CARA LINK DATA EXCEL DARI FILE SEBELUMNYA

Excel dan Word adalah dua aplikasi Microsoft Office yang umum digunakan di seluruh dunia. Kedua aplikasi ini memiliki fungsi yang berbeda namun saling terkait. Excel adalah aplikasi spreadsheet yang digunakan untuk membuat, mengelola, dan mengolah data. Sedangkan Word adalah aplikasi pengolah kata yang digunakan untuk membuat dokumen teks seperti surat dan laporan.

Cara Menghubungkan Data Excel Ke Word

Salah satu fitur yang berguna dari kedua aplikasi ini adalah kemampuan untuk menghubungkan data Excel ke Word. Dengan melakukannya, pengguna dapat memperbarui informasi di dokumen Word secara otomatis ketika ada perubahan di spreadsheet Excel. Berikut adalah langkah-langkah cara menghubungkan data Excel ke Word:

  1. Pertama-tama, buka dokumen Word yang ingin Anda tambahkan data Excelnya.
  2. Lalu, klik pada tab Insert di bagian atas layar.
  3. Pada menu Insert, klik pada Object. Kemudian, pilih From File.
  4. Anda akan melihat kotak dialog Insert File. Cari file Excel yang ingin Anda tambahkan dan klik Insert.
  5. Sekarang, Anda harus memutuskan apakah ingin menyisipkan objek atau tautan ke file Excel. Jika Anda ingin memperbarui informasi di dokumen Word secara otomatis ketika ada perubahan di spreadsheet Excel, pilih Link to file. Jika tidak, pilih Insert as dan pilih salah satu opsi yang tersedia.
  6. Pilih tautan untuk menautkan dokumen Word Anda dengan file Excel. Biarkan opsi lain pada pengaturan default. Klik OK untuk menyelesaikan proses.

Sekarang, setiap kali Anda membuka dokumen Word, Anda akan diberi opsi untuk memperbarui data Excel jika ada perubahan pada file Excel.

Frequently Asked Questions

1. Apakah saya dapat memperbarui data Excel yang terhubung ke Word secara otomatis?

Ya, Anda dapat memperbarui data Excel yang terhubung ke Word secara otomatis. Untuk melakukan hal ini, cukup lakukan perubahan pada file Excel dan simpan file tersebut. Setiap kali Anda membuka dokumen Word yang terhubung ke file Excel tersebut, Anda akan diberikan opsi untuk memperbarui data.

2. Apakah saya dapat menghapus tautan antara dokumen Word dan file Excel?

Ya, Anda dapat menghapus tautan antara dokumen Word dan file Excel jika Anda tidak ingin lagi menghubungkannya. Untuk melakukan hal ini, hapus objek Excel dari dokumen Word Anda. Jika Anda memilih untuk menyisipkan objek Excel sebagai file terpisah, cukup hapus file Excel tersebut dari komputer Anda.

Cara Membuat Link Data Dari Excel Otomatis Ke Word

Langkah-langkah sebelumnya menjelaskan caranya dengan membuat embed atau sisipan pada file Word untuk menghubungkan data Excel ke Word. Namun, cara lain untuk menghubungkan data Excel ke Word adalah dengan membuat link data dari spreadsheet Excel otomatis ke dokumen Word. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat link data Excel otomatis ke Word:

  1. Buka dokumen Word yang ingin Anda tambahkan data Excelnya.
  2. Klik pada tempat di dokumen Word di mana Anda ingin menghubungkan data Excel.
  3. Pada menu bar, klik Insert, lalu pilih Hyperlink.
  4. Pada kotak dialog yang muncul, klik Existing File or Web Page.
  5. Pilih file Excel yang akan Anda tambahkan dan klik Add.
  6. Anda akan melihat kotak dialog Edit Hyperlink. Pada bagian Text to display, ketik kata atau kalimat yang ingin Anda gunakan sebagai tautan ke file Excel. Pada bagian Address, klik Browse.
  7. Cari file Excel yang ingin Anda tambahkan. Setelah menemukannya, pilih file tersebut dan klik OK.
  8. Anda akan melihat kembali kotak dialog Edit Hyperlink. Klik OK untuk menyelesaikan proses.
Baca Juga :  CARA MEMBUAT F4 DI EXCEL

Sekarang, setiap kali Anda membuka dokumen Word, Anda akan dapat mengklik tautan yang Anda buat untuk membuka file Excel terkait.

Video Tutorial – Cara Menghubungkan Data Excel Ke Word

Berikut adalah video tutorial tentang cara menghubungkan data Excel ke Word yang dapat membantu Anda lebih memahami penyisipan dan pengeditan sisipan di kedua aplikasi ini:

FAQ

1. Apakah saya dapat menyisipkan lebih dari satu file Excel ke dalam dokumen Word?

Ya, Anda dapat menyisipkan lebih dari satu file Excel ke dalam dokumen Word dengan cara yang sama seperti yang dijelaskan dalam langkah-langkah sebelumnya. Anda juga dapat membuat link data untuk setiap file Excel tersebut.

2. Bisakah saya menggunakan file Excel yang disimpan di cloud seperti OneDrive atau Google Drive?

Ya, Anda dapat menggunakan file Excel yang disimpan di cloud seperti OneDrive atau Google Drive. Anda hanya perlu memastikan bahwa file tersebut dapat diakses dari komputer Anda saat ingin menambahkannya ke dokumen Word.