Cara Mebuat No Urut Di Excel

Cara Membuat Nomor Urut Otomatis pada Microsoft Excel

Cara Mebuat No Urut Di Excel

Membuat Nomor Urut Otomatis pada Microsoft Excel

Masalah nomor urut pada microsoft excel seringkali menjadi hal yang menjengkelkan bagi sebagian besar orang, apalagi ketika terdapat banyak data yang perlu diurutkan. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat nomor urut otomatis pada microsoft excel:

  1. Pertama, buka file microsoft excel yang ingin diberi nomor urut.
  2. Pada kolom kosong yang ingin diberi nomor urut, ketik nomor “1” pada baris pertama.
  3. Pada baris berikutnya, ketikkan rumus =A1+1 pada sel nomor urut agar dapat membuat increment dengan nomor berikutnya.
  4. Lalu, seret dan salin rumus ke sel nomor lainnya yang ingin diberi nomor urut.
  5. Setelah itu, tekan tombol Enter untuk mengatur nomor urut.
  6. Nomor urut Anda sekarang akan muncul secara otomatis pada setiap baris yang dipilih.

Nomor Urut pada Microsoft Excel

FAQ

1. Bagaimana cara menghentikan Microsoft Excel dari memberikan nomor urut otomatis?

Untuk menghentikan microsoft excel dari memberikan nomor urut otomatis adalah dengan memblokir sel yang ingin dihentikan pemberian nomor urut otomatis. Caranya cukup mudah, klik sel yang ingin dihentikan pemberian nomor urut otomatis, dan pada menu home pilih format cells. Kemudian di bagian number pilih category ‘Custom’ dan pada isian ‘Type’ ketikkan tanda petik dua (‘”‘) kemudian tekan OK. Sel terpilih kini sudah tidak lagi diberi nomor urut otomatis.

Baca Juga :  CARA MAPPING DATA DI EXCEL

2. Bagaimana cara membuat nomor urut otomatis dengan urutan yang sama?

Jika Anda ingin membuat nomor urut otomatis dengan urutan yang sama, langkah yang harus dilakukan adalah:

  1. Pertama, buat sebuah tabel yang berisi detail urutan dengan urutan yang Anda inginkan.
  2. Setelah itu, bikinlah sebuah kolom baru dengan nama “Nomor Urut” atau “No”.
  3. Selanjutnya, klik pada sel nomor pertama pada kolom Nomor Urut.
  4. Pada rumus, ketikkan =ROW()-row pertama+nomor awal+1.
  5. Setelah itu, copy rumus tersebut pada sel nomor urut pada tiap baris.
  6. Selesai, maka nomor urut otomatis dengan urutan yang sama telah berhasil dibuat.

Nomor Urut Otomatis pada Microsoft Excel

Cara Membuat Nomor Urut Otomatis pada Microsoft Excel Praktis

Cara Membuat Nomor Urut Otomatis pada Microsoft Excel Praktis

Berikut ini adalah cara membuat nomor urut otomatis pada microsoft excel yang sangat praktis:

  1. Pertama, buka file microsoft excel.
  2. Pilih obyek atau kolom yang ingin diberi nomor urut.
  3. Pada menu Home, klik “Fill” di toolbox.
  4. Pilih “Series” di isi toolbox.
  5. Pada series dialog box, pilih “Column” pada “Series in:” untuk membuat urutan pada kolom, atau “Row” pada “Series in:” untuk membuat urutan pada baris.
  6. Pada “Type”, pilih “Linear”.
  7. Isikan “Step Value” dengan 1.
  8. Pada “Stop Value”, masukkan nomor terakhir untuk urutan yang ingin dibuat.
  9. Setelah selesai mengisi kolom, klik OK.
  10. Tampilan kolom sudah terurut menurut suatu nilai yang spesifik.

Nomor Urut Otomatis pada Microsoft Excel

Video Tutorial Excel – Cara Membuat Nomor Urut Otomatis di Excel

Berikut adalah video tutorial yang dapat membantu Anda dalam membuat nomor urut pada microsoft excel:

FAQ

1. Apa itu nomor urut otomatis pada microsoft excel?

Nomor urut otomatis pada microsoft excel adalah nomor yang diberikan secara otomatis pada kolom atau baris tertentu pada worksheet yang selanjutnya dapat digunakan untuk diurutkan.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT DATA PENJUALAN DI EXCEL

2. Bagaimana cara membuat nomor urut otomatis dengan urutan yang sama?

Untuk membuat nomor urut otomatis dengan urutan yang sama adalah dengan membuat sebuah tabel yang berisi detail urutan dengan urutan yang Anda inginkan, membuat kolom baru dengan nama “Nomor Urut” atau “No”, klik pada sel nomor pertama pada kolom Nomor Urut, pada rumus ketikkan =ROW()-row pertama+nomor awal+1, setelah itu copy rumus tersebut pada sel nomor urut pada tiap baris.