Cara Membuat Alinea Baru Dalam Satu Kolom Excel

Cara Membuat Alinea Baru Dalam Satu Kolom di Excel

Melakukan Pemisahan Data pada Aplikasi Excel

Cara Membuat Alinea Baru Dalam Satu Kolom Excel

Beberapa orang cenderung kurang memahami bagaimana melakukan pemisahan data dalam satu kolom pada aplikasi Microsoft Excel. Padahal, ini sangatlah mudah dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan shortcut key atau kombinasi tombol. Caranya adalah dengan menyorot kolom mana yang akan dipisahkan, kemudian menekan tombol ALT+Enter pada keyboard. Langkah ini akan memindahkan atau membuat alinea baru dalam satu kolom.

Membuat Alinea Baru dalam Satu Kolom Excel dengan Beberapa Metode

Membuat Alinea Baru dalam Satu Kolom Excel dengan Beberapa Metode

Saat menggunakan aplikasi Excel, terkadang Anda akan menemukan beberapa sel yang tidak dapat dipindahkan karena merge. Pada umumnya, data merge digunakan dengan tujuan menggabungkan sel-sel, sehingga akan memudahkan untuk manipulasi data dalam sebuah tabel. Namun, kadang-kadang, merge sel juga dapat menyebabkan kesulitan untuk melakukan pemisahan data dalam satu kolom. Berikut adalah beberapa metode untuk melakukan pemisahan data ketika Anda menemukan sel yang sudah di-merge:

  • Menu Ungroup : Anda dapat menggunakan menu Ungroup untuk memisahkan data yang ada pada sel yang sudah di-merge. Caranya adalah dengan memilih menu Data, kemudian pilih Group, lalu klik Remove Group. Setelah itu, sel-sel yang sudah di-merge dapat dipisahkan.
  • Menu Split : Cara lainnya adalah dengan menggunakan menu Split. Menu ini akan memungkinkan Anda untuk memisahkan data pada sel yang sudah di-merge menjadi beberapa sel baru. Caranya adalah dengan memilih menu Data, kemudian pilih Text to Column, lalu pilih Split. Pastikan untuk menyesuaikan pengaturan Split Column yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Shortcut Key ALT+Enter : Cara yang paling mudah untuk memisahkan data pada sel yang sudah di-merge adalah dengan menggunakan shortcut key ALT+Enter. Menekan tombol tersebut akan membuat spasi kosong untuk membuat alinea baru pada baris sel yang sama.

Cara Membuat Dua Baris dalam Satu Kolom Excel

Cara Membuat Dua Baris dalam Satu Kolom Excel

Beberapa contoh tabel di excel kadang tidak terlalu memperhatikan ketentuan tata letak yang biasanya mengharuskan sel pada satu baris dobing atau lebih. Salah satu yang biasanya terjadi adalah satu baris mengalami overflow atau keluar dari pembedaan antar kolom yang digunakan. Padahal, solusinya sangatlah mudah, yaitu dengan membuat dua baris dalam satu kolom. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi overflow pada satu baris melalui metode ini:

  • Shortcut Key ALT+Enter : Saat isi alinea pada satu sel Excel akan kena overflow maka solusinya adalah dengan menekan ALT+Enter pada keyboard. Langkah ini akan memindahkan atau membuat alinea baru atau dobing pada sel yang sama. Langkah ini membuat lebih banyak baris ke dalam satu kolom Excel. Maka baris kedua akan muncul di atasnya atau menggeser alinea yang sebelumnya terpendam.
  • Melakukan Merge Sel : Anda juga dapat menggunakan metode merge sel untuk membuat dua baris dalam satu kolom pada Excel, namun Anda harus hati-hati saat melakukannya, karena jika tidak teliti bisa menyebabkan masalah dalam pengaturan data. Caranya adalah dengan memilih sel atau baris yang akan digabung, lalu tekan tombol kanan pada mouse, dan pilih Merge Cells.
  • Memisahkan Data : Cara mudah lainnya adalah dengan memisahkan data sehingga bebas dari overflow. Dalam hal ini, Anda dapat memilih cell yang overflow dan kemudian pindahkan ke sel lain atau bahkan baris lain. Caranya adalah dengan menggunakan menu Copy and Paste.
Baca Juga :  RUMUS CARA MENCOCOKAN DATA PADA EXCEL

FAQ

1. Bagaimana cara memisahkan satu kolom pada aplikasi Excel?

Anda dapat melakukan pemisahan kolom pada aplikasi Excel dengan menggunakan beberapa metode, seperti shortcut key ALT+Enter, menggunakan menu Ungroup atau menu Split, atau dengan memilih kolom yang akan dipisah menggunakan menu Text to Column, lalu pilih opsi yang sesuai.

2. Apakah terdapat metode lain selain Shortcut Key ALT+Enter untuk membuat dua baris dalam satu kolom di Excel?

Ya. Selain Shortcut Key ALT+Enter, Anda juga dapat menggunakan metode Merge Sel untuk membuat dua baris dalam satu kolom di Excel, namun metode ini bisa menimbulkan masalah jika Anda tidak hati-hati saat membuatnya. Anda dapat memilih sel atau baris yang akan digabung, lalu tekan tombol kanan pada mouse, dan pilih Merge Cells.

Video Tutorial: Cara Membuat Alinea Baru Dalam Satu Kolom Excel dan Dua Baris Dalam Satu Kolom Excel