Cara Install Windows Dari Flashdisk

Cara install Windows 10 dengan Flashdisk / DVD memang terkesan sulit bagi sebagian orang, namun sebenarnya cukup mudah dilakukan. Banyak tutorial yang bisa diikuti, baik melalui video maupun tulisan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses installasi agar tidak mengalami masalah pada komputer.

1. Persiapan Installasi Windows 10

Cara Install Windows Dari Flashdisk

Saat akan menginstall Windows 10, pastikan terlebih dahulu bahwa komputer yang akan digunakan memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan. Pada website resmi Microsoft, terdapat daftar spesifikasi minimum yang diperlukan, seperti prosesor, memori RAM, ruang penyimpanan, dan lainnya.

Langkah berikutnya adalah menyiapkan media instalasi, yaitu Flashdisk atau DVD yang berisi instalasi Windows 10. Untuk membuat media instalasi melalui Flashdisk, pastikan Flashdisk yang digunakan memiliki ruang penyimpanan yang cukup besar, minimal 8 GB. Kemudian, unduh file instalasi Windows 10 dari Microsoft dan gunakan aplikasi Windows Media Creation Tool untuk membuat media instalasi.

Jika ingin membuat media instalasi melalui DVD, pastikan juga kualitas DVD yang digunakan baik dan tidak rusak. Kemudian, unduh file instalasi Windows 10 dari Microsoft dan gunakan aplikasi burning DVD yang disertakan pada sistem operasi.

2. Tahapan Installasi Windows 10

Setelah persiapan instalasi selesai dilakukan, langkah selanjutnya adalah memasang instalasi Windows 10 pada komputer. Berikut tahapan-tahapan yang perlu dilakukan:

  1. Matikan komputer dan masukkan media instalasi Windows 10 ke dalamnya. Restart komputer dan pastikan booting dilakukan dari media instalasi. Untuk mengubah pengaturan booting, masuk ke BIOS atau UEFI dan pilih media instalasi sebagai pengaturan booting pertama.
  2. Cara install windows 98 dari flashdisk - seonadgseo

  3. Pada layar awal instalasi Windows 10, pilih bahasa dan pengaturan sesuai kebutuhan. Kemudian, klik Install Now.
  4. Masukkan Product Key yang dimiliki atau lanjutkan instalasi tanpa Product Key. Jika melakukan instalasi tanpa Product Key, sistem operasi akan meminta aktivasi setelah instalasi selesai dilakukan.
  5. Pilih jenis instalasi, yaitu Upgrade atau Custom. Pada opsi Upgrade, sistem operasi akan dilakukan upgrade dari sistem operasi sebelumnya. Sedangkan pada opsi Custom, pengguna bisa memilih opsi partition dan drive mana yang ingin digunakan untuk instalasi Windows 10.
  6. Setelah memilih jenis instalasi, tahap berikutnya adalah mengatur partisi pada hard disk yang ingin digunakan. Pastikan untuk melakukan backup data penting sebelum melakukan partisi untuk menghindari kehilangan data.
  7. Setelah melalui tahapan partisi, tunggu hingga instalasi selesai dilakukan. Proses instalasi memakan waktu beberapa menit hingga beberapa jam, tergantung spesifikasi komputer dan jenis instalasi yang dipilih.
  8. Setelah instalasi selesai dilakukan, pengguna akan diminta untuk mengatur pengaturan awal, seperti pengaturan akun, pengaturan waktu dan tanggal, dan lainnya. Selesaikan pengaturan ini untuk menggunakannya secara normal.

FAQ

1. Mengapa perlu menginstall Windows 10?

Windows 10 merupakan sistem operasi terbaru dari Microsoft yang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan versi sebelumnya. Beberapa kelebihan tersebut antara lain keamanan yang lebih baik, tampilan yang lebih menarik dan user-friendly, fitur Cortana, dan masih banyak lagi. Selain itu, versi Windows sebelumnya seperti Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1 sudah tidak mendapatkan update dari Microsoft sehingga rentan terhadap serangan virus dan keamanan lainnya. Oleh karena itu, menginstall Windows 10 menjadi penting untuk up-to-date dan keamanan yang lebih baik.

Baca Juga :  Cara Install Maktabah Syamilah Windows 10

2. Apa yang harus dilakukan jika terjadi masalah saat instalasi Windows 10?

Jika terjadi masalah saat instalasi Windows 10, pastikan terlebih dahulu bahwa komputer yang digunakan memenuhi spesifikasi minimum yang dibutuhkan. Kemudian, cek juga media instalasi yang digunakan, baik Flashdisk maupun DVD. Pastikan media instalasi dalam kondisi baik dan tidak rusak. Jika masih mengalami masalah, cobalah untuk mengulangi proses instalasi kembali dan pastikan mengikuti tahapan instalasi yang benar. Jika masalah masih berlanjut, periksakan ke teknisi komputer atau bawa ke service center resmi dari Microsoft.

Video Tutorial Cara Install Windows 10 dengan Flashdisk / DVD

Cara memasang instalasi Windows 10 dengan Flashdisk / DVD terbilang cukup mudah dan tidak perlu khawatir jika tidak memiliki pengalaman dalam memasang sistem operasi. Selama mengikuti tahapan instalasi yang benar, maka proses instalasi akan berjalan lancar dan pengguna bisa segera menggunakan komputer dengan sistem operasi yang up-to-date dan lebih aman. Jangan lupa juga untuk melakukan update sistem operasi secara reguler untuk mendapatkan fitur dan keamanan yang lebih baik.