Cara Membuat 4 Slide Di Excel

Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi pengolah angka yang sangat popular di seluruh dunia. Aplikasi ini seringkali digunakan oleh para akuntan, insinyur, pengusaha, dan berbagai profesi lainnya yang membutuhkan penghitungan yang kompleks serta penyajian datanya dengan cara yang menarik dan efektif. Salah satu fitur utama dari Excel adalah kemampuan untuk membuat tabel dan grafik dengan mudah dan cepat. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara untuk membuat tabel, grafik, serta cara menyimpan dan berbagi file Excel dengan orang lain.

Cara Cepat Membuat Tabel di Microsoft Excel

Membuat tabel di Excel sangat mudah dan cepat, bahkan untuk pemula sekalipun. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Excel dan buatlah sebuah dokumen baru.
  2. Pilih cell A1 dan ketikkan judul untuk tabel Anda di sana. Misalnya, “Daftar Harga Produk.”
  3. Pilih cell A2 dan ketikkan nama kolom pertama. Misalnya, “Nama Produk.”
  4. Pilih cell B2 dan ketikkan nama kolom kedua. Misalnya, “Harga.”
  5. Pada baris ketiga dan seterusnya, Anda dapat memasukkan data Anda. Ketikkan nama produk pada kolom A dan harga pada kolom B.
  6. Setelah Anda selesai memasukkan data, pilih seluruh area tabel (dari A1 ke B4).
  7. Klik tab “Insert” pada ribbon Excel. Anda akan melihat berbagai opsi untuk membuat grafik, tabel, dan elemen lainnya di sana.
  8. Pilih “Table” dan pilih salah satu dari dua opsi yang tersedia: “My table has headers” atau “No headers.” Opsi pertama digunakan jika Anda sudah memasukkan nama kolom pada baris kedua, dan opsi kedua digunakan jika Anda ingin Excel membuatkan nama kolom secara otomatis.
  9. Klik “OK” dan tabel Anda sudah jadi!

Mudahnya Cara Membuat Grafik di Excel

Jika Anda ingin membuat grafik yang menunjukkan data dengan cara yang efektif, Excel adalah salah satu alat terbaik yang ada. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Setelah Anda selesai membuat tabel Excel Anda, pilih seluruh area tabel.
  2. Klik tab “Insert” di ribbon Excel.
  3. Pilih “Charts” dan pilih jenis grafik yang ingin Anda buat. Ada beberapa jenis grafik yang dapat Anda pilih, seperti bar chart, column chart, line chart, dan lain sebagainya.
  4. Setelah Anda memilih jenis grafik yang ingin Anda buat, pilih “OK.”
  5. Grafik Anda akan muncul di layar, dan Anda dapat menyesuaikan tampilannya lebih lanjut dengan menggunakan opsi formatting yang tersedia di Excel.
  6. Setelah selesai, Anda dapat menyimpan grafik ini di file Excel Anda, atau menyalinnya ke dokumen Word atau PowerPoint untuk presentasi yang lebih menarik.

Cara Menyimpan dan Berbagi File Excel dengan Orang Lain

Ketika Anda selesai membuat tabel dan grafik di Excel, Anda mungkin ingin menyimpan file tersebut untuk penggunaan di masa depan atau mengirimkannya ke seseorang. Berikut adalah langkah-langkah untuk menyimpan dan berbagi file Excel:

  1. Klik pada menu “File” di Excel.
  2. Pilih “Save As.”
  3. Tentukan nama file yang Anda inginkan dan lokasi di mana Anda ingin menyimpan file tersebut di komputer Anda.
  4. Pilih format file yang Anda inginkan. Excel dapat menyimpan file tersebut dalam format yang berbeda, seperti XLSX, CSV, dan lain-lain.
  5. Klik “Save.”
  6. Jika Anda ingin berbagi file Excel dengan orang lain, terdapat tiga opsi yang dapat Anda pilih:
  • Email: Anda dapat mengirim file Excel sebagai attachment dalam email. Ini adalah cara termudah jika file Excel Anda tidak terlalu besar.
  • Cloud Storage: Anda dapat menyimpan file Excel di layanan cloud storage, seperti Dropbox atau OneDrive, dan memberikan akses untuk orang lain untuk mengunduh file tersebut.
  • SharePoint: Jika Anda bekerja dalam sebuah organisasi atau perusahaan yang menggunakan SharePoint, Anda dapat mengunggah file Excel di sana dan memberikan akses untuk orang lain untuk melihat atau menyunting file tersebut.
Baca Juga :  CARA MEMBUAT ABSEN TANDA TANGAN DI EXCEL

FAQ

1. Bagaimana cara menjumlahkan kolom pada tabel di Excel?

Untuk menjumlahkan kolom pada tabel di Excel, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih cell di kolom di mana Anda ingin menambahkan jumlah.
  2. Ketikkan fungsi SUM dan buka tanda kurung.
  3. Pilih seluruh area di kolom tersebut.
  4. Tutup tanda kurung dan tekan enter. Excel akan menjumlahkan seluruh nilai di kolom yang Anda pilih dan menampilkannya pada cell yang Anda pilih tadi.

2. Bagaimana cara menggunakan filter di Excel?

Filter adalah sebuah fungsi di Excel yang memungkinkan Anda untuk menyaring nilai atau data tertentu dalam sebuah tabel. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan filter di Excel:

  1. Pilih seluruh area tabel di Excel.
  2. Klik tab “Data” di ribbon Excel.
  3. Pilih “Filter” dari opsi yang tersedia.
  4. Tombol panah akan muncul di seluruh kolom tabel Anda. Klik pada tombol panah di kolom di mana Anda ingin menyaring nilai atau data.
  5. Pilih nilai atau data yang ingin Anda tampilkan atau sembunyikan dalam tabel tersebut.

Video Tutorial: Cara Membuat Tabel dan Grafik di Excel

Berikut adalah video tutorial yang mengajarkan Anda cara membuat tabel dan grafik di Microsoft Excel: