Cara Install Windows Format Iso

Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna internet yang cukup signifikan. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan dengan internet, seperti bersosial media, mencari informasi, hingga bermain game. Salah satu kegiatan yang paling digemari oleh pengguna internet adalah bermain game. Namun, agar bisa memainkan game dengan lancar, kita harus menginstall game tersebut terlebih dahulu. Berikut adalah cara menginstall game format ISO.

Pertama-tama, yang perlu dilakukan adalah mendownload software bernama “Daemon Tools”. Software ini berguna untuk membuat virtual drive pada komputer sehingga kita bisa menginstall game format ISO tanpa perlu membakar file ISO tersebut ke dalam CD atau DVD.

Setelah selesai mendownload software Daemon Tools, kita bisa langsung menginstallnya seperti menginstall software pada umumnya. Setelah selesai terinstall, buka software Daemon Tools tersebut dan pilih “Mount Image”. Kemudian, cari file ISO game yang telah di-download dan pilih file tersebut.

Saat kita memilih file ISO game tersebut, maka akan muncul drive baru pada komputer seperti ketika kita memasukkan CD atau DVD ke dalam komputer. Selanjutnya, buka drive baru tersebut dan cari file “setup.exe”. Klik dua kali pada file tersebut untuk memulai proses instalasi.

Proses instalasi game akan dimulai dan kita tinggal mengikuti petunjuk yang muncul pada layar. Biasanya, pada proses instalasi akan ada pilihan untuk memilih direktori atau folder tempat game tersebut akan di-install. Pilih direktori atau folder yang diinginkan dan klik “Install” untuk melanjutkan proses instalasi.

Setelah proses instalasi selesai, biasanya akan muncul shortcut game pada desktop komputer. Klik shortcut tersebut untuk memulai game dan siap untuk memainkan game tersebut.

Berikut adalah cara menginstall Windows 10 terbaru 2020. Sebelum memulai proses instalasi, pastikan kita memiliki file ISO Windows 10 dan juga USB flashdisk minimal 8GB. Langkah pertama adalah memformat USB flashdisk tersebut menjadi FAT32. Caranya adalah dengan klik kanan pada USB flashdisk tersebut, pilih “Format”, dan pilih sistem file “FAT32”.

Setelah terformat, buka software bernama “Rufus” dan pilih USB flashdisk yang telah diformat tadi. Kemudian, pada bagian “Boot selection”, pilih file ISO Windows 10 yang telah di-download. Selanjutnya, klik “Start” untuk memulai proses pembuatan bootable USB Windows 10.

Setelah proses pembuatan bootable USB selesai, masukkan USB flasdisk ke dalam komputer yang akan di-install Windows 10 tersebut. Nyalakan komputer tersebut dan masuk ke BIOS dengan menekan tombol F2 atau Delete pada keyboard saat komputer sedang booting. Setelah masuk ke BIOS, pilih “Boot” dan pilih USB flashdisk sebagai boot device.

Setelah itu, Windows 10 installer akan dimulai dan kita tinggal mengikuti petunjuk yang muncul pada layar. Pilih bahasa yang diinginkan, pilih “Install now”, dan ikuti petunjuk yang muncul selanjutnya. Pada proses instalasi, kita akan diminta untuk memilih direktori atau folder tempat Windows 10 akan di-install. Pilih direktori atau folder yang diinginkan dan klik “Next” untuk melanjutkan proses instalasi.

Setelah proses instalasi selesai, komputer akan restart dan Windows 10 sudah siap digunakan. Namun, pastikan kita memasukkan product key Windows 10 terlebih dahulu agar bisa mengakses semua fitur yang ada.

Langkah terakhir adalah cara menginstall Windows 7. Proses instalasi Windows 7 tidak jauh berbeda dengan instalasi Windows 10. Namun, biasanya pada proses instalasi Windows 7 kita akan diminta untuk memilih partisi yang akan digunakan untuk instalasi sistem operasi.

Pilih partisi yang diinginkan dan klik “Next” untuk melanjutkan proses instalasi. Pada proses instalasi Windows 7 juga, kita dapat memilih direktori atau folder tempat Windows 7 akan di-install. Setelah proses instalasi selesai, komputer akan restart dan Windows 7 sudah siap digunakan.

Baca Juga :  Cara Install Windows 7 Denga Usb

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan game format ISO?

Game format ISO adalah file game yang dikompres menjadi satu file ISO. File ISO tersebut kemudian bisa di-mount menjadi virtual drive pada komputer untuk melakukan proses instalasi game.

2. Apakah kita harus membakar file ISO game ke dalam CD atau DVD sebelum bisa menginstall game tersebut?

Tidak perlu. Kita bisa menggunakan software Daemon Tools untuk membuat virtual drive pada komputer sehingga kita bisa menginstall game format ISO tanpa perlu membakar file ISO tersebut ke dalam CD atau DVD.