CARA MEMBUAT APLIKASI NILAI RAPORT DENGAN EXCEL

Pilar Dalam Pembuatan Raport Menggunakan Microsoft Excel

Dalam dunia pendidikan, raport menjadi salah satu hal yang sangat penting. Raport selalu dibutuhkan sebagai laporan nilai siswa dalam berbagai macam bentuk, dan merupakan salah satu bentuk penilaian serta evaluasi proses pembelajaran yang telah berlangsung. Oleh karena itu, raport ditinjau dari segala aspeknya, mulai dari cara pengisian hingga layout yang menarik akan sangat penting. Microsoft Excel sebagai salah satu perangkat lunak yang sering digunakan dalam membuat lembar kerja yang berbentuk tabel bisa membantu mempercepat input nilai siswa ke dalam dokumen raport.

Cara Cepat Input Nilai Raport & USBN Dapodik Tahun 2017

Cara cepat input nilai rapor dengan menggunakan Microsoft Excel bisa sangat membantu menghemat waktu dan tenaga, selain itu cara ini juga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengolahan data. Dalam ulasan ini akan dijelaskan langkah-langkah pembuatan lembar kerja raport menggunakan Microsoft Excel dan akan diberikan tips dan trik dalam menghemat waktu.

Langkah Pertama: Membuat Tabel Raport

Langkah pertama dalam membuat raport adalah membuat tabel. Membuat tabel ini sangat mudah dengan Microsoft Excel. Sebelum memulai mengisi tabel raport, pastikan bahwa Microsoft Excel yang digunakan adalah Microsoft Excel 2007 atau versi yang lebih baru, dan juga pastikan bahwa Microsoft Excel sudah terbuka. Kemudian, lakukan langkah-langkah berikut:

1. Pilihlah tab “Insert” yang terletak di sebelah kiri atas pada baris menu pada lembar kerja Microsoft Excel.

2. Gulir ke bawah ke area tabel dan pilih opsi “Table”. Berikut langkah-langkah membentuk tabel pada Excel.

CARA MEMBUAT APLIKASI NILAI RAPORT DENGAN EXCEL

Membentuk tabel pada Excel

3. Excel akan menanyakan kisaran sel mana yang Anda inginkan agar membentuk tabel.

4. Pilihlah sel yang Anda inginkan dan pilih tabel. Selanjutnya kita harus menentukan jenis tabel seperti apa yang akan dibuat. Di sini kita akan menggunakan kolom dan baris defaul dari Microsoft Excel. Pilih jenis tabel maka tabel tersebut akan terbentuk di lembar kerja Excel Anda. Setelah lembar kerja raport telah terbentuk, maka Anda dapat memulai mengisi data, termasuk nisn, nama siswa, berbagai macam mata pelajaran, serta nilai yang didapat.

5. Langkah selanjutnya adalah mengisi data, yang mencakup nisn, nama siswa, nama mata pelajaran, serta nilai yang didapat oleh siswa. Nah, pada tahap inilah, Microsoft Excel benar-benar membantu meningkatkan efisiensi, karena nilai siswa bisa diinput dalam satu waktu. Namun sebelum melakukan input, harus dibuatkan formula dahulu. Formula ini nantinya bisa digunakan lagi untuk sel-sel yang kosong.

6. Langkah ini sangat penting, yaitu mengatur kolom batas semester saat membuat raport. Langkah ini bertujuan untuk memudahkan memasukkan data ke dalam tabel raport. Batas semester ini bisa menjadi pembatas nilai raport semester 1 dan semester 2, sehingga nilai pada setiap mata pelajaran pun bisa lebih tertata dan teratur.

Selanjutnya, setiap data yang diinputkan haruslah terstruktur dengan baik. Kebanyakan siswa memiliki enam sampai delapan mata pelajaran, jadi kita harus memikirkan yang terbaik agar raport dapat dilihat dengan mudah dan efisien. Agar raport lebih menarik dan mudah dibaca, desain layout yang baik dan menarik harus dipilih. Beberapa fitur yang bisa dipilih antara lain warna, ukuran font, pengaturan spasi, serta font bold atau italic. Hal ini bisa membantu untuk menonjolkan nama siswa, nilai raport dan materi lainnya.

Cara Membuat Raport Dengan Excel

Selanjutnya adalah cara membuat raport dengan Excel. Sebenarnya, cara ini hampir sama dengan cara di atas, bedanya adalah pada langkah-langkah tambahan saat membuat raport. Di bawah ini adalah langkah-langkahnya:

1. Buka file Microsoft Excel baru dan mulailah membuat tabel dengan meletakkan nama siswa pada baris pertama dari tabel, dan selanjutnya, di bawah nama siswa, masukkan nama mata pelajaran serta nilai siswa.

2. Setelah lengkap, pilihlah data yang ingin disertakan dalam raport. Pilihlah area cells Excel yang ingin ditampilkan dalam raport, kemudian pilih tombol “Format”. Berikut ini adalah tampilan tombol “Format” dalam Excel.

Tombol Format

Tombol Format

3. Pilih “Conditional Formatting”. Selanjutnya, pilih opsi “Data Bars”. Pilih “Conditional Formatting Rules Manager” untuk memodifikasi peraturan pengaktifan.

