Cara Membuat Akuntansi Perusahaan Dagang Excel

Perusahaan dagang merupakan jenis bisnis yang menghasilkan keuntungan dari penjualan barang atau jasa. Sebagai sebuah perusahaan, tentunya mereka memerlukan Akuntansi sebagai suatu sistem pengukuran kegiatan keuangan. Akuntansi ini mengukur transaksi keuangan dan memberikan informasi untuk membantu perusahaan membuat keputusan yang bijak.

Jurnal Umum Tabel Akuntansi Dasar

Cara Membuat Akuntansi Perusahaan Dagang Excel

Tabel Akuntansi Dasar ini memberikan informasi pada perusahaan untuk memahami konsep jurnal umum. Dalam jurnal umum, semua transaksi perusahaan dicatat secara kronologis. Hal ini memudahkan perusahaan dalam melacak transaksi keuangan yang terjadi.

Pada tabel ini, terdapat beberapa kolom informasi penting yang harus diisi oleh perusahaan ketika mencatat transaksi keuangan, di antaranya adalah tanggal transaksi, rincian transaksi, dan nomor akun. Nomor akun yang dimaksud adalah kode perekamakan akuntansi yang dipakai perusahaan untuk mengkategorikan transaksi keuangan.

Mudah Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Dengan Excel

Laporan Keuangan

Setelah semua transaksi keuangan dicatat, perusahaan perlu menyusun laporan keuangan secara periodik untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan dan membuat keputusan bisnis yang tepat. Salah satu alat bantu yang dapat digunakan adalah Microsoft Excel.

Dalam video tutorial ini, penjelasan cara menyusun laporan keuangan perusahaan dagang menggunakan Excel cukup lengkap dan mudah dipahami. Bahkan bagi orang yang tidak memiliki latar belakang akuntansi pun dapat mengikuti tutorial ini.

Cara Membuat Buku Besar Perusahaan Dagang

Buku Besar

Buku besar merupakan keseluruhan catatan transaksi dari semua akun yang terkait dengan transaksi perusahaan. Buku besar ini sangat penting karena dapat membantu perusahaan untuk menghitung saldo akhir yang harus dilaporkan dalam laporan keuangan.

Tabel yang ada pada artikel ini memperlihatkan contoh buku besar beserta format yang harus diikuti oleh perusahaan ketika mencatat transaksi keuangan ke dalam buku besar. Perusahaan sebaiknya membuat buku besar secara teratur dan menyimpannya dengan baik agar mudah dalam proses audit.

Akuntansi Excel, Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel

Akuntansi Excel

Microsoft Excel merupakan salah satu program aplikasi yang banyak digunakan oleh perusahaan. Salah satunya adalah untuk akuntansi. Dalam artikel ini, dapat dilihat langkah-langkah cara membuat laporan keuangan di Excel.

Hal pertama yang dilakukan adalah mempersiapkan data keuangan perusahaan dan melakukan penghitungan dasar. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah membuat tabel agar data keuangan bisa dimasukkan ke dalamnya. Lalu, susun data tersebut pada tabel yang telah dibuat untuk membuat laporan keuangan.

Contoh Jurnal Khusus Perusahaan Dagang

Jurnal Khusus

Jurnal khusus pada perusahaan dagang adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi yang berhubungan dengan barang. Dalam artikel ini terdapat contoh konkrit pengisian jurnal khusus yang dapat dijadikan referensi oleh perusahaan dagang dalam pengisian jurnal khusus.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan jurnal umum?

Jurnal umum adalah catatan transaksi keuangan perusahaan secara kronologis. Tujuan dari pencatatan jurnal umum adalah sebagai alat bantu untuk melacak transaksi keuangan yang terjadi dan mempermudah dalam proses penyusunan laporan keuangan.

2. Apakah semua perusahaan harus memiliki buku besar?

Ya, buku besar diperlukan oleh semua perusahaan karena ini adalah catatan transaksi keuangan yang sangat penting. Buku besar membantu dalam menghitung saldo akhir yang harus dilaporkan dalam laporan keuangan dan menjadi referensi penting ketika proses audit. Oleh karena itu, disarankan bagi perusahaan untuk membuat buku besar secara teratur dan menyimpannya dengan baik.

Baca Juga :  Cara Membuat Registrasi Di Excel 2010