Cara Install Windows 8 Laptop Hp

Sebagai seorang pengguna komputer atau laptop, Anda pasti pernah mengalami kendala saat menggunakan sistem operasi yang lama dan ingin mengupgrade ke sistem operasi terbaru. Salah satu sistem operasi terbaru yang bisa digunakan adalah Windows 8 atau Windows 8.1. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap cara install Windows 8 dan Windows 8.1 dari Flashdisk dan DVD.

Cara Install Windows 8 dan Windows 8.1 dari Flashdisk

Flashdisk adalah salah satu media penyimpanan eksternal yang paling banyak digunakan di era digital sekarang ini. Di bawah ini adalah panduan lengkap cara install Windows 8 dan Windows 8.1 dari Flashdisk:

Langkah 1: Persiapkan Flashdisk dan File ISO Windows 8/8.1

Pertama, pastikan Flashdisk yang akan Anda gunakan memiliki kapasitas minimal 4 GB. Selain itu, pastikan juga Anda telah mendownload file ISO Windows 8 atau 8.1 dari situs resmi Microsoft.

Langkah 2: Buat Bootable Flashdisk

Setelah Flashdisk dan file ISO Windows 8 atau 8.1 siap, langkah selanjutnya adalah membuat bootable Flashdisk. Berikut cara membuat bootable Flashdisk:

  1. Hubungkan Flashdisk ke komputer atau laptop Anda
  2. Buka aplikasi Command Prompt sebagai Administrator. Caranya, klik kanan pada ikon Command Prompt dan pilih “Run as Administrator”
  3. Jalankan perintah “diskpart”. Kemudian ketikkan “list disk” untuk melihat daftar disk yang terhubung ke komputer Anda
  4. Pilih Flashdisk yang akan dibuat bootable. Caranya, ketikkan “select disk X” (X adalah nomor disk Flashdisk Anda)
  5. Buat Flashdisk menjadi bootable. Ketikkan perintah “clean” untuk membersihkan data di Flashdisk, lalu ketikkan perintah “create partition primary” untuk membuat partisi baru di Flashdisk. Terakhir, ketikkan perintah “active” untuk membuat Flashdisk menjadi aktif
  6. Buat Flashdisk menjadi bootable. Ketikkan perintah “format fs=fat32 quick” untuk memformat Flashdisk, lalu ketikkan perintah “assign” untuk memberikan huruf drive pada Flashdisk Anda. Terakhir, ketikkan perintah “exit” untuk keluar dari diskpart.
  7. Buka file ISO Windows 8 atau 8.1 yang sudah di-download. Klik kanan pada file ISO tersebut dan pilih “Mount”.
  8. Masuk ke drive hasil melakukan Mount tadi di File Explorer, copy semua file yang ada ke dalam Flashdisk Anda. Setelah itu, eject drive Windows 8/8.1 anda dan Flashdisk yang telah dibuat bootable siap digunakan.

Langkah 3: Install Windows 8 atau Windows 8.1 dari Bootable Flashdisk

Setselah Flashdisk Anda sudah siap, langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi Windows 8 atau 8.1 pada komputer atau laptop Anda. Cara melakukan instalasi adalah sebagai berikut:

  1. Kolokan Flashdisk ke komputer Anda dan nyalakan komputer Anda
  2. Setelah itu, masuk ke BIOS (jangan lupa instruct di gambar) untuk mengubah pengaturan dan memastikan USB bootable menjadi prioritas booting utama
  3. Simpan pengaturan dan restart komputer Anda. Bootable Windows 8 atau 8.1 akan langsung dimuat dan Anda akan langsung diarahkan ke menu Windows 8 atau Windows 8.1 yang sudah siap untuk diinstall
  4. Ikuti petunjuk pada layar untuk melakukan instalasi. Pilih bahasa, zona waktu, dan jenis format partisi. Ikuti petunjuk sampai setup selesai terinstall.
  5. Setelah selesai, Windows 8 atau 8.1 akan diaktifasi secara otomatis, mulai awal peggunaan, konfigursi penggunaan maupun default setting

Cara Install Windows 8 dan Windows 8.1 dari DVD

Jika Anda tidak memiliki Flashdisk atau tidak ingin direpotkan dengan pembuatan bootable Flashdisk, Anda bisa menggunakan DVD untuk menginstall Windows 8 atau 8.1 pada komputer atau laptop Anda. Berikut ini adalah cara install Windows 8 atau 8.1 dari DVD:

Baca Juga :  Cara Install Windows 7 Dengan Flashdisk Lengkap Dengan Gambar

Langkah 1: Persiapkan DVD Installer Windows 8 atau Windows 8.1

Pertama, pastikan Anda telah memiliki DVD installer Windows 8 atau 8.1. DVD installer bisa diunduh dari website Microsoft

Langkah 2: Burning DVD Windows 8 atau Windows 8.1

Setelah DVD installer siap, langkah selanjutira adalah melakukan burning DVD Windows 8 atau 8.1. Berikut cara melakukan burning DVD:

  1. Buka software burning DVD seperti Nero atau Ashampoo
  2. Choose “burn an image file”
  3. Pilih file ISO Windows 8 atau 8.1 dan buat bootable ke DVD
  4. Simpan pengaturan dan tunggu sampai proses burning DVD selesai.

Langkah 3: Install Windows 8 atau Windows 8.1 dari DVD

Setelah DVD installer Windows 8 atau 8.1 berhasil diburning, saatnya untuk menginstall Windows 8 atau 8.1 pada komputer atau laptop Anda. Berikut cara install Windows 8 atau 8.1 dari DVD:

  1. Masukan DVD tersebut pada komputer Anda
  2. Nyalakan komputer dan biarkan booting awal selesai. Anda akan mendapati layar “Windows Setup”
  3. Pilih bahasa, zona waktu, dan jenis format partisi dan logo dengan warna tiga bola di tengah (logo windows).Ikuti petunjuk sampai setup tersebut selesai terinstall.
  4. Setelah selesai, Windows 8 atau 8.1 akan diaktifasi secara otomatis, mulai awal penggunaan, konfigurasi penggunaan maupun default setting

FAQ

1. Apakah saya akan kehilangan semua data yang ada di komputer saya ketika menginstall Windows 8 atau Windows 8.1?

Iya, ketika menginstall Windows 8 atau 8.1 secara clean install, semua data yang ada di komputer atau laptop Anda akan terhapus. Untuk itu, pastikan Anda sudah melakukan backup data penting sebelum melakukan instalasi.

2. Apakah instalisasi Windows 8 dan Windows 8.1 mempengaruhi kinerja komputer atau laptop?

Instalasi Windows 8 atau 8.1 tidak secara langsung mempengaruhi kinerja komputer atau laptop Anda. Namun, jika spesifikasi hardware komputer atau laptop Anda kurang, bisa saja Windows 8 atau 8.1 berjalan lebih lambat. Pastikan Anda melihat spesifikasi minimum yang dibutuhkan oleh Windows 8 atau 8.1 sebelum melakukan instalasi.

Video Tutorial

Dalam video tutorial ini, Anda akan diajarkan cara install Windows 8 atau Windows 8.1 dari Flashdisk atau DVD secara lengkap dan detail. Tonton video ini bersama dengan panduan di atas sebagai bentuk perbandingan dan pengetahuan yang lebih luas.

Kesimpulan

Windows 8 atau Windows 8.1 adalah sistem operasi terbaru yang bisa digunakan pada komputer atau laptop. Untuk menggunakan Windows 8 atau 8.1, Anda harus melakukan instalasi. Instalasi bisa dilakukan melalui Flashdisk atau DVD. Panduan lengkap cara install Windows 8 dan Windows 8.1 dari Flashdisk dan DVD bisa ditemukan di atas. Pastikan Anda memilih cara yang paling mudah dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa backup data Anda sebelum melakukan instalasi.