilakukan dengan cara klik kanan pada form dan pilih ‘Insert Button’. Setelah itu, berikan nama button dan masukkan script atau coding agar button tersebut dapat berfungsi sesuai dengan kebutuhan.

Langkah Kelima: Membuat Laporan Keuangan

Langkah terakhir adalah membuat laporan keuangan yang dapat membantu dalam mengawasi keuangan perusahaan. Tujuan dari laporan keuangan ini adalah untuk memberikan gambaran kesehatan keuangan perusahaan berdasarkan data yang telah diinputkan. Laporan ini dapat berbentuk grafik atau data-tabel yang mudah dibaca dan dipahami. Cara membuat laporan keuangan juga bisa dilakukan dengan menggunakan VBA di Excel.

Baca Juga :  cara membuat kotak ditengah tengah excel Tabel berada excel teks ditengah tepat tengah mengatur

FAQ

Q: Apa itu Microsoft Excel?
A: Microsoft Excel adalah program pengolah data atau lembar kerja elektronik yang digunakan untuk mengolah data dalam bentuk tabel atau grafik.

Q: Apa itu VBA?
A: VBA adalah singkatan dari Visual Basic for Applications. VBA adalah bahasa pemrograman yang tersedia di Microsoft Excel untuk membuat aplikasi atau macro.

Video Tutorial: Cara Membuat Aplikasi Kasir di Microsoft Excel

Berikut adalah video tutorial cara membuat aplikasi kasir menggunakan VBA di Microsoft Excel.

[Video Tutorial Insert Link]

Video Tutorial: Cara Membuat Aplikasi Penjualan di Microsoft Excel

Berikut adalah video tutorial cara membuat aplikasi penjualan menggunakan VBA di Microsoft Excel.

[Video Tutorial Insert Link]

Setelah membaca artikel ini, diharapkan pembaca dapat memahami langkah-langkah dalam membuat aplikasi kasir atau aplikasi penjualan menggunakan VBA di Microsoft Excel. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pengusaha atau pebisnis dalam mengembangkan usaha mereka.