Menjalankan bisnis membutuhkan manajemen yang baik dan salah satunya adalah mencatat absensi karyawan dengan benar dan akurat. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat absensi karyawan, mulai dari membuat form di Google Drive hingga menggunakan Microsoft Excel.
Cara Membuat Absen Bulan Di Excel
Jika Anda memilih untuk menggunakan Microsoft Excel sebagai alat untuk membuat absensi karyawan, berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti:
- Buka Microsoft Excel dan buat lembar kerja baru.
- Tambahkan judul pada kolom A dan B, misalnya “Nama Karyawan “dan “Hadir/Tidak Hadir”.
- Buat daftar karyawan di kolom A dan gunakan rumus IF pada kolom B untuk menandai apakah karyawan tersebut hadir atau tidak hadir.
- Catat data absensi setiap hari dan susun informasi tersebut dengan baik supaya lebih mudah untuk dilihat.
- Gunakan formula SUM untuk menghitung jumlah karyawan yang telah hadir selama sebulan dan tentukan jumlah absensi yang dibutuhkan untuk mendapat bonus.
Langkah-langkah tersebut sangat mudah dan dapat dilakukan dengan sangat cepat dan efisien. Selain itu, mengelola absensi karyawan di Microsoft Excel juga memudahkan administrator untuk melacak absensi karyawan dan menghitung bonus yang akan diberikan pada saat akhir kontrak.
Format Absen Guru Per Jam
Bagi guru yang mengajar di tempat-tempat tertentu seperti rumah belajar, absensi yang dilakukan berbeda dengan absensi yang dilakukan oleh karyawan harian di kantor. Biasanya, absensi guru dihitung berdasarkan jumlah jam mengajar.
Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat absensi guru per jam:
- Buka Microsoft Excel dan buat lembar kerja baru.
- Tambahkan kolom untuk tanggal, waktu mulai, waktu selesai, dan jumlah jam telah diajar.
- Pilih format sel pada kolom “Tanggal” dan masukkan tanggal serta bulan.
- Input data waktu mulai dan waktu selesai pada kolom “Waktu Mulai” dan “Waktu Selesai”. Kemudian input rumus pada kolom “Jumlah Jam Telah Diajar” untuk menghitung jumlah waktu yang telah diajar oleh guru.
- Berikan warna berbeda pada sel yang menunjukkan ketidak hadiran guru dan susun informasi tersebut dengan baik.
Seperti halnya pada absensi karyawan, absensi guru per jam di Microsoft Excel memiliki kemudahan dalam pengolahan data dan penghitungan jumlah jam yang telah diajar. Hal ini sangat membantu administrator dalam menyusun informasi tersebut secara rapi dan cepat supaya dapat memberikan penggajian yang benar dan jelas.
FAQ
Pertanyaan 1: Apakah Microsoft Excel satu-satunya perangkat lunak untuk membuat absen?
Jawaban: Tidak, ada banyak perangkat lunak lain yang dapat digunakan untuk membuat absen seperti Microsoft Word, Google Drive, atau bahkan aplikasi khusus yang bisa diunduh dari App Store dan Google Play.
Pertanyaan 2: Apakah absen hanya untuk keperluan penggajian saja?
Jawaban: Tidak selalu. Absen adalah dokumen kontrol yang digunakan untuk mengetahui kehadiran dan ketidakhadiran karyawan. Dengan catatan absensi yang baik dan akurat, administrator dapat mengetahui kebiasaan karyawan dan mengambil tindakan jika diperlukan. Selain itu, absen juga membantu perusahaan atau organisasi menghitung pengeluaran untuk gaji dan tunjangan karyawan.
Video Tutorial: Cara Membuat Absensi Bulanan dengan Microsoft Excel
Dalam video ini, tutorial yang disajikan mencakup langkah-langkah untuk membuat absen dengan Microsoft Excel yang ditampilkan sesuai dengan urutan waktu yang dibutuhkan. Video ini akan membantu para karyawan dan administrator dalam membuat absensi secara cepat dan sederhana.
Untuk mencatat absensi karyawan atau guru, Microsoft Excel kini menjadi sangat useful karena mudah digunakan dan sangat efisien. Selain itu, anda dapat melakukan perhitungan secara otomatis yang dapat mengurangi kesalahan manusia dalam penghitungan. Tidak hanya itu, seluruh informasi yang ada telah terorganisir sehingga sangat mempermudah administrator dalam mengelola data absensi.