Cara Membuat 2 Bar Chart Di Excel

Bagaimana Cara Membuat Grafik di Excel?

Excel adalah salah satu program pengolah data komputer yang paling populer. Salah satu fitur yang paling populer yang ditawarkan oleh program ini adalah kemampuannya untuk membuat grafik secara cepat dan sederhana. Pada artikel ini, kita akan membahas cara membuat grafik di Excel beserta dengan contohnya.

Cara Membuat Grafik Bar (Bar Chart) di Excel

Grafik bar atau bar chart adalah salah satu jenis grafik yang paling populer dan sering digunakan. Grafik ini cocok digunakan untuk menyajikan data kategori atau data yang berhubungan dengan waktu. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat grafik bar di Excel:

1. Siapkan Data di Excel

Pertama-tama, kita harus memasukkan data yang akan menjadi dasar dari grafik yang akan kita buat. Data ini bisa berupa angka, kata, atau kombinasi keduanya. Berikut adalah contoh data yang akan kita gunakan sebagai dasar grafik bar:

Waktu
Penjualan Produk
Januari
100
Februari
150
Maret
200
April
175
Mei
225

2. Pilih Kategori Data dan Nilai

Setelah data telah dimasukkan, kita perlu memilih kategori data dan nilai. Untuk membuat grafik bar, kita perlu memilih kolom yang berisi kategori data dan kolom yang berisi nilai. Kategori data akan menjadi sumbu X pada grafik, sedangkan nilai akan menjadi sumbu Y. Dalam contoh di atas, waktu akan menjadi kategori data dan penjualan produk akan menjadi nilai.

3. Pilih Chart Type

Setelah kategori data dan nilai telah dipilih, kita perlu memilih tipe grafik yang akan digunakan. Untuk membuat grafik bar, kita perlu memilih opsi “Bar chart” di Excel. Setelah opsi ini dipilih, kita akan melihat berbagai opsi grafik bar yang tersedia. Kita bisa memilih opsi yang paling sesuai dengan data yang akan kita gunakan.

4. Buat Grafik

Setelah opsi grafik bar telah dipilih, kita tinggal membuat grafik dengan menekan tombol “OK”. Setelah itu, Excel akan secara otomatis membuat grafik bar berdasarkan data yang telah kita masukkan. Grafik akan muncul di lembar kerja Excel.

Cara Membuat Grafik Garis (Line Chart) di Excel

Grafik garis atau line chart adalah jenis grafik yang sering digunakan untuk menyajikan data yang berhubungan dengan waktu. Grafik ini cocok digunakan untuk menyajikan perubahan data dari waktu ke waktu. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat grafik garis di Excel:

1. Siapkan Data di Excel

Seperti pada pembuatan grafik bar, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan data yang akan menjadi dasar dari grafik garis. Berikut adalah contoh data yang akan kita gunakan sebagai dasar grafik garis:

Waktu
Penjualan Produk
Januari
100
Februari
150
Maret
200
April
175
Mei
225

2. Pilih Kategori Data dan Nilai

Setelah data telah dimasukkan, kita perlu memilih kategori data dan nilai. Untuk membuat grafik garis, kita perlu memilih kolom yang berisi kategori data dan kolom yang berisi nilai. Kategori data akan menjadi sumbu X pada grafik, sedangkan nilai akan menjadi sumbu Y. Dalam contoh di atas, waktu akan menjadi kategori data dan penjualan produk akan menjadi nilai.

Baca Juga :  CARA MEMBUKA PASSWORD FILE EXCEL YANG DIPROTECT ONLINE

3. Pilih Chart Type

Setelah kategori data dan nilai telah dipilih, kita perlu memilih tipe grafik yang akan digunakan. Untuk membuat grafik garis, kita perlu memilih opsi “Line chart” di Excel. Setelah opsi ini dipilih, kita akan melihat berbagai opsi grafik garis yang tersedia. Kita bisa memilih opsi yang paling sesuai dengan data yang akan kita gunakan.

4. Buat Grafik

Setelah opsi grafik garis telah dipilih, kita tinggal membuat grafik dengan menekan tombol “OK”. Setelah itu, Excel akan secara otomatis membuat grafik garis berdasarkan data yang telah kita masukkan. Grafik akan muncul di lembar kerja Excel.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan grafik bar (bar chart)?

Grafik bar atau bar chart adalah salah satu jenis grafik yang paling populer dan sering digunakan. Grafik ini cocok digunakan untuk menyajikan data kategori atau data yang berhubungan dengan waktu. Kategori data akan menjadi sumbu X pada grafik, sedangkan nilai akan menjadi sumbu Y.

2. Apa yang dimaksud dengan grafik garis (line chart)?

Grafik garis atau line chart adalah jenis grafik yang sering digunakan untuk menyajikan data yang berhubungan dengan waktu. Grafik ini cocok digunakan untuk menyajikan perubahan data dari waktu ke waktu. Kategori data akan menjadi sumbu X pada grafik, sedangkan nilai akan menjadi sumbu Y.

Video Tutorial: Cara membuat grafik di Excel

Berikut adalah video tutorial tentang cara membuat grafik di Excel: