Cara Membuat Angka Menjadi Huruf Menggunakan Vlookup Di Excel

Halo teman-teman, kali ini kita akan membahas tentang rumus-rumus Microsoft Excel yang dapat memudahkan pekerjaan kita di kantor atau bahkan di rumah. Tetapi, jangan takut ya, kita akan membahas dengan cara yang santai dan menghibur sehingga belajar menjadi menyenangkan. Yuk, kita mulai!

Rumus Excel Menulis Terbilang

Cara Membuat Angka Menjadi Huruf Menggunakan Vlookup Di Excel

Kalau teman-teman pernah membuat laporan keuangan di Excel, pasti pernah dong mengalami kesulitan untuk menuliskan angka dalam bentuk terbilang? Jangan khawatir, karena Excel memudahkan kita dengan rumus “spell out” yang akan menuliskan angka dalam bentuk terbilang! Yuk, kita coba!

Pertama-tama, buatlah laporan keuangan seperti biasa, lalu pada kolom terbilang, kita akan menambahkan rumus =SpellNumber(). Contohnya seperti di bawah ini:

Contoh penggunaan rumus spell out

Cara kerja rumus ini sangat mudah, kita tinggal memasukkan angka ke dalam tanda kurung dan rumus akan mengubahnya menjadi kata-kata terbilang. Tapi ingat, rumus ini hanya dapat menulis angka hingga 11 digit. Jika angka yang kita masukkan lebih besar, maka akan muncul pesan kesalahan.

Rumus Excel Ambil Karakter

Rumus Excel Ambil Karakter

Bagi teman-teman yang biasa bekerja dengan data, pasti sering kan menemukan data yang panjang dan tidak teratur? Misalnya data-nama yang panjangnya mencapai puluhan karakter, atau nomor telepon yang terdapat karakter-khusus seperti (+) atau (-). Nah, dengan menggunakan rumus LEFT, MID, dan RIGHT di Excel, kita bisa mengambil karakter-karakter tertentu dari data tersebut.

Misalnya kita memiliki data-nama seperti ini:

Contoh data-nama

Kita ingin memisahkan nama depan dan nama belakang dari data tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan rumus LEFT dan FIND. Pertama-tama, kita akan mencari tanda spasi pada data dengan rumus FIND:

Baca Juga :  CARA MEMBUAT HURUF ACAK DI EXCEL

Contoh penggunaan rumus find

Pada rumus di atas, kita mencari posisi spasi pada sel A2. Hasilnya adalah angka 10, yang artinya spasi terdapat pada karakter ke-10. Selanjutnya, kita menggunakan rumus LEFT untuk mengambil karakter dari kiri hingga posisi spasi:

Contoh penggunaan rumus left

Hasilnya adalah nama depan dari data-nama tersebut. Untuk mendapatkan nama belakang, kita bisa menggunakan rumus yang sama, tetapi dengan memanfaatkan rumus MID untuk mengambil karakter dari posisi spasi sampai akhir data.

FAQ

1. Bagaimana cara menghitung jumlah kolom atau baris di Excel?

Cara yang paling mudah untuk menghitung jumlah baris atau kolom di Excel adalah dengan menggunakan fitur COUNT. Misalnya kita ingin menghitung jumlah baris pada data yang terdapat pada range A2:A100. Kita hanya perlu memasukkan rumus berikut:
=COUNT(A2:A100)

Hasilnya akan menunjukkan jumlah baris pada range tersebut.

2. Bagaimana cara mencari data yang sesuai dengan kriteria tertentu dalam Excel?

Untuk mencari data yang sesuai dengan kriteria tertentu dalam Excel, kita bisa menggunakan rumus FILTER. Misalnya kita memiliki data tabel seperti di bawah ini:

Contoh data tabel

Kita ingin mencari semua produk yang dijual dengan harga lebih dari Rp 50.000,-. Caranya adalah dengan menggunakan rumus FILTER seperti berikut:

Contoh penggunaan rumus filter

Pada rumus di atas, kita memilih range data A2:D11 sebagai sumber data, dan kolom B sebagai kolom kriteria. Kriteria yang kita pilih adalah harga lebih besar dari Rp 50.000,-. Hasilnya adalah data yang dijual dengan harga di atas Rp 50.000,-.

Video Tutorial

Untuk teman-teman yang ingin lebih memahami penggunaan rumus Excel, bisa juga nih lihat video tutorial di bawah ini:

Nah, itulah beberapa rumus Excel yang dapat memudahkan pekerjaan kita di kantor atau bahkan di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk terus belajar ya!

Baca Juga :  CARA MEMBUAT DATA EXCEL DENGAN SISIPAN WAKTU REALTIME