CARA INSTAL.ULANG LAPTOP MENGGUNAKAN FLASHDISK WINDOWS 10







Cara Instal Ulang Laptop dengan Flashdisk

Apakah laptop Anda sedang mengalami masalah? Mungkin virus atau sistem operasi yang berjalan terlalu lambat? Salah satu solusi yang bisa Anda coba adalah melakukan instal ulang sistem operasi di laptop. Namun, bagaimana jika Anda tidak memiliki CD/DVD untuk melakukan instal ulang? Tenang, dalam artikel ini, kami akan memberikan langkah-langkah cara instal ulang laptop dengan flashdisk.

1. Siapkan Flashdisk

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan flashdisk. Pastikan flashdisk yang akan digunakan memiliki ukuran minimal 8GB dan kosong dari file apapun. Kemudian, format flashdisk menjadi NTFS. Langkah ini penting karena file instalasi sistem operasi biasanya berukuran lebih dari 4GB, sehingga jika flashdisk di-format menjadi FAT32, maka file instalasi tidak akan ter-copy.

CARA INSTAL.ULANG LAPTOP MENGGUNAKAN FLASHDISK WINDOWS 10

2. Unduh File ISO Sistem Operasi

Setelah flashdisk siap, langkah berikutnya adalah mengunduh file ISO sistem operasi yang ingin Anda install. Anda dapat mengunduh file ISO dari situs resmi Microsoft atau situs-situs download file ISO yang terpercaya. Pastikan versi sistem operasi yang akan di-install sesuai dengan lisensi yang Anda miliki.

unduh

3. Buat Bootable Flashdisk

Setelah file ISO berhasil diunduh, langkah selanjutnya adalah membuat bootable flashdisk. Anda bisa menggunakan software seperti Rufus atau WinToUSB untuk membuat bootable flashdisk. Pastikan saat membuat bootable flashdisk, pilih flashdisk yang telah Anda format menjadi NTFS. Ikuti petunjuk pada software yang Anda pilih.

bootable

4. Atur Bios untuk Boot dari Flashdisk

Lalu, langkah selanjutnya adalah mengatur bios agar laptop bisa booting dari flashdisk. Cara melakukannya bisa berbeda-beda tergantung dari laptop yang Anda miliki. Namun, cara umumnya adalah dengan menekan tombol F2 atau F10 saat laptop menyala dan sedang melakukan POST (power-on self-test). Kemudian, atur boot priority pada opsi menu BIOS. Pilih USB flashdisk sebagai boot priority utama.

bios

5. Install Sistem Operasi

Setelah bios diset untuk boot dari flashdisk, restart laptop dan proses instalasi sistem operasi harus dimulai secara otomatis. Ikuti langkah-langkah pada layar untuk menginstall sistem operasi. Pastikan Anda memilih drive yang tepat untuk instalasi sistem operasi dan pastikan drive tersebut kosong dari file apapun. Setelah instalasi selesai, sambungkan laptop ke internet dan install update sistem operasi terkini.

install

FAQ

Berikut adalah dua pertanyaan yang sering ditanyakan terkait cara instal ulang laptop dengan flashdisk:

1. Apakah semua laptop bisa di-instal ulang dengan flashdisk?

Iya. Prinsipnya sama dengan instal ulang menggunakan CD/DVD. Namun, pastikan laptop Anda support booting dari USB flashdisk.

2. Apakah file instalasi sistem operasi bisa di-copy dari CD/DVD ke flashdisk?

Iya. Anda dapat membuat file ISO dari CD/DVD menggunakan software seperti ImgBurn dan kemudian meng-copy file ISO tersebut ke flashdisk menggunakan software seperti Rufus atau WinToUSB.

Baca Juga :  Cara Membuat Ftp Server Di Windows 7 Tanpa Filezilla

Video Tutorial: Cara Instal Ulang Laptop dengan Flashdisk