CARA MEMBUAT APLIKASI ANTRIAN DENGAN EXCEL

Apakah Anda pernah menunggu berjam-jam untuk mendapatkan nomor antrian di loket pelayanan? Hal tersebut biasa terjadi terutama pada layanan publik seperti kantor pelayanan administrasi, Rumah Sakit, dan sekolah. Namun sekarang, Anda bisa membuat aplikasi antrian sendiri menggunakan Microsoft Excel.

Mengapa Perlu Membuat Aplikasi Antrian Dalam Microsoft Excel?

Kita semua tahu bahwa sarana untuk membuat aplikasi antrian sekarang sangatlah banyak, mulai dari aplikasi berbayar hingga aplikasi open source. Tapi mengapa kita memilih untuk membuat aplikasi antrian menggunakan Microsoft Excel?

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi office yang sangat dikenal dan digunakan di seluruh dunia, tidak ada alasan untuk tidak memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat aplikasi antrian.

Selain itu, Microsoft Excel juga sangat mudah digunakan bahkan oleh orang yang tidak berpengalaman dalam pemrograman. Anda hanya perlu mengatur beberapa rumus dan fungsi mengikuti panduan dalam artikel ini, dan Anda akan memiliki aplikasi antrian yang siap digunakan.

Sebelum memulai membuat aplikasi antrian menggunakan Microsoft Excel, pastikan Anda sudah mengunduh atau membeli Microsoft Excel yang tepat untuk kebutuhan Anda. Anda dapat mengunduh aplikasi ini dari situs web resmi Microsoft atau membelinya dari penjual software resmi.

Cara Membuat Aplikasi Antrian Dalam Microsoft Excel

Lanjutkan ke tutorial cara membuat aplikasi antrian dalam Microsoft Excel. Ikuti tutorial ini mulai dari awal hingga akhir untuk membuat aplikasi antrian yang lengkap menggunakan Microsoft Excel.

Tahap 1: Inisialisasi Aplikasi Antrian

Pertama, buka Microsoft Excel dan buat file baru. Atur format dan ukuran lembar kerja seperti yang Anda inginkan.

Kemudian, buat judul untuk aplikasi antrian Anda, misalnya “Aplikasi Antrian Proses Produksi”. Tulis judul ini di sel A1.

CARA MEMBUAT APLIKASI ANTRIAN DENGAN EXCEL

Pada baris kedua, tulis “Nomor Antrian” di sel A2, “Nama Pelanggan” di sel B2, dan “Waktu Panggilan” di sel C2.

Pada baris ketiga, masukkan nomor antrian awal dan nama pelanggan pertama dalam kolom A dan B. Untuk kolom C, Anda bisa menuliskan rumus sehingga dapat menghitung waktu panggilan pelanggan.

Rumus yang dapat digunakan untuk ini adalah:

=NOW()+TIME(0,5,0)

Ini secara efektif mengambil waktu saat ini dan menambahkan lima menit ke depannya untuk menjadi waktu panggilan. Jika waktu panggilan tidak cocok, Anda bisa mengubah rumus yang digunakan.

Jika semua isi sudah dimasukkan, maka inisialisasi aplikasi antrian sudah selesai. Anda bisa melanjutkan tutorial ke tahap selanjutnya.

Tahap 2: Membuat Fungsi Antrian

Setiap aplikasi antrian harus memiliki fungsi yang dapat memproses daftar antrian dan memberikan nomor antrian yang baru kepada pelanggan berikutnya.

Untuk membuat fungsi antrian dalam aplikasi Excel, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka jendela Visual Basic dengan mengeklik CTRL + F11.
  2. Mulai prosedur dengan menulis kode ini:
Private Sub buatNomorAntrian()
  1. Atur nomor awal dengan menulis kode ini:
Dim nomorAntrian As Integer
nomorAntrian = Range("A3").Value
  1. Tambahkan satu nomor antrian dengan menulis kode ini:
nomorAntrian = nomorAntrian + 1
Range("A3").Value = nomorAntrian
  1. Simpan prosedur dengan mengeklik tombol “Save” di toolbar Visual Basic.
  2. Kembali ke lembar kerja Excel dan tambahkan tombol “Buat Nomor Antrian Baru”.
  3. Pilih ikon tombol di toolbar, kemudian klik di lokasi di mana toolbar akan muncul.
  4. Pilih “Buat Nomor Antrian Baru” sebagai nama tombol.
  5. Tambahkan kode yang dibuat sebelumnya ke dalam tombol.

Setelah semua kode di atas dimasukkan, maka Anda sudah berhasil membuat fungsi antrian dalam aplikasi Excel. Sekarang, ketika tombol “Buat Nomor Antrian Baru” ditekan, nomor antrian baru akan otomatis muncul.

Baca Juga :  Membuat Grafik Progress Di Excel

Tahap 3: Penambahan Fitur Antrian Pelanggan

Selanjutnya, mari tambahkan fitur antrian pelanggan dalam aplikasi Excel Anda. Dalam fitur ini, Anda akan memberikan nomor antrian pada setiap pelanggan dan menuliskan nama mereka pada daftar antrian.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menambahkan fitur ini:

  1. Tambahkan sebuah tombol “Tambahkan Pelanggan Baru” ke toolbar Excel Anda.
  2. Buka jendela Visual Basic dan buat prosedur yang terkait.
  3. Tuliskan kode untuk menambahkan nomor antrian baru dan nama pelanggan pada daftar antrian.
  4. Simpan prosedur.

Sekarang, ketika tombol “Tambahkan Pelanggan Baru” ditekan, semua informasi pelanggan akan muncul pada daftar antrian. Anda dapat mengulangi proses ini sebanyak yang Anda inginkan hingga daftar antrian terisi penuh.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin ingin menambahkan fitur untuk memperbarui dan menghapus informasi pelanggan dari daftar antrian. Ini dapat dicapai dengan beberapa penyesuaian kecil pada kode yang sudah Anda buat.

Dalam kebanyakan kasus, aturan antrian sepenuhnya tergantung pada bisnis Anda atau tujuan aplikasi antrian ini. Jadi, silakan ubah atau menyesuaikan fitur antrian yang sudah kami jelaskan di atas agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

FAQ

1. Apakah saya harus membeli Microsoft Excel untuk menggunakan tutorial ini?

Ya, Anda memerlukan program Microsoft Excel untuk mengikuti tutorial ini. Anda dapat mengunduh aplikasi ini dari situs web resmi Microsoft atau membelinya dari penjual software resmi.

2. Bisakah saya melihat contoh video tentang pembuatan aplikasi antrian di Microsoft Excel?

Ya, kami telah menyertakan video tutorial yang menjelaskan langkah-langkah pembuatan aplikasi antrian di Microsoft Excel. Semoga video tersebut bisa membantu Anda dalam memahami tutorial ini.