CARA MEMASUKKAN FILE EXCEL KE MATLAB

Cara memasukkan tabel Excel ke dalam CorelDRAW dengan mudah memang merupakan keahlian yang sangat penting bagi orang-orang yang sering bekerja dengan software-desain. Terkadang, ada kebutuhan untuk mengubah data dari Microsoft Excel ke dalam format grafis, seperti di CorelDRAW. Dalam tutorial ini, kami akan membantu anda untuk mempelajari secara mudah bagaimana caranya untuk memasukkan tabel Excel ke dalam CorelDRAW.

Cara Memasukkan Tabel Excel Ke Corel DRAW Dengan Mudah

1. Buka program CorelDRAW dan Excel. Kemudian, buka file Excel dengan data yang ingin anda masukkan ke dalam CorelDRAW.

2. Klik pada sheet tempat tabel yang ingin anda gunakan. Lalu, klik dan drag pointer mouse secara diagonally dari cell kiri-atas ke kanan-bawah, sehingga sel sel pada bagian tersebut terpilih.

3. Lalu, copy sel yang sudah anda pilih dengan santai. Anda dapat melakukannya dengan menuju pada Edit/ Copy atau anda juga bisa menekan tombol Ctrl + C pada keyboard anda.

4. Masuk ke dalam CorelDRAW dan buat dokumen baru dengan ukuran yang sesuai. Lalu, klik pada dokumen baru tersebut dan tekan Ctrl + V pada keyboard anda. Sel yang sudah anda copy dari excel akan langsung ditempatkan di dalam CorelDRAW.

5. Resize tabel Excel anda ke ukuran yang sesuai. Anda tidak perlu khawatir dengan ukuran kertas atau besaran font karena anda dapat mengatur nya setelah tabel sudah diimport.

6. Jika anda ingin mengatur ulang tampilan atau format tabel, gunakan fitur “Table Tools” atau “Format Table” yang terletak pada Ribbon. Anda dapat mengubah font, warna, atau bahkan input data grafis. Selama anda menggunakan format untuk tabel yang valid, anda akan memiliki banyak opsi penyesuaian yang tersedia untuk anda.

Cara Memasukkan File Excel Ke PowerPoint

Memasukkan file Excel ke dalam PowerPoint memang membuat slide lebih interaktif karena hal tersebut memberikan keuntungan jika ingin menunjukkan data atau angka yang spesifik dalam presentasi anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk memasukkan file Excel ke dalam PowerPoint:

1. Buat slide baru dan pilih desain yang anda inginkan untuk slide tersebut.

2. Klik pada menu “Insert” dan pilih “Object” dari lambang ikon.

3. Di dalam “Object” window, pilih “Create from file” dan klik “Browse” untuk mencari file Excel.

4. Setelah anda memilih file tersebut, klik OK untuk mengakhiri pemilihan file.

5. Buka ulang “Object” window dan pilih “Display as icon”, kemudian klik OK.

6. Sekarang, anda dapat melihat file Excel di dalam slide. Jika anda ingin melihat isi tabel, cukup double-click pada icon tersebut untuk membuka file Excel.

Cara Memasukkan File Excel Ke Dalam CorelDRAW Dengan Fitur Print Merge

Print Merge merupakan fitur yang dapat membantu anda untuk menggabungkan tabel pada Excel ke dalam CorelDRAW secara efisien. Jika anda memiliki banyak tabel Excel yang perlu dimasukkan ke dalam CorelDRAW, maka langkah-langkah dalam membantu fitur ini bisa sangat membantu anda. Berikut adalah caranya:

1. Pertama-tama, buat data Excel dengan format yang valid dan simpan file Excel anda untuk dapat diakses dari dalam CorelDRAW. Pastikan bahwa semua data dan informasi dalam Microsoft Excel dipetakan ke dalam satu kolom.

2. Buka CorelDRAW. Kemudian, buka dokumen baru dengan ukuran dari kertas yang sesuai. Selanjutnya, menentukan jenis dokumen dan juga lembar kerja yang akan anda gunakan sesuai kebutuhan.

Baca Juga :  Cara Menghitung Persenan Di Excel

3. Pilih “Print Merge” dari “Tools” di menu bar atas. Jendela “Print Merge” akan muncul.

4. Selanjutnya, klik pada “Multiple Records”, lalu pada Excel, pilih “Data Source” sesuai dengan lokasi file Excel anda, dan pada bagian “Table” liahat tabel mana yang ingin anda impor menggunakan fitur “Column” dan “Row”.

5. Pastikan pengaturan kolom dan baris pada tabel Excel sesuai dengan pengaturan yang diinginkan. Anda dapat mengubah lebar atau tinggi baris dan kolom menggunakan tombol dan slider yang tersedia pada “Print Merge” window.

6. Setelah anda selesai dengan pengaturan tabel Excel anda, klik “Create/ Edit Merge Fields”. Tambahkan item “Merge Fields” ke pada td-cell tempat data di dalam tabel Excel. Jika anda ingin membuat label, tambahkan data text di atas masing-masing td-cell pada label.

7. Setelah anda menambahkan semua data dan item pada tabel anda, klik “Merge Preview”. Hasilnya akan ditampilkan pada window baru dengan semua data dan item dapat diproses untuk dicetak.

FAQ

Q: Apakah tutorial diatas hanya berlaku untuk CorelDRAW dan PowerPoint versi lama?

A: Tidak. Cara memasukkan tabel Excel ke CorelDRAW, cara memasukkan file Excel ke PowerPoint, dan cara menggunakan fitur Print Merge di CorelDRAW juga dapat dilakukan pada versi CorelDRAW dan PowerPoint terbaru.

Q: Apakah tutorial diatas dapat diaplikasikan pada software desain selain CorelDRAW?

A: Tidak. Tutorial diatas hanya dirancang untuk CorelDRAW dan tidak dapat diterapkan pada software desain yang lain.