CARA MEMBUAT 2 KOLOM JADI 1 DI EXCEL

Membuat sebuah file spreadsheet di Microsoft Excel memang sangat mudah dilakukan, namun terkadang ada beberapa hal yang mungkin sulit untuk dilakukan jika belum terbiasa menggunakan aplikasi tersebut. Salah satu hal yang mungkin membuat beberapa orang bingung yaitu cara membuat dua kolom menjadi satu di Excel. Nah, kali ini kita akan membahas tuntas tentang cara melakukannya.

Cara Membuat Dua Kolom Menjadi Satu di Excel

Sederhananya, kita dapat membuat dua kolom menjadi satu di Excel dengan menggunakan rumus CONCATENATE. Rumus ini bekerja dengan menggabungkan dua buah teks atau nilai dari dua sel untuk membuat satu nilai gabungan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buatlah kolom baru pada lembar kerja dengan mengeklik judul kolom kosong yang tersedia di samping kolom yang ingin Anda gabungkan
  2. Masukkan rumus CONCATENATE di sel pertama pada kolom yang baru saja dibuat
  3. Pada rumus CONCATENATE, masukkan sel pertama dari kolom pertama yang ingin digabungkan, kemudian masukkan tanda pemisah seperti spasi atau tanda hubung (-), dan terakhir masukkan sel pertama dari kolom kedua yang ingin digabungkan.
  4. Setelah itu, Anda dapat menyalin rumus tersebut ke sel lain dalam kolom yang baru saja dibuat dengan menekan tombol CTRL+C dan CTRL+V
  5. Hasilnya, dua kolom yang ingin digabungkan akan menjadi satu kolom
Baca Juga :  CARA IMPORT DATABASE DARI FILE EXCEL

CARA MEMBUAT 2 KOLOM JADI 1 DI EXCEL

Selain menggunakan rumus CONCATENATE, Anda juga dapat menggunakan fungsi lain seperti LEFT, RIGHT, MID, dan lain-lain. Fungsi ini dapat membantu Anda mengambil karakter tertentu dari sebuah teks atau nilai pada sel dan menggabungkannya dengan karakter lainnya. Misalnya, jika Anda ingin mengambil karakter pertama dari sel A1 dan menggabungkannya dengan karakter pertama dari sel B1, maka Anda dapat menggunakan rumus =LEFT(A1,1)&LEFT(B1,1).

Cara Membuat Kolom di Excel

Selain mencari cara membuat dua kolom menjadi satu, mungkin juga ada beberapa dari kita yang belum tahu cara membuat kolom di Excel. Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk melakukannya:

  1. Pilih kolom tempat Anda ingin menambahkan kolom baru
  2. Klik tombol Insert Sheet Column di toolbar atau tekan tombol Ctrl + Shift + = (tanda sama dengan)
  3. Anda dapat menambahkan judul untuk kolom baru tersebut pada header kolom

membuat kolom di excel

Dengan mengetahui cara membuat dua kolom menjadi satu dan cara membuat kolom di Excel, tentu saja pekerjaan Anda dalam menggunakan aplikasi ini akan lebih efektif dan efisien. Namun, masih banyak lagi tips dan trik yang dapat Anda gunakan untuk membuat pengolahan data di Excel menjadi lebih mudah dan terorganisir. Misalnya, menghilangkan garis tengah pada judul tabel. Berikut ini adalah cara melakukannya:

Cara Menghilangkan Garis Tengah pada Judul Tabel di Excel

Hal ini mungkin bagi beberapa orang tidak terlalu penting, namun jika Anda memang memperhatikan tampilan tabel Anda, tentu hal ini perlu dilakukan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilihlah sel atau seluruh kolom yang sudah dijadikan judul tabel
  2. Setelah itu, klik tombol Border dropdown
  3. Pilih tombol No Border atau pilih Custom Border jika ingin mengatur garis sendiri
Baca Juga :  Membuat Garis Tepi Di Excel

menghilangkan garis tengah pada judul tabel di excel

Dengan menghilangkan garis tengah pada judul tabel Excel, maka tampilan tabel yang Anda buat akan lebih bersih dan rapi sehingga mudah untuk dipahami.

Pertanyaan dan Jawaban

Apa kegunaan dari rumus CONCATENATE di Excel?

Rumus CONCATENATE digunakan untuk menggabungkan nilai dari dua sel atau lebih sehingga menghasilkan satu nilai gabungan yang baru. Rumus ini dapat membantu dalam pengolahan data seperti penggabungan nama depan dan nama belakang, kode pos, nomor telepon, dan lain sebagainya.

Apa fungsi dari fungsi LEFT, RIGHT dan MID di Excel?

Fungsi LEFT, RIGHT, dan MID berguna untuk mengambil karakter atau sekelompok karakter tertentu dari sel di Excel. LEFT digunakan untuk mengambil karakter pertama dari sebuah teks atau nilai, RIGHT digunakan untuk mengambil karakter terakhir dan MID digunakan untuk mengambil karakter di antara karakter pertama dan terakhir. Fungsi ini sangat membantu untuk memproses nilai teks atau nilai kombinasi untuk digunakan dalam pengolahan data lainnya.

Video Tutorial Excel

Bagi Anda yang membutuhkan panduan visual dalam menggunakan Microsoft Excel, berikut ini adalah video tutorial yang dapat membantu Anda. Simak baik-baik dan terapkan pada aplikasi Excel milik Anda.

Dengan mengikuti tutorial dan tips di atas, Anda dapat meningkatkan kemampuan dalam penggunaan Microsoft Excel. Jangan ragu untuk mencoba dan terus berlatih agar semakin mahir dalam pengolahan data menggunakan Excel.

Kesimpulan

Menggunakan Microsoft Excel memang terlihat sederhana, namun ada banyak hal-hal kecil yang dapat membantu pengguna memproses data dengan lebih efektif dan efisien. Dengan mengetahui cara membuat dua kolom menjadi satu, cara membuat kolom baru, menghilangkan garis tengah pada judul tabel, dan menggunakan rumus dan fungsi tertentu, pengguna dapat dengan mudah menyelesaikan tugas dalam waktu yang lebih efisien. Ingatlah untuk selalu mencoba dan berlatih terus menerus agar semakin mahir dalam menggunakan aplikasi ini.

Baca Juga :  CARA MELIHAT FILED KEMBAR 2 FILE DI EXCEL

FAQ

Apakah Microsoft Excel hanya dapat digunakan untuk pengolahan data numerik saja?

Tidak, secara umum Microsoft Excel digunakan untuk pengolahan data numerik, namun Anda juga dapat memproses data teks, gambar, chart, dan lain-lain. Anda dapat menggabungkan teks dengan karakter numerik atau lainnya, dan memproses gambar atau chart untuk lebih jelas dalam pemformatan laporan atau dokumen. Excel memiliki banyak fitur yang dapat membantu dalam memproses data dengan cepat.

Apa itu pivot table dan bagaimana cara menggunakannya di Excel?

Pivot table adalah fitur dalam Microsoft Excel yang memungkinkan pengguna untuk menggabungkan, mengelompokkan, dan memproses data dalam format tabel dengan cara yang intuitif. Dengan menggunakan pivot table, pengguna dapat ahli dalam memproses data. Langkah untuk membuat pivot table adalah sebagai berikut:

  1. Pilih data yang ingin dijadikan pivot table
  2. Buka tab Data dan pilihlah Tabel dan PivotTable Laporan
  3. Pilih Microsoft PivotTable dan klik ok
  4. Atur bagaimana data ingin ditampilkan dengan cara menggeser kolom pada tabel pivot table secara manual
  5. Cara lain adalah dengan klik pada insert PivotTable pada Microsoft Excel dan pilihlah rentang data serta tempat untuk menempatkan pivot table

Demikianlah, Anda sudah dapat memahami dasar-dasar dalam menggunakan Microsoft Excel. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan semakin mahir dalam menggunakan Excel.