CARA INSTALL ULANG LAPTOP LEWAT FLASHDISK WINDOWS 1

Mungkin Anda saat ini sedang merasa bosan dengan performa laptop yang semakin lambat atau mungkin Anda khawatir akan keamanan data yang tersimpan dalam laptop Anda. Jika itu yang Anda rasakan, maka cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan melakukan install ulang laptop. Pada artikel ini, kami akan memberikan tutorial cara install ulang laptop dengan mudah dan benar melalui flashdisk atau CD.

Cara Install Ulang Laptop dengan Flashdisk

Tutorial cara install ulang laptop dengan flashdisk ini sangat mudah diikuti dan dapat dilakukan oleh siapa saja, bahkan yang pemula sekalipun. Namun sebelum memulai tutorial, pastikan terlebih dahulu Anda memiliki persiapan yang cukup sebagai berikut:

  1. Flashdisk dengan kapasitas minimal 8 GB atau CD laptop
  2. File ISO Windows 10 atau sistem operasi Windows terbaru
  3. Laptop yang akan diinstall ulang
  4. Koneksi internet yang stabil (opsional, namun disarankan)

Setelah Anda sudah menyiapkan semua persiapan yang dibutuhkan, silahkan ikuti tutorial cara install ulang laptop dengan flashdisk sebagai berikut:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan flashdisk dengan menjalankan Rufus Tool. Rufus Tool adalah aplikasi gratis untuk membuat bootable disk, baik itu USB ataupun CD/DVD.
  2. Setelah Rufus Tool terbuka, pilih flashdisk yang akan digunakan untuk membuat bootable disk. Pastikan flashdisk sudah terhubung ke laptop pada saat ini.
  3. Selanjutnya, pilih file ISO Windows yang akan dipasang pada flashdisk. Tekan tombol SELECT untuk memilihnya.
  4. Setelah selesai memilih file ISO, silahkan tekan tombol START untuk memulai proses pembuatan bootable disk pada flashdisk.
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses pembuatan bootable disk selesai.
  6. Setelah selesai, cabut flashdisk dari laptop dan sambungkan ke laptop yang akan diinstall ulang.
  7. Nyalakan laptop yang akan diinstall ulang dan tekan tombol boot menu . Boot menu biasanya berbeda-beda tergantung dari merek dan model laptop, namun tombol yang biasanya digunakan adalah F12, F10 atau Esc.
  8. Pilih bootable device pada menu boot. Pada kondisi ini, system installer Windows akan menampilkan opsi untuk partisi (membuat partisi baru, format partisi, dan lain-lain).
  9. Silahkan ikuti langkah-langkah yang tertera pada layar untuk menyelesaikan proses install ulang laptop hingga selesai.

Selesai! Laptop Anda telah berhasil diinstall ulang dengan mudah menggunakan flashdisk. Namun, jika Anda tidak memiliki flashdisk atau CD, atau proses pembuatan bootable disk pada flashdisk terasa sulit, Anda juga bisa melakukan install ulang laptop menggunakan CD. Berikut ini tutorialnya:

Cara Install Ulang Laptop dengan CD

Tutorial cara install ulang laptop dengan CD ini hampir sama dengan tutorial install ulang dengan flashdisk. Hanya saja media pembuatannya berbeda, yaitu menggunakan CD sebagai pengganti flashdisk

Berikut ini adalah tutorial cara install ulang laptop dengan CD:

  1. Siapkan CD/DVD blank dengan ukuran yang mencukupi, yaitu minimal 4,7 GB.
  2. Setelah itu, insert CD/DVD yang sudah disiapkan ke dalam CD/DVD drive komputer.
  3. Klik kanan pada file ISO Windows yang sudah didownload sebelumnya dan pilih opsi Burn Disc Image .
  4. Pilih drive CD/DVD pada kotak dialog.
  5. Klik tombol Burn untuk memulai proses pembakaran file ISO ke dalam CD.
  6. Tunggu hingga proses pembakaran selesai.
  7. Setelah proses pembakaran selesai, restart laptop Anda. Tekan tombol boot menu saat laptop sedang booting.
  8. Pilih bootable device pada menu boot. Pada kondisi ini, system installer Windows akan menampilkan opsi untuk partisi (membuat partisi baru, format partisi, dan lain-lain).
  9. Silahkan ikuti langkah-langkah yang tertera pada layar untuk menyelesaikan proses install ulang laptop hingga selesai.
Baca Juga :  CARA INSTAL WINDOWS 8.1 PRO 64 BIT

Setelah Anda berhasil melakukan install ulang laptop, pastikan untuk memperbarui driver dan software yang dibutuhkan agar laptop dapat berjalan secara optimal. Selain itu, pastikan juga untuk menginstall antivirus terbaik untuk memberikan perlindungan terbaik untuk laptop Anda.

FAQ

1. Apakah proses install ulang laptop akan menghapus semua data yang sudah tersimpan sebelumnya?

Ya, proses install ulang laptop akan menghapus semua data yang telah tersimpan pada laptop Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk backup data yang penting sebelum melakukan install ulang laptop.

2. Apakah selalu diperlukan flashdisk atau CD untuk melakukan install ulang laptop?

Tergantung pada preferensi dan kondisi laptop Anda. Namun, memang direkomendasikan untuk memakai flashdisk atau CD untuk mengoptimalkan proses install ulang. Namun jika ternyata flashdisk atau CD tidak dapat digunakan, Anda masih bisa melakukan install ulang melalui option yang diberikan oleh sistem operasi laptop Anda.