Cara Install Windows Di Eksternal Hdd

Apakah Anda memiliki hardisk eksternal dengan kapasitas yang besar dan ingin menggunakannya sebagai media penyimpanan utama sistem operasi? Atau mungkin Anda tidak memiliki flashdisk untuk menginstal Windows? Jangan khawatir, artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara menginstal sistem operasi Windows menggunakan hardisk eksternal dan tanpa flashdisk.

Instal Windows ke Hardisk Eksternal

Menginstal sistem operasi ke hardisk eksternal dapat sangat berguna, terutama jika kapasitas hardisk internal Anda sudah habis atau ingin memudahkan proses instalasi di banyak komputer. Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstal Windows ke hardisk eksternal:

  1. Pertama, pastikan Anda telah mempersiapkan hardisk eksternal dengan benar. Hardisk harus diformat NTFS dan memiliki setidaknya 16 GB ruang kosong. Jangan lupa, backuplah semua data yang ada di hardisk eksternal karena proses instalasi akan menghapus semua data yang ada di hardisk tersebut.
  2. Unduh file ISO Windows 10 dari situs web resmi Microsoft.
  3. Unduh dan instal Windows USB/DVD Download Tool.
  4. Sambungkan hardisk eksternal ke komputer Anda.
  5. Buka Windows USB/DVD Download Tool, dan di halaman “Source File”, pilih file ISO Windows 10 yang telah diunduh sebelumnya.
  6. Pada halaman “Choose Media Type”, pilih “USB device”. Kemudian, pilih hardisk eksternal sebagai tujuan instalasi, jangan lupa atur agar pada “Device Status” tertulis “Bootable”.
  7. Klik “Begin copying” dan tunggu hingga proses copying selesai. Ini bisa memakan waktu beberapa menit tergantung pada kecepatan hardisk eksternal dan komputer yang Anda gunakan.
  8. Setelah proses copying selesai, restart komputer Anda dan masuk ke BIOS. Pastikan hardisk eksternal terdeteksi oleh sistem dan atur agar USB/Hardisk External menjadi prioritas booting utama. Lalu, simpan dan keluar dari BIOS.
  9. Komputer akan reboot dan mulai menginstal Windows ke hardisk eksternal. Ikuti petunjuk di layar dan tunggu hingga proses instalasi selesai.
  10. Setelah selesai, cabut hardisk eksternal dan reboot komputer Anda. Sekarang, Anda dapat menggunakan sistem operasi Windows dari hardisk eksternal di mana saja.

Instal Windows Tanpa Flashdisk

Jika Anda tidak memiliki flashdisk atau ingin menginstal Windows tanpa flashdisk, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya:

Menginstal melalui Virtual Drive

Sebelum mengikuti langkah-langkah ini, pastikan dulu bahwa komputer sudah terhubung dengan jaringan internet.

  1. Unduh file ISO Windows 10 dari situs web resmi Microsoft.
  2. Unduh dan instal software Virtual CloneDrive.
  3. Klik kanan pada file ISO Windows 10 yang telah diunduh dan pilih “Mount”.
  4. Setelah selesai, buka “This PC” dan klik drive virtual yang baru muncul. Ini akan membuka instalator Windows 10.
  5. Ikuti petunjuk di layar untuk menginstal Windows 10.

Menginstal melalui Network Share

Cara ini membutuhkan komputer lain yang terhubung dengan jaringan internet, di mana file ISO Windows 10 telah diunduh dan dibagi di komputer tersebut. Jika Anda tidak memiliki akses ke komputer lain, maka cara ini tidak dapat dilakukan.

  1. Buka “File Explorer” dan buka jaringan Anda.
  2. Temukan komputer lain yang terhubung dengan jaringan dan klik kanan pada folder yang berisi file ISO Windows 10.
  3. Pilih “Map network drive”. Pilih huruf drive untuk jaringan dan klik “Finish”.
  4. Buka jaringan melalui Windows Explorer dan klik folder yang baru di-mapped.
  5. Klik file ISO Windows 10 yang ada di dalam folder.
  6. Ikuti petunjuk di layar untuk menginstal Windows 10.
Baca Juga :  CARA MENGUPDATE APLIKASI DI LAPTOP WINDOWS 10

FAQ

1. Apakah hardisk eksternal dapat dijadikan sebagai media penyimpanan sistem operasi?

Ya, hardisk eksternal dapat digunakan sebagai media penyimpanan sistem operasi. Namun, pastikan hardisk eksternal memiliki ruang yang cukup dan diformat menggunakan sistem file NTFS.

2. Bagaimana cara menghapus sistem operasi di hardisk eksternal?

Anda dapat menghapus sistem operasi dari hardisk eksternal seperti menghapus data biasa. Jika ingin menghapus Windows, cukup hapus file dan folder Windows dari hardisk eksternal. Namun, pastikan tidak menghapus file penting atau data penting lainnya.

Video YouTube tentang Menginstal Windows

Video YouTube di atas memberikan panduan lengkap tentang cara menginstal Windows 10 ke hardisk eksternal menggunakan Windows USB/DVD Download Tool. Dalam video ini, penjelasan diberikan dengan detail mulai dari persiapan hardisk eksternal hingga mengatur BIOS. Video ini sangat berguna bagi pemula yang ingin menginstal sistem operasi Windows dan tidak memiliki flashdisk.

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara menginstal sistem operasi Windows ke hardisk eksternal dan tanpa flashdisk. Pastikan untuk memilih cara yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan ikuti langkah-langkah dengan hati-hati. Kami juga menyediakan FAQ dan video YouTube sebagai referensi tambahan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!