4. Klik tombol “New Rule” untuk menambahkan aturan baru. Dalam jendela “New Formatting Rule” Anda dapat memilih dari beberapa opsi, seperti aturan standar atau membuat sendiri. Pilihlah aturan yang sesuai dengan kebutuhan raport Anda.

5. Setelah aturan selesai, excel akan membuat grafik nilai otomatis. Selanjutnya, pilihlah area sel pada table, pilih “Insert” lalu pilih “Chart”. Pilihlah jenis chart yang sesuai dengan tampilan yang Anda inginkan.

Baca Juga :  cara membuat mailing dari excel ke word saat nilai koma Cara merge

Secara keseluruhan, membuat raport dengan Excel bisa sangat efisien dan efektif dengan langkah-langkah mudah dan sederhana.

Membuat Kalender Elastis di Ms Excel

Selain disiplin ilmu seperti matematika dan fisika, Microsoft Excel juga dapat dipakai untuk membuat kalender. Bagi Anda yang sedang mengikuti sebuah organisasi atau bahkan memiliki bisnis sendiri, membuat kalender di Excel bisa sangat berguna.

Langkah-langkah membuat kalender elastis di Ms Excel adalah sebagai berikut:

1. Mulailah membuat header pada tabel pada lembar kerja Microsoft Excel.

2. Buat tabel selama 52 minggu, dimulai pada 1 Januari dan berakhir pada 31 Desember.

3. Setelah itu, tambahkan kolom nol di bagian kiri dan bawah tabel Excel. Kolom ini akan dimanfaatkan sebagai kolom untuk tanggal pada kalender Anda.

4. Selanjutnya, tambahkan kolom baru di sebelah kiri dan bagian atas tabel Excel. Kolom ini akan dimanfaatkan sebagai keterangan pada kalender Anda.

5. Setelah itu, tambahkan formula Excel di kolom tengah pada kolom tanggal yang telah dibuat. Untuk tanggal 1, rumusnya adalah sama dengan tahun sebelumnya, tanggal 1, atau 31 Desember. Untuk tanggal berikutnya, tinggal ditambahkan nilai 1 di tanggal sebelumnya.

6. Selanjutnya, berikan kolom warna yang berbeda untuk hari kerja, akhir pekan, hari libur, dan event khusus lainnya.

7. Setelah seluruh langkah tersebut selesai dilakukan, kalender pun siap di cetak. Pastikan hasil cetakan berukuran sesuai, terorganisir dengan baik, dan adapun spasi kosong yang dapat diisi oleh keperluan lain.

Tips dan Trik untuk Membuat Raport Efektif Dengan Microsoft Excel

Membuat raport dengan menggunakan Microsoft Excel tentu saja menguntungkan bagi para guru dan bahkan kepala sekolah, khususnya dalam pengolahan data siswa, bila mereka tahu cara memanfaatkannya dengan baik. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik dalam menggunakan Microsoft Excel untuk membuat raport:

1. Buat raport yang mencakup seluruh siswa dalam kelas. Ini akan membantu guru terus memantau, mengingat, dan mengetahui perkembangan setiap siswa.

2. Gunakan warna yang kontras untuk membagi atau menunjukkan semangat di antara nilai atau subjek yang berbeda. Namun, jangan menggunakan warna terlalu banyak atau mencolok sehingga membingungkan atau tidak jelas.

FAQ

Pertanyaan 1: Bisa gak sih menggunakan software lain untuk membuat raport di luar Microsoft Excel?

Jawaban: Jawabannya bisa. Ada banyak macam software untuk membuat raport, sepertinya bukan masalah software. Namun, Microsoft Excel selalu menjadi salah satu platform andalan dalam membuat raport karena fleksibilitas dan kemampuannya dalam melakukan perhitungan fungsi-fungsi tertentu.

Pertanyaan 2: Apa saja keuntungan menggunakan Microsoft Excel dalam pembuatan lembar kerja raport dibanding software lain?

Jawaban: Microsoft Excel sangat mudah digunakan dan sangat populer dalam pengolahan data. Mulai dari manajemen keuangan, proggraming, dan bahkan pembuatan raport, Excel dapat mempercepat proses kerja dan membuatnya jauh lebih efisien dan terorganisir. Oleh karena itu, Microsoft Excel menjadi pilihan kedua setelah software akuntansi perusahaan bagi organisasi yang membutuhkan software dengan kualitas dan efektivitas tinggi.

Video Tutorial Membuat Raport Dengan Excel

Berikut adalah video tutorial tentang cara membuat raport dengan Microsoft Excel.

Dalam video ini, teknik-teknik dalam membuat data, membuat header, dan menandai sel yang kosong dicontohkan dengan jelas dan lengkap. Selain itu, penggunaan format untuk mengatur presentasi data juga diberikan, sehingga rapor yang dibuat tetap mudah dipahami dan menarik.

Penutup

Dari ulasan di atas, Microsoft Excel terbukti sangat membantu dalam pembuatan raport, kalender, dan pengolahan data lainnya. Selain efisien dan mudah digunakan, Excel juga sangat fleksibel. Tetapi, apapun software yang digunakan, yang lebih penting adalah tampilan raport yang baik agar lebih mudah dipahami dan efektif dalam memonitor perkembangan siswa. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu dalam membuat raport untuk kedepannya.