Cara Install Windows 10 Di Laptop Hp

Apakah Anda ingin melakukan screenshot di laptop Windows 10 Anda? Tenang saja, kami akan memberikan tutorial lengkap tentang cara melakukan screenshot di sistem operasi terbaru dari Microsoft ini.

Cara Screenshot di Laptop Windows 10

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk melakukan screenshot di laptop Windows 10. Berikut ini adalah beberapa opsi yang dapat Anda pilih:

1. Gunakan Shortcut Keyboard

Salah satu cara termudah untuk melakukan screenshot di laptop Windows 10 adalah dengan menggunakan shortcut keyboard. Caranya cukup mudah, Anda tinggal menekan tombol Windows + PrtScn secara bersamaan.

Setelah Anda melakukan shortcut keyboard tersebut, maka akan terdapat sebuah notifikasi yang muncul di layar Anda. Notifikasi tersebut menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil dan diletakkan di folder Gambar Anda.

Secara default, screenshot yang dihasilkan akan disimpan dalam format file .png. Anda juga bisa menemukan file screenshot tersebut di folder Screenshots dalam direktori Gambar Anda.

2. Gunakan Snipping Tool

Jika Anda ingin lebih fleksibel dalam mengambil screenshot, Anda bisa mencoba menggunakan fitur bawaan dari Windows 10 bernama Snipping Tool. Dengan Snipping Tool, Anda bisa memotong gambar dan menentukan area mana saja yang ingin dijadikan screenshot.

Untuk menggunakan Snipping Tool, Anda bisa menemukannya di Start Menu. Setelah Anda membuka Snipping Tool, klik New untuk membuat screenshot baru. Lalu, pilih area yang ingin Anda screenshot dan simpan file tersebut ke dalam folder Gambar.

Cara Install Windows 10 Di Laptop HP Dengan Flashdisk Bootable

Apakah Anda ingin menginstall Windows 10 di laptop HP Anda? Berikut adalah tutorial lengkap cara menginstall Windows 10 di laptop HP dengan menggunakan flashdisk bootable.

1. Siapkan Flashdisk dan File ISO Windows 10

Langkah pertama adalah menyiapkan flashdisk dengan kapasitas minimal 4GB dan file ISO Windows 10. Anda bisa men-download file ISO Windows 10 dari situs resmi Microsoft dengan gratis.

2. Format Flashdisk dan Buat Bootable Flashdisk

Setelah Anda menyiapkan file ISO Windows 10 dan flashdisk, langkah selanjutnya adalah melakukan format pada flashdisk. Anda bisa melakukannya melalui Windows Explorer atau melalui Command Prompt.

Setelah melakukan format pada flashdisk, langkah berikutnya adalah membuat flashdisk menjadi bootable. Anda bisa menggunakan software Rufus untuk membuat flashdisk menjadi bootable.

Setelah membuka Rufus, pilih flashdisk yang ingin Anda jadikan bootable, pilih file ISO Windows 10 yang telah Anda download, dan klik Start. Tunggu proses pembuatan bootable flashdisk selesai.

3. Setting BIOS

Setelah membuat bootable flashdisk, langkah selanjutnya adalah setting BIOS pada laptop Anda agar mendukung booting dari flashdisk tersebut.

Untuk mengakses BIOS pada laptop HP, Anda bisa menekan tombol F9 atau F10 saat proses boot up berlangsung. Setelah masuk ke dalam BIOS, pilih menu Boot dan atur urutan booting agar flashdisk dijadikan prioritas utama.

Baca Juga :  Cara Instal Windows 8 Di Komputer

4. Install Windows 10

Setelah mengatur BIOS, langkah terakhir adalah melakukan installasi Windows 10 dengan menggunakan flashdisk bootable tadi. Sambungkan flashdisk ke laptop Anda dan nyalakan laptop tersebut. Selanjutnya, ikuti petunjuk yang muncul pada layar untuk menginstall Windows 10.

FAQ

1. Apakah saya harus membayar untuk mendownload Windows 10?

Tidak, Anda bisa mendownload file ISO Windows 10 dari situs resmi Microsoft dengan gratis. Namun, Anda harus membeli lisensi Windows 10 untuk menggunakan fitur-fitur lengkapnya.

2. Apakah semua laptop HP bisa diinstall Windows 10 dengan flashdisk bootable?

Tidak semua laptop HP bisa menginstall Windows 10 dengan menggunakan flashdisk bootable. Pastikan laptop Anda mendukung fitur booting dari USB dan pastikan juga Anda mengatur BIOS sesuai dengan panduan di atas.