Cara Install Windows Dengan Flashdisk Nasabamedia

HTML Pilar:

Apakah kamu sering merasa kesulitan saat menginstal operating system di laptop atau PC? Jika iya, maka artikel ini sangat cocok untukmu karena kali ini kami akan memberikan panduan tentang cara menginstal Windows 7 menggunakan flashdisk. dengan menggunakan flashdisk, kamu bisa menghemat waktu dan juga ruang penyimpanan di laptop atau PC karena kamu tidak perlu menggunakan DVD atau CD untuk melakukan instalasi Windows 7. Nah langsung saja, simak panduan lengkapnya di bawah ini ya!

Gambar 1: Cara Install Windows 7 Dengan Flashdisk

Cara Install Windows Dengan Flashdisk Nasabamedia

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan flashdisk dengan kapasitas minimal 4GB. Kamu juga harus mempersiapkan file ISO dari Windows 7 yang akan kamu instal pada flashdisk tersebut. Jika kamu belum punya file ISO nya, kamu bisa mengunduhnya di situs resmi Microsoft atau sumber lainnya yang sudah terpercaya.

Gambar 2: Cara Instal Windows 7 dengan Flashdisk

Gambar 2: Cara Instal Windows 7 dengan Flashdisk

Setelah kamu menyiapkan flashdisk dan file ISO nya, langkah berikutnya adalah mengunduh software Rufus dari situs resminya. Setelah selesai mengunduh, buka aplikasi tersebut dan ikuti panduan berikut ini:

1. Sambungkan flashdisk dengan laptop atau PC kamu.

2. Buka aplikasi Rufus dan pilih flashdisk yang akan kamu gunakan untuk menginstal Windows 7.

3. Pilih file ISO Windows 7 yang sudah kamu persiapkan.

4. Biarkan pengaturan pada aplikasi Rufus seperti default dan klik tombol “Start”.

Gambar 3: Cara Install Windows di Flashdisk atau HDD External

Gambar 3: Cara Install Windows di Flashdisk atau HDD External

Setelah aplikasi Rufus selesai membuat bootable flashdisk, kamu harus menyeting BIOS laptop atau PC dengan mengatur booting melalui flashdisk. Caranya, restart laptop atau PC kamu dan tekan tombol F2 atau Del, atau sesuai dengan merek laptop atau PC kamu yang biasanya akan muncul di layar sebelum Windows booting. Setelah berhasil masuk ke halaman BIOS, segera pilih menu “Boot” lalu pilih “Removable Devices” atau “USB Devices”. Kemudian pilih flashdisk yang kamu persiapkan tadi dan tekan tombol F10 untuk menyimpan pengaturan dan keluar dari BIOS.

Setelah berhasil menyeting BIOS, masukkan flashdisk yang sudah di persiapkan ke laptop atau PC dan booting dari flashdisk tersebut. Jika sudah, kamu akan masuk ke halaman instalasi Windows 7 dan ikuti langkah-langkahnya hingga selesai. Setelah itu, kamu harus memasukkan serial number Windows 7 yang kamu miliki atau meminta serial number baru melalui situs resmi Microsoft. Setelah semua selesai, kamu telah berhasil menginstal Windows 7 menggunakan flashdisk dengan mudah dan cepat!

FAQ

Q: Apakah file ISO Windows 7 bisa diunduh di situs resmi Microsoft?
A: Ya, kamu bisa mengunduhnya di situs resmi Microsoft secara gratis.

Q: Bagaimana jika aplikasi Rufus tidak bekerja dengan baik? Apa alternatifnya?
A: Kamu bisa mencoba aplikasi WinSetupFromUSB atau UNetbootin yang juga bisa digunakan untuk membuat bootable flashdisk.

Video: Cara Install Windows 7 Dengan Flashdisk

Jadi, itulah panduan lengkap mengenai cara menginstal Windows 7 menggunakan flashdisk. Dengan mengikuti panduan di atas, kamu tidak perlu khawatir lagi dalam menginstal operating system di laptop atau PC kamu. Semoga panduan ini bermanfaat bagi kamu dan jangan lupa berbagi pengalaman kamu di kolom komentar ya!

Baca Juga :  Cara Instal Aircrack Ng Di Windows 7