CARA MEMBERI TANDA CEKLIS DI EXCEL

Excel adalah salah satu program aplikasi yang sering digunakan untuk melakukan perhitungan atau pengolah data. Selain itu, Excel juga dapat dimanfaatkan untuk membuat form dan survei. Salah satu hal penting dalam membuat form atau survei adalah dengan menambahkan checkbox atau tanda centang. Tanda ini berguna untuk menandai jawaban yang benar atau salah dari pertanyaan yang diberikan. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat checkbox atau tanda centang di Excel:

Gambar Pertama – Cara Membuat Tanda Centang atau Ceklis di Excel

CARA MEMBERI TANDA CEKLIS DI EXCEL

Pertama-tama, buka program Excel dan buatlah sebuah tabel atau form. Kemudian, klik pada cell atau kotak yang ingin ditambahkan tanda centang. Setelah itu, klik pada tab Developer yang terletak pada toolbar. Jika tab Developer tidak muncul, silahkan klik kanan pada toolbar dan pilih Customize the Ribbon. Pada menu Customize the Ribbon, centang pada bagian Developer dan klik OK.

Gambar Kedua – Cara Menambahkan Simbol Ceklis di Excel

Cara Menambahkan Simbol Ceklis di Excel

Pada tab Developer, klik pada tanda Insert yang terletak pada group Controls. Setelah itu, pilih Check Box yang terletak di bawah kategori Form Controls. Kemudian, klik dan seret mouse pada cell atau kotak yang ingin ditambahkan tanda centang. Ukuran check box dapat diubah dengan menarik pada bagian hijau di pojok bawah kanan.

Setelah tanda centang telah ditambahkan, klik dua kali pada kotak tersebut atau klik kanan dan pilih kemudian Edit Text. Isikan teks sesuai dengan pertanyaan atau jawaban yang diberikan. Selain itu, tanda centang juga dapat dikaitkan dengan formula atau macro untuk menghitung jawaban yang benar atau salah.

Gambar Ketiga – Cara Membuat Checkbox di Excel

Cara Membuat Checkbox di Excel

Selain menggunakan checkbox, tanda centang atau ceklis juga dapat ditambahkan dengan mengetikkan simbol pada cell atau kotak yang dituju. Caranya adalah dengan melakukan double klik pada cell atau kotak tersebut, kemudian klik pada Insert pada toolbar dan pilih Symbol. Setelah itu, pilih simbol centang atau tanda centang pada pilihan Subset. Terakhir, klik pada tombol Insert.

Dengan mengetahui cara membuat checkbox atau tanda centang di Excel, membuat form atau survei akan menjadi lebih mudah dan efektif. Selain itu, Excel juga dapat digunakan untuk membuat grafik, tabel, dan diagram untuk mempresentasikan data secara visual.

FAQ

Berikut adalah FAQ yang sering diajukan mengenai cara membuat checkbox atau tanda centang di Excel:

1. Bagaimana jika saya ingin menambahkan tanda centang pada seluruh baris atau kolom?

Untuk menambahkan tanda centang pada seluruh baris atau kolom, Anda dapat mengetikkan simbol centang atau tanda centang pada cell atau kotak yang dituju secara manual. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan tanda centang pada sebuah baris atau kolom dengan mengetikkan simbol pada cell atau kotak pertama, kemudian copy dan paste pada seluruh cell atau kotak yang sama.

2. Apa kegunaan tanda centang atau checkbox dalam membuat form atau survei?

Tanda centang atau checkbox berguna untuk menandai jawaban yang benar atau salah dari pertanyaan yang diberikan. Dalam membuat form atau survei, tanda centang digunakan untuk memudahkan responden dalam memberikan jawaban dan untuk mempermudah analisis data yang diperoleh. Selain itu, tanda centang juga dapat dikaitkan dengan formula atau macro untuk menghitung jawaban yang benar atau salah.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT TANDA PLUS MINUS DI EXCEL

Video Tutorial

Berikut adalah video tutorial mengenai cara membuat tanda centang atau checkbox di Excel: