CARA KOREKSI DATA PADA EXCEL

Belajar Microsoft Excel akan sangat bermanfaat bagi siapa pun, baik untuk kebutuhan pribadi, pekerjaan, ataupun tugas kuliah. Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi untuk pengolahan data seperti perhitungan atau analisis data. Salah satu kelebihan dari Microsoft Excel adalah kemudahan dalam mengelola data dan dapat meningkatkan efisiensi dalam pekerjaan.

Cara Cepat dan Mudah Koreksi Hasil Ujian Siswa Dengan Excel

CARA KOREKSI DATA PADA EXCEL

Jangan khawatir lagi jika Anda harus mengoreksi hasil ujian siswa satu per satu, karena sekarang ini Microsoft Excel baru saja merilis fitur “Koreksi Jawaban Siswa” yang sangat mudah digunakan. Berikut adalah cara penggunaannya :

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel
  2. Pilih filenya dan buka halaman ujian siswa yang akan dikoreksi
  3. Tambahkan kolom baru untuk nilai ujian siswa
  4. Masukkan formula koreksi pada masing-masing sel dengan menggunakan rumus =IF(A2=B2,1,0).
  5. Hasil koreksi akan muncul pada kolom nilai ujian siswa
  6. Lihat hasil koreksi pada grafik nilai ujian siswa

Cara Sortir atau Mengurutkan Data Excel Berdasarkan Warna

Cara Sortir atau Mengurutkan Data Excel Berdasarkan Warna

Seringkali kita bertemu dengan kendala dalam mengelola data berwarna pada Microsoft Excel. Berikut adalah cara pengaturan dalam mengurutkan data berdasarkan warna pada Microsoft Excel:

  1. Pilih kolom data yang ingin disortir
  2. Klik pada kolom “Sort & Filter” pada bagian Analysis yang terdapat pada menu bar
  3. Pilih “Sort By Color”, dan pilih warna yang ingin disortir
  4. Pilih cara beserta jenis urutan data yang diinginkan
  5. Klik OK
  6. Data kini akan terurut berdasarkan warna yang telah ditentukan
Baca Juga :  Cara Memindahkan Data Excel Ke Sql

FAQ

Pertanyaan 1: Bagaimana cara mengubah format data angka menjadi format data tanggal di Microsoft Excel?

Jawaban: Berikut adalah cara mengubah format data angka menjadi format data tanggal di Microsoft Excel:

  1. Pilih kolom data yang ingin diubah formatnya
  2. Klik pada tab ‘Home’
  3. Pilih ikon ‘Number’
  4. Klik pada tab ‘Date’
  5. Pilih format ‘Short Date’
  6. Data kini akan diubah formatnya menjadi format data tanggal

Pertanyaan 2: Apa saja fungsi dari ikon ‘AutoSum’ di Microsoft Excel?

Jawaban: Ikon ‘AutoSum’ memiliki beberapa fungsi diantaranya:

  1. Menjumlahkan data pada sel yang dipilih
  2. Menjumlahkan data pada sel bawah pada kolom
  3. Menjumlahkan data pada sel sebelah kiri di baris yang sama

Cara Menjumlahkan Di Excel Dengan Kriteria Tertentu

Cara Menjumlahkan Di Excel Dengan Kriteria Tertentu

Mungkin kita seringkali membutuhkan fitur untuk mengelola data di Excel untuk mencari angka-angka tertentu yang memenuhi kriteria tertentu, dan kemudian menjumlahkannya. Pada Microsoft Excel, kita bisa menggunakan rumus SUMIFS. Berikut adalah cara penggunaannya:

  1. Buat daftar data yang akan dijumlahkan
  2. Buat kriteria tertentu yang ingin difilter
  3. Buat sebuah sel untuk menyimpan hasil penjumlahan
  4. Masukkan rumus SUMIFS(F:F, A:A, "Mercedes"), artinya jumlahkan semua nilai dari kolom F yang memiliki nilai “Mercedes” pada kolom A
  5. Hasil penjumlahan otomatis tertera pada sel yang telah dibuat sebelumnya

Itulah beberapa fitur Microsoft Excel yang bisa Anda coba untuk meningkatkan produktivitas dalam pengolahan data. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat video tutorial berikut: