Cara Install Windows Di Flash Disk

Sebagai salah satu sistem operasi paling populer di dunia, Windows 10 selalu menjadi pilihan bagi banyak pengguna komputer. Namun, sering kali proses instalasi Windows 10 dapat sangat memakan waktu dan ribet, terutama jika Anda tidak memiliki DVD instalasi. Namun, ini bukan alasan untuk tidak menginstal Windows 10 di komputer Anda. Anda masih bisa menginstal Windows 10 dengan menggunakan flashdisk yang memudahkan dan efisien. Artikel ini akan menjelaskan secara detail cara menginstal Windows 10 dengan flashdisk.

Cara Menginstal Windows 10 dengan Flashdisk

Pertama-tama, pastikan Anda memiliki file ISO Windows 10 yang akan diinstal dan flashdisk USB dengan penyimpanan minimal 8GB. Setelah itu, terapkan langkah-langkah berikut:

1. Unduh dan Persiapkan Tool Media Creation

Tool Media Creation membantu anda untuk membuat media bootable seperti bootable Flashdisk dan DVD. Anda bisa mengunduh tool ini melalui website Microsoft. Silakan pilih “Unduh Sekarang Tool” dan ikuti instruksi yang diberikan.

2. Buat Flashdisk Bootable

Setelah tool Media Creation berhasil diunduh, colokkan flashdisk USB ke komputer Anda dan jalankan tool tersebut. Pilih opsi “Create installation media for another PC” dan klik “Next”. Selanjutnya, pilih bahasa, edisi, dan arsitektur Windows yang ingin Anda instal. Klik “Next”. Sekarang, pilih opsi “USB Flash Drive” dan klik “Next”. Tool Media Creation akan secara otomatis menemukan flashdisk USB yang terhubung ke komputer Anda dan akan mengunduh file Windows 10 ISO ke dalam flashdisk USB tersebut. Tunggu hingga proses selesai.

3. Gabungkan Flashdisk USB ke Komputer Anda dan Booting dari Flashdisk USB

Hubungkan flashdisk USB yang telah dibuat tersebut ke komputer Anda dan restart komputer Anda. Tekan tombol bootable yang sesuai untuk masuk ke BIOS. Ini mungkin berbeda tergantung pada produsen sistem Anda, tetapi biasanya adalah tombol F2 atau Del. Setelah masuk ke BIOS, pastikan boot option menu diatur pada USB sebagai prioritas booting. Setelah itu, tekan F10 untuk menyimpan perubahan dan keluar dari BIOS. Komputer akan merestart dan booting dari flashdisk USB. Namun, pastikan kondisi USB tidak corrupt atau tidak bagus karena juga dapat membuat proses booting gagal.

4. Instal Windows 10

Setelah booting dari flashdisk USB, Anda akan melihat layar penginstalan Windows 10. Ikuti saja langkah-langkah yang diberikan. Pilih bahasa dan format pengaturan pemilihan lokasi Anda lalu klik “Next”. Setelah itu, klik “Install now”. Proses instalasi akan memakan waktu sekitar 15 hingga 30 menit. Kemudian, masukkan Product Key Windows 10 Anda. Jika Anda tidak memiliki Key, Anda masih tetap bisa menginstal Windows 10 tetapi Anda tidak akan memiliki akses ke beberapa fitur.

Selanjutnya, tentukan lisensi Anda dan pemilihan lokasi lainnya dan klik “Next”. Lalu centang kotak persyaratan dan klik “Next”. Selanjutnya, pilih salah satu pilihan instalasi Anda dan klik “Next”. Pilih drive tempat Windows 10 akan diinstal. Setelah itu, klik “Next”.

Setelah itu, biarkan proses instalasi berjalan hingga selesai. Komputer Anda akan reboot beberapa kali selama proses instalasi. Setelah selesai, Anda akan melihat halaman pengaturan akhir, silakan pilih “Use express settings”. Terakhir, klik “Finish”. Komputer Anda sekarang telah berhasil menginstal Windows 10.

Frequently Asked Question (FAQ)

1. Apa yang harus saya lakukan jika saya kehilangan Product Key?

Jika Anda kehilangan Product Key, Anda dapat mencari backup Key atau membuat akun Microsoft dan Anda bisa memperoleh Key Anda di sana. Anda juga bisa memakai tool key finder untuk menemukan Product Key lama Anda, namun ini mungkin tidak terlalu aman.

Baca Juga :  Cara Instal Apache Http Server 2.4 10 Windows

2. Bagaimana jika proses instalasi gagal setelah boot dari flashdisk?

Ada beberapa kemungkinan jika instalasi gagal setelah booting dari flashdisk, seperti kondisi USB yang tidak bagus atau corrupt. Kondisi sistem juga bisa menjadi faktor jika instalasi gagal.

Jika USB Anda terlihat sehat dan proses boot dari USB berhasil, kemungkinan lain bisa terletak pada file ISO yang corrupt atau coba gunakan software media creator lainnya. Pastikan juga aplikasi Anda berjalan dengan benar, termasuk bagaimana bootable USB dibuat menggunakan software seperti Rufus.

Video: Cara Mudah Install Windows 10 dengan Flashdisk

Untuk memudahkan proses instalasi Windows 10 dengan flashdisk, berikut adalah video tutorial cara instalasi yang bisa Anda ikuti:

Dalam video tersebut, terdapat tutorial langkah demi langkah cara instalasi Windows 10 dengan flashdisk. Populer Youtuber Janu Teguh Widodo memandu tutorial ini dan menjelaskan setiap tahap secara detail untuk memudahkan Anda dalam menginstal Windows 10 tanpa menggunakan DVD.

Kesimpulan

Instalasi Windows 10 menggunakan flashdisk adalah alternatif yang efisien untuk menginstal sistem operasi Anda tanpa ribet. Ini adalah cara termudah yang bisa Anda lakukan tanpa kehilangan kualitas instalasi. Namun, pastikan Anda mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati karena Anda harus memastikan flashdisk yang digunakan dalam kondisi yang baik dan setiap langkah diikuti dengan benar.

Semoga panduan ini dapat membantu Anda berhasil menginstal Windows 10 dengan flashdisk dan bisa menghemat waktu dan usaha.