Cara Membuat Agar Settingan Excel Tidak Berubah Ke Default

Excel merupakan salah satu aplikasi yang sangat populer digunakan dalam dunia kerja maupun pendidikan. Pada dasarnya, Excel adalah suatu aplikasi pengolah data yang memungkinkan penggunanya untuk dapat mengatur data secara sistematis dan mudah diolah. Namun, terkadang kendala yang sering dihadapi oleh pengguna Excel adalah saat file Excel yang telah dibuat dan diatur dengan baik tersebut dikirimkan atau dibagikan ke orang lain. Ada banyak kasus dimana para pengguna Excel mengeluhkan bahwa file Excel yang mereka buat telah berubah formatnya atau terpotong saat digunakan di komputer orang lain.

Cara Membuat Agar Settingan Excel Tidak Berubah Ke Default Agar Format Excel Tidak Berubah Di Komputer Lain

Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan membahas cara mengatasi masalah ini dan memberikan tips agar format Excel yang telah dibuat tetap sama di komputer orang lain. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah ini:

1. Menggunakan Fitur “Save As”

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah format Excel yang berubah saat digunakan di komputer orang lain adalah dengan menggunakan fitur “Save As”. Dalam fitur ini, kita dapat menentukan jenis file yang ingin disimpan dan dapat memilih pilihan “Excel Workbook” atau “Excel 97-2003 Workbook” pada “Save as Type”. Dengan memilih “Excel Workbook”, format file yang dibuat akan disimpan dalam bentuk file Excel yang lebih baru dan lebih kompatibel dengan versi Excel yang terbaru. Namun, jika dipakai pada komputer yang menggunakan versi Excel yang lebih lama, maka file mungkin akan terbuka dengan sedikit berbeda dari yang diharapkan. Sebaliknya, jika memilih “Excel 97-2003 Workbook”, file Excel yang dibuat akan disimpan dalam format yang lebih lama dan lebih kompatibel dengan versi Excel yang lebih lama. Hal ini akan memastikan bahwa file Excel akan terbuka dan diatur dengan benar saat digunakan di komputer orang lain.

2. Menjaga Format Dokumen Tetap Sama

Selain itu, cara lain yang dapat dilakukan untuk menjaga format Excel tetap sama di komputer orang lain adalah dengan menjaga format dokumen tetap sama. Untuk melakukannya, klik “File” dan pilih “Options”. Pilih “Advanced” dan gulir ke bawah hingga menemukan “When calculating this workbook”. Dalam opsi ini, pastikan opsi “Set precision as displayed” dan “Use 1904 date system” tidak dicentang. Dengan melakukan hal ini, kita dapat memastikan bahwa format dokumen Excel akan tetap sama dan tidak berubah saat digunakan di komputer orang lain.

Cara Mengunci Tabel Agar Tidak Bisa Diedit dan Dihapus - YouTube Cara Mengunci Tabel Agar Tidak Bisa Diedit dan Dihapus

Selain masalah format Excel yang berubah saat digunakan di komputer orang lain, masalah yang sering ditemui oleh pengguna Excel lainnya adalah masalah keamanan. Khususnya untuk file Excel yang berisi data yang sangat penting seperti data keuangan, data pribadi, atau data yang bersifat rahasia lainnya, tentunya kita sangat memperhatikan faktor keamanannya. Salah satu cara untuk menjaga keamanan dokumen Excel adalah dengan mengunci tabel agar tidak bisa diedit dan dihapus. Berikut ini adalah cara-caranya:

1. Menggunakan Fitur “Protect Sheet”

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengunci tabel di Excel adalah dengan menggunakan fitur “Protect Sheet”. Dalam fitur ini, kita dapat menentukan kata sandi untuk melindungi lembar kerja Excel dari pengguna yang tidak berwenang memodifikasinya. Pertama-tama, kita bisa menentukan sel mana saja yang ingin dilindungi. Setelah itu, pilih “Review” dan pilih “Protect Sheet”. Pilih opsi “Protect worksheet and contents of locked cells” dan centang “Select locked cells” dan “Format cells”. Klik “OK” dan atur kata sandi untuk melindungi lembar kerja. Setelah itu, sel yang telah dilindungi tidak akan bisa diedit atau dihapus kecuali dengan memasukkan kata sandi yang telah ditentukan.

Baca Juga :  CARA BUKA FILE EXCEL YANG DI PASSWORD

2. Menggunakan Fitur “Data Validation”

Cara kedua untuk mengunci tabel di Excel adalah dengan menggunakan fitur “Data Validation”. Melalui fitur ini, kita bisa membatasi data yang dimasukkan ke dalam sel tertentu. Caranya adalah dengan memilih sel tertentu dan klik “Data” dan “Data validation” pada menu tab. Pilih “List” pada “Allow” dan masukkan data yang ingin dibatasi. Centang “In-cell dropdown” dan “Ignore blank”. Klik “OK” dan selain data yang dimasukkan dari daftar, tidak akan bisa diisi dalam sel tersebut.

FAQ

Pertanyaan 1: Apakah ada fitur lain yang dapat digunakan untuk mengunci tabel di Excel selain dari “Protect Sheet” dan “Data Validation”?

Jawaban: Ya, ada beberapa fitur lain yang dapat digunakan untuk mengunci tabel di Excel, seperti menggunakan VBA macro, menggunakan tombol “Form Control”, dan menggunakan fitur “Data form”

Pertanyaan 2: Apakah video tutorial tentang cara mengunci tabel di Excel tersedia di YouTube?

Jawaban: Ya, tersedia banyak video tutorial di YouTube yang menjelaskan bagaimana cara mengunci tabel di Excel dengan beragam metode yang berbeda. Salah satu contoh video tutorialnya dapat diakses di https://www.youtube.com/watch?v=uSiELzejDXg.

Dengan mengikuti tips dan trik yang telah kami jabarkan di atas, diharapkan para pengguna Excel dapat mengatasi masalah format Excel yang berubah saat digunakan di komputer orang lain dan dapat menjaga keamanan dokumen Excel dengan cara yang efektif. Tentunya, cara-cara tersebut masih beragam dan dapat bervariasi tergantung dari versi Excel yang digunakan serta kebutuhan pengguna. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mencari informasi lebih lanjut dan menyesuaikan cara-cara tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